27 May 2019

Ini 3 Manfaat Puasa bagi Pengidap Diabetes

Ini 3 Manfaat Puasa bagi Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Rasanya tak ada yang lebih nikmat dari menjalankan puasa dengan tubuh yang bugar, tanpa masalah kesehatan apapun. Sebab bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, seperti diabetes misalnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar bisa menjalankan ibadah puasa tanpa terhambat gejala penyakit yang diidap.

Bagi pengidap diabetes, puasa merupakan sebuah tantangan tersendiri. Berkurangnya asupan makanan saat puasa dapat membuat gula darah turun drastis. Jika dibiarkan, merosotnya kadar gula darah tubuh dapat menyebabkan hipoglikemia.

Hal ini juga berlaku pada pengidap diabetes yang terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Bisa-bisa, kebiasaan ini akan membuat gula darah melonjak tinggi melebihi kisaran normal. Jadilah hiperglikemia.

Baca juga: 2 Tips Cegah Kenaikan Gula Darah Saat Puasa

Sebenarnya Banyak Manfaatnya, Lho

Meski ada beberapa risiko, puasa tetap membawa manfaat untuk pengidap diabetes. Sebelum memutuskan puasa atau tidak, yuk pahami dulu apa saja manfaat puasa untuk pengidap diabetes.

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Ketika sudah berpuasa selama 8 jam, tubuh mengalami banyak perubahan. Perubahan yang paling besar adalah saat menggunakan serta mengolah energi yang akan digunakan. Pada awalnya, tubuh memang menggunakan glukosa sebagai energi utama. Namun, ketika gula tersebut habis, tubuh akan mulai memecah cadangan lemak untuk dijadikan energi.

Jika lemak terus-terusan digunakan sebagai energi, bukan tidak mungkin berat badan akan menurun. Nah, penurunan berat badan ini bisa memengaruhi kerja tubuh dalam mengatur kadar gula darah, kolesterol darah, hingga tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa diketahui memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengendalikan kadar gula darah.

Baca juga: Berapa Nilai Normal Kadar Gula Darah Puasa?

2. Menjaga Kesehatan Organ-Organ Tubuh

Selain mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan, manfaat puasa juga bisa membawa pengaruh baik pada sebagian besar organ tubuh, termasuk pada pengidap diabetes. Pada umumnya, tubuh menyimpan glukosa untuk berjaga-jaga. Nah, glukosa simpanan ini disebut glikogen yang tersimpan di hati. Glikogen membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk digunakan.

Apabila berhenti makan dalam waktu yang cukup panjang, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai pengganti glikogen tadi. Pembakaran lemak ini menghasilkan energi dan mengistirahatkan hati dan pankreas. Hati dan pankreas adalah kedua organ tubuh yang bertugas untuk memproduksi insulin sebagai hormon pengatur gula darah.

3. Meningkatkan Kedisiplinan

Salah satu manfaat lain dari puasa bagi pengidap diabetes adalah meningkatkan kedisiplinan dalam mengonsumsi obat. Pada saat menjalankan puasa, kita hanya diperbolehkan makan dan minum 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Nah, mau tidak mau para penyandang diabetes pun harus mengikuti pola tersebut dan menuruti penggunaan dosis obat yang sudah diberikan oleh dokter.

Pola makan dan konsumsi obat yang lebih teratur inilah yang membuat mereka lebih disiplin daripada hari-hari biasanya. Dengan begitu, kontrol gula darah bisa menjadi lebih baik.

Baca juga: Pengidap Diabetes, Hindari 4 Makanan Ini Saat Puasa

Itulah sedikit penjelasan tentang manfaat puasa bagi pengidap diabetes. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!