Ini Alasan Vitamin B2 Penting untuk Kesehatan Mata

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juni 2023

“Vitamin B2 atau riboflavin penting untuk menjaga kesehatan mata karena mereka bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel mata dari radikal bebas. Selain itu, nutrisi ini juga bisa mencegah katarak.”

Ini Alasan Vitamin B2 Penting untuk Kesehatan MataIni Alasan Vitamin B2 Penting untuk Kesehatan Mata

Halodoc, Jakarta – Dalam menjaga kesehatan mata, memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat memegang peranan penting. Salah satu nutrisi yang memiliki manfaat dalam mempromosikan penglihatan yang sehat adalah vitamin B2 atau riboflavin.

Vitamin B2 adalah adalah vitamin yang larut dalam air yang termasuk dalam kelompok B kompleks. Ini adalah nutrisi yang penting bagi tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Mereka terlibat dalam berbagai proses fisiologis di dalam tubuh dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan Mata

Vitamin B2  atau riboflavin memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata yang optimal. Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel mata dari stres oksidatif yang terjadi akibat radikal bebas berbahaya.

Selain itu, riboflavin juga terlibat dalam produksi energi di dalam sel-sel mata dan meningkatkan fungsinya secara keseluruhan. 

Alasan vitamin B2 penting untuk kesehatan mata juga tidak terlepas karena perannya dalam membantu retina menerima cahaya. Kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan sensitivitas cahaya.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, riboflavin juga melindungi glutathione, yang merupakan antioksidan penting di mata.

Perpustakaan Kedokteran Nasional AS (NLM) juga melaporkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya riboflavin juga bisa menurunkan risiko terkena katarak.

Sebuah studi menemukan kelompok peserta yang mengonsumsi 1,6–2,2 miligram (mg) riboflavin per hari, mengalami sebanyak 31–51 persen penurunan risiko perkembangan katarak, dibandingkan dengan 0,08 mg per hari.

Mengonsumsi suplemen yang mengandung riboflavin dan niasin juga dapat membantu mencegah katarak. Selain itu, simak 7 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Katarak Sejak Dini

Untuk menjaga kesehatan mata, orang dewasa perlu mengonsumsi vitamin B2 sebanyak 1,3 mg untuk pria dan 1,1 mg untuk wanita.

Sumber Vitamin B2

Kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ini dengan memasukkan makanan yang kaya akan nutrisi tersebut ke dalam menu makanan kamu sehari-hari. Berikut adalah beberapa sumber vitamin B2 yang baik:

  • Susu dan produk susu: Susu, keju, dan yogurt adalah sumber vitamin B2 yang baik. Menambahkan ini ke dalam menu makan kamu bisa meningkatkan asupan riboflavin kamu secara signifikan.
  • Telur: Menambahkan telur ke dalam makanan kamu juga bisa berkontribusi. Tidak hanya mudah untuk kamu dapatkan dan olah menjadi berbagai menu makanan, telur juga mengandung nutrisi penting, termasuk riboflavin.
  • Daging tanpa lemak: Unggas, seperti ayam dan kalkun, serta potongan daging sapi tanpa lemak, merupakan sumber riboflavin yang baik.
  • Sayuran hijau berdaun: Bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya tidak hanya kaya akan berbagai nutrisi tetapi juga mengandung vitamin B2.
  • Polong-polongan: Memasukkan kacang-kacangan, seperti lentil, buncis, dan kacang-kacangan, ke dalam makanan kamu dapat memberikan asupan riboflavin dalam jumlah yang signifikan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian: Almond, biji bunga matahari, dan biji rami adalah contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung vitamin B2.

Selain mengonsumsi makanan sumber vitamin B2 di atas, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen riboflavin untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut.

Baca juga: Cara Sederhana Tingkatkan Kemampuan Mata

Untuk mendapatkan obat atau suplemen vitamin yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu repot-repot keluar rumah, kamu hanya perlu order lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2023. Vitamin B2 (Riboflavin): Sources, benefits and dosage.
Healthline. Diakses pada 2023. The 9 Most Important Vitamins for Eye Health.
Vit Eyes. Diakses pada 2023. The Benefits of B Vitamins on Eye Health.
The Optical Journal. Diakses pada 2023. Riboflavin (B2) & Eye Health

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan