Ini 3 Tips Cepat Hamil bagi Wanita Usia 30an

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 3 Tips Cepat Hamil bagi Wanita Usia 30an

Halodoc, Jakarta - Kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Terkadang, pernikahan yang sudah berjalan lama terjadi tetapi tidak kunjung mendapat buah hati dapat menjadi kekhawatiran bagi kamu dan pasangan. Walau begitu, sebaiknya jangan cepat menyerah.

Faktanya, wanita yang sudah berusia lebih dari 30 tahun memiliki peluang untuk hamil lebih sedikit dibandingkan usia 20-an. Walau begitu, masih banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kehamilan. Ini ulasannya!

Baca juga: Lakukan Ini Agar Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil Jika Kamu Telah Memasuki Usia 30-an

Banyak orang yang menganggap apabila usia 30-an adalah momen yang paling tepat untuk mempunyai anak. Hal tersebut disebabkan telah mendapatkan keamanan pada karier dan hubungan suami-istri. Sehingga, dasar yang kuat untuk mempunyai anak sudah tertanam yang mempermudah mendidik anak.

Walau begitu, kemampuan kamu untuk hamil sedikit lebih sulit dibandingkan wanita yang berusia 20-an. Wanita yang sudah berusia 30 tahun lebih akan mengalami penurunan kesuburan yang signifikan pada sebagian besar wanita. Maka dari itu, dokter menyarankan untuk tidak menunggu terlalu lama, terutama jika ingin mempunyai lebih dari satu anak.

Sebelum kamu melakukan beberapa tips untuk cepat hamil, sebaiknya untuk melakukan pengecekan terhadap kesuburan kamu dan pasangan. Kamu dapat bertanya pada dokter ahli dari Halodoc terkait tips cepat hamil. Selain itu, pemeriksaan kesuburan juga dapat dilakukan di rumah sakit pilihan kamu dan bisa langsung membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone, ya!

Adapun beberapa tips cepat hamil yang dapat kamu dan pasangan lakukan, yaitu:

  1. Berat Badan Ideal

Salah satu tips cepat hamil yang dapat dilakukan adalah menjaga berat badan tetap ideal. Kelebihan atau kekurangan berat badan memengaruhi peluang untuk hamil. Pada wanita, hal tersebut dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur yang memengaruhi kemampuan tubuh kamu untuk hamil. Maka dari itu, coba untuk mencapai berat badan ideal agar peluang hamil semakin meningkat. 

Baca juga: Ikuti Cara Ini Agar Cepat Hamil

  1. Mengurangi Alkohol dan Rokok

Tips cepat hamil lainnya yang dapat dilakukan adalah mengurangi konsumsi alkohol dan menghentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat membuat kesuburan pada tubuh menjadi menurun, sehingga peluang untuk hamil juga ikut turun. Hal tersebut dapat terjadi meskipun kamu adalah seorang perokok pasif.

Lalu, jika kamu kerap mengonsumsi alkohol, ada baiknya untuk tidak melakukannya sama sekali agar dapat menjaga risiko bayi kamu mengalami komplikasi. Selain itu, pria yang meminum alkohol secara berlebih juga menurunkan kualitas sperma yang dihasilkan. Untuk itu, sebaiknya mulai lakukan gaya hidup sehat agar program hamil bisa berhasil.

  1. Rutin Berhubungan Seksual

Rutin berhubungan seksual juga dapat menjadi tips cepat hamil yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan hal tersebut, peluang kamu untuk hamil akan meningkat. Coba untuk melakukannya 2 hingga 3 kali selama satu minggu. Kamu bisa melakukannya tanpa menunggu masa subur terjadi. Karena tidak menutup kemungkinan kamu akan hamil saat masa tidak subur.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini agar Cepat Hamil Setelah Menikah

Itulah beberapa tips cepat hamil yang dapat kamu lakukan. Kehamilan memang bukan sesuatu yang mudah terjadi, namun dengan usaha dan kerja keras pasti akan membuahkan hasil yang terbaik.

Referensi:
Babycenter.Diakses pada 2019.Age and fertility: Getting pregnant in your 30s
NHS.uk .Diakses pada 2019.How can I increase my chances of getting pregnant?