Ini Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Saat bulan Ramadan datang, setiap muslim yang ada di dunia wajib untuk melakukan puasa. Hal tersebut adalah menahan haus dan lapar sejak matahari sebelum terbit hingga matahari terbenam. Walau begitu, berpuasa dapat menjadi tantangan tersendiri terhadap seseorang yang memiliki penyakit asam lambung. Pengidap gangguan tersebut berusaha untuk menghindari penyakit tersebut untuk kambuh.

Seseorang dapat mengalami gangguan yang tidak diinginkan akibat peningkatan kadar asam dalam perut yang kosong selama bulan puasa, sehingga memperburuk penyakit asam lambung yang terjadi. Beberapa orang akan memaksakan diri untuk tetap berpuasa meskipun lambungnya terasa sakit. Meski begitu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar gangguan tersebut tidak kambuh, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Hal yang pertama-tama harus diketahui adalah memahami riwayat dari penyakit tersebut. Penyakit asam lambung atau gastritis adalah terjadinya radang pada selaput lambung yang disebabkan tidak adanya makanan yang diolah sehingga asam menyerang lapisan pelindung lambung. Selain itu, gangguan tersebut juga dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan karena asam lambung yang tidak seimbang.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tertentu, seperti obat antiinflamasi non-steroid, steroid dosis tinggi, konsumsi alkohol yang banyak, dan merokok, juga dapat memicu gangguan pada lambung tersebut. Penyakit asam lambung juga dapat disebabkan oleh stres emosional.

Baca Juga: 4 Makanan yang Bikin Asam Lambung Naik saat Puasa

Tips Mengatasi Penyakit Asam Lambung saat Puasa

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung saat berpuasa, adalah:

  • Tips pertama :

Minumlah air hangat dan bahkan air panas, yang dapat membantu untuk menenangkan perut lebih dari air dingin, yang dapat mengiritasi lambung kamu. Cobalah untuk minum air yang dipanaskan dalam ketel atau dalam microwave.

  • Tips kedua :

Minumlah air dalam jumlah yang sedikit. Minum air dalam jumlah besar dapat membuat perut kamu berpikir apabila kamu sedang dalam keadaan kenyang. Hal tersebut dapat membuat tubuh kamu untuk menghasilkan asam tambahan untuk mulai mencerna makanan yang diharapkan. Minumlah sedikit ketika berbuka puasa dibarengi dengan makanan yang untuk mengembalikan tenaga.

  • Tips ketiga:

Ketika akan tidur, cobalah untuk mengganjal tubuh dengan bantal. Saat kamu tidur, perut akan mengirim asam ke tenggorokan jika kamu berbaring telentang. Tidur dengan menggunakan penyangga bantal dapat mengurangi kemungkinan penyakit asam lambung naik dan hal tersebut dapat membantu kamu untuk mencegah sakit tenggorokan di pagi hari.

  • Tips keempat:

Pastikan yang kamu minum saat berbuka puasa adalah air putih. Hal tersebut dapat menahan asam lambung untuk naik secara drastis sehingga gangguan tersebut dapat dihindari. Minuman-minuman manis, seperti jus buah dapat menyebabkan asam lambung naik secara mendadak karena tubuh sangat mengharapkan makanan.

Baca Juga : Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya

Yang Harus Dihindari ketika Puasa

Beberapa hal yang dapat kamu hindari saat puasa adalah:

  • Makanan dan buah-buahan yang digoreng, berlemak dan mengandung asam, serta makanan dengan bahan dasar tomat.
  • Makanan yang sangat pedas dan makanan dengan bahan pengawet.
  • Makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan.
  • Makanan secara berlebihan saat berbuka puasa dan menunda berbuka puasa.
  • Minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, soda, dan lain-lain.
  • Merokok yang dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan gangguan tersebut kambuh.
  • Obat yang dapat mengiritasi lapisan lambung.

Baca Juga : Asam Lambung Naik saat Puasa, Cegah dengan 8 Cara Ini

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit asam lambung. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!