Ini 4 Hal yang Jarang Diketahui tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini 4 Hal yang Jarang Diketahui tentang Kolesterol

Halodoc, Jakarta – Kolesterol sebenarnya merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, terkadang pola makan yang dijalani oleh seseorang menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah cukup tinggi sehingga terjadi penumpukan pada pembuluh darah yang menyebabkan gangguan pada aliran darah.

Baca juga: Alasan Kolesterol Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Tidak hanya berasal dari makanan yang dikonsumsi, kolesterol dapat diproduksi secara alami oleh tubuh yaitu melalui organ hati. Meskipun kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol kerap dijadikan sasaran sebagai penyebab penyakit yang mengganggu kesehatan jantung. 

Fakta Kolesterol yang Jarang Diketahui

Untuk menjaga kondisi kolesterol tetap dalam kondisi yang normal, kamu bisa menjaga pola makan sehat dan melakukan pengecekan darah untuk memastikan kadar kolesterol. Namun, ketahui beberapa fakta mengenai kolesterol pada tubuh, yaitu:

1. Kolesterol Penting untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun kerap dijadikan penyebab penyakit jantung, tubuh tetap membutuhkan kandungan kolesterol dalam darah. Kolesterol adalah senyawa kompleks yang tersebar pada berbagai jaringan tubuh salah satunya jaringan saraf. Zat ini memiliki fungsi penting sebagai bahan dasar pembentuk hormon dan dinding sel tubuh. Tidak hanya itu, kolesterol memiliki fungsi membantu hati untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Bisa Picu Berbagai Penyakit

2. Kolesterol Tinggi Belum Tentu Pemicu Penyakit Jantung

Menurut Prediman K. Shah, direktur Oppenheimer Atherosclerosis Research Center and Atherosclerosis Prevention and Treatment Center di Cedars-Sinai Heart Institute, Los Angeles, faktor genetik menjadi salah satu kondisi yang membuat seseorang mengalami penumpukan plak pada arteri. Ya, cukup banyak faktor yang meningkatkan seseorang alami penyakit jantung dan kolesterol menjadi salah satu faktor. Namun kolesterol bukan satu-satunya penyebab seseorang alami penyakit jantung. Rutin memeriksakan kondisi kolesterol dalam tubuh menjadi pencegahan yang bisa dilakukan agar kolesterol tidak menjadi pemicu penyakit jantung. Jangan ragu lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala gangguan pada jantung.

3. Kolesterol Mengalami Peningkatan Seiring Pertambahan Usia

Kadar kolesterol dalam tubuh seseorang mengalami peningkatan seiring pertambahan usia, khususnya pada wanita. Meskipun masih menjadi penelitian, hal ini bisa disebabkan karena rendahnya hormon estrogen dalam tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. 

4. Aktivitas Fisik Meningkatkan Kolesterol Baik

Di dalam tubuh terdapat jenis kolesterol baik dan kolesterol buruk. Ketika kamu rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, kondisi ini meningkatkan kolesterol baik tubuh. Selain itu, rutin melakukan olahraga juga membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan pada jantung. Tidak ada salahnya untuk rutin lakukan olahraga ringan selama 30 menit sehari, misalnya bersepeda, jalan santai atau lari.

Makanan untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Ketika kamu memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, ada berbagai cara bisa dilakukan sebagai pengobatan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa makanan yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami, seperti sayuran hijau yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan fitosterol sehingga menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Baca juga: Benarkah Rutin Konsumsi Buah Bit Dapat Turunkan Kolesterol?

Tidak hanya itu, mengonsumsi buah alpukat yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi. Mengonsumsi oat secara rutin juga baik karena mengandung beta glucan yang mampu menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Jangan lupa untuk menjaga pola makan, gaya hidup, dan rutin berolahraga untuk mencegah peningkatan kolesterol dalam darah.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 5 Important Facts About Cholesterol
Everyday Health. Diakses pada 2019. 10 Surprising Facts About Cholesterol