• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Kenapa Perut Ibu Hamil Terasa Gatal

Ini Alasan Kenapa Perut Ibu Hamil Terasa Gatal

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak perubahan yang dirasakan ibu pada saat masa kehamilan. Mulai dari perubahan fisik hingga perubahan mental. Perubahan fisik yang paling terlihat adalah perut yang semakin membesar.

Terkadang, perut yang semakin membesar akan memberikan dampak rasa gatal. Namun ibu tidak perlu khawatir, rasa perut yang gatal pada masa kehamilan adalah hal yang wajar. Apalagi jika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-13. Bahkan beberapa ibu hamil tidak hanya merasa gatal pada bagian perut saja, melainkan bagian lain seperti payudara, paha, dan kaki.

Baca juga: Inilah 3 Infeksi Miss V Saat Hamil

Banyak cara yang bisa ibu gunakan untuk mengurangi rasa gatal pada perut di masa kehamilan, di antaranya dengan mengoleskan lidah buaya atau minyak zaitun pada perut, menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar, serta tidak menggaruk bagian perut yang gatal. Hal ini bisa menyebabkan luka pada bagian perut.

Sebelum mengatasi rasa gatal yang mengganggu, ketahui alasan yang membuat perut ibu hamil terasa gatal saat masa kehamilan.

  1. Kulit yang Meregang

Dilansir dari situs halaman National Health Service UK, salah satu alasan yang membuat perut ibu terasa gatal saat masa kehamilan adalah peregangan yang terjadi pada kulit. Dengan bertambah besar janin yang ada di dalam kandungan ibu, tentu perut ibu juga akan ikut semakin membesar.

Pada saat kulit meregang, hal ini membuat kelembapan pada kulit semakin berkurang dan membuat kulit khususnya bagian perut semakin kering. Inilah yang membuat perut ibu hamil terasa sangat gatal. Namun jangan khawatir, hal ini merupakan kondisi yang cukup normal dialami oleh ibu hamil.

  1. Perubahan Hormon pada Tubuh

Jika dibandingkan dengan ibu saat belum hamil, tentu ibu akan mengalami perubahan hormon yang sangat jelas. Hormon estrogen akan meningkat pesat saat ibu memasuki masa kehamilan. Hal ini yang menyebabkan perut terasa semakin gatal dan kering. Namun, ibu tidak perlu khawatir, saat masa kehamilan telah selesai, biasanya rasa gatal pada perut ibu semakin berkurang dan hilang.

  1. Alami Intrahepatic Cholestasis Pregnancy (ICP)

Menurut American Pregnancy Association, kondisi ICP merupakan gangguan pada hati yang umumnya muncul pada wanita ketika menjalani masa kehamilan. Intrahepatic Cholestasis Pregnancy adalah kondisi dimana aliran empedu pada tubuh dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang mengalami peningkatan.

Jangan khawatir, umumnya ICP dapat hilang dengan sendirinya beberapa hari setelah proses persalinan. Ada beberapa gejala lain yang dapat dialami ketika ibu hamil alami ICP, seperti penurunan nafsu makan, warna urine yang berubah menjadi gelap, kelelahan terus menerus dan terasa gatal khususnya pada bagian kaki serta tangan.

Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, ibu hamil dengan kondisi ini memerlukan penanganan dan pemeriksaan yang tepat pada rumah sakit terdekat untuk menghindari beberapa komplikasi yang memengaruhi kesehatan janin, seperti kelahiran prematur atau kematian janin dalam kandungan. Tidak hanya itu, kondisi ICP yang tidak segera diatasi dapat memengaruhi kesehatan hati bayi.

  1. Kondisi Prurigo

Rasa gatal yang dirasakan pada masalah kehamilan juga bisa menandakan adalah masalah kesehatan kulit pada ibu hamil, salah satunya adalah prurigo. Jika ibu mendapati sebuah benjolan kecil seperti gigitan serangga dan terasa sangat gatal yang menyebabkan luka ketika digaruk, kemungkinan ibu mengalami penyakit kulit prurigo.

Menurut American Pregnancy Association, penyakit ini tidak berbahaya untuk janin, tapi sebaiknya ibu segera mendapatkan perawatan medis agar rasa gatal tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tentu hal ini akan membuat kehamilan ibu  menjadi tidak nyaman.

Baca juga: 7 Tips Menghilangkan Stretch Mark Setelah Kehamilan

Untuk mencegah rasa gatal pada perut saat masa kehamilan, ibu bisa mencegahnya dengan rutin mengoleskan pelembap alami pada perut ibu. Ibu bisa gunakan lidah buaya atau minyak zaitun untuk mencegah gatal pada perut. Jika rasa gatal terus berlanjut, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter cara mengatasi gatal pada perut ibu hamil. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2019. Itching and Intrahepatic Cholestasis of Pregnancy
American Pregnancy Association. Diakses pada 2019. Cholestasis of Pregnancy
American Pregnancy Association. Diakses pada 2019. How to Treat Itchy Skin Naturally During Pregnancy