• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Bayi

Ini Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak kesalahpahaman yang beredar di masyarakat umum bahwa bakat seorang anak tidak akan terlihat jelas sampai mereka berusia sekolah. Pada kenyataannya, ciri-ciri anak yang berbakat sudah bisa dikenali sejak bayi. Dengan mengetahui bakat anak sejak dini, hal ini dapat membantu orangtua guna mendukung kebutuhan belajar dan perkembangan anak.

Ibu bisa mengenali anak berbakat dari ciri-ciri berikut:

  • Memiliki tingkat kewaspadaan yang ekstrem atau selalu melihat sekelilingnya.

  • Kebutuhan akan tidur yang lebih sedikit dibandingkan bayi lain. 

  • Kebutuhan untuk terus menerus distimulasi saat terjaga.

  • Memiliki kemampuan meniru suara yang lebih awal dari bayi lainnya.

  • Memiliki sensitivitas luar biasa terhadap suara, bau, tekstur, dan selera, serta reaksi luar biasa kuat terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan (ciri khas kepekaan super Dabrowski).

Sementara bayi pada umumnya tidak memiliki ciri-ciri tersebut, anak yang berbakat bisa menunjukkan ciri-ciri tersebut lebih dari satu.

Bagaimana Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Bayi?

Semua anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tidak selalu menurunkan kemampuan orangtuanya. Si Kecil bisa saja menjadi orang pertama di keluarga yang memiliki keterampilan senam, kegemaran bermain piano, atau mungkin kemampuan unik untuk membuat orang tertawa. Bakat bisa muncul dalam bentuk apapun, tetapi hal tersebut perlu digali dan dikeluarkan agar lebih bersinar. Berikut ini beberapa kiat untuk mengetahui bakat anak sejak dini:

1. Perhatikan dengan Saksama 

Anak-anak biasanya tidak bisa mengenali bakat mereka sendiri, meskipun mereka akan mengejarnya secara alamiah. Bila Si Kecil menunjukkan minat pada kotak cat, misalnya, hal itu mungkin bisa menjadi tanda bahwa ia berbakat menjadi seniman. Si Kecil mungkin belum bisa melakukan banyak hal dengan kuasnya, selain membuat berantakan, tetapi kesabaran orangtua sangat diperlukan pada saat-saat ini agar bakatnya dapat semakin berkembang.

Baca juga: Bukan Sekadar Meyalurkan Hobi, Inilah Manfaat Menggambar Bagi Anak

2. Beri Kesempatan

Bakat perlu kesempatan untuk bisa berkembang. Bila bakat tidak diberi kesempatan untuk muncul, mungkin ia akan terus terpendam dalam diri anak sampai bertahun-tahun hingga sudah terlalu lambat untuk mengembangkan bakatnya sampai tahap yang maksimal. 

Bila seorang anak memiliki bakat untuk main drum misalnya, hal itu tidak akan terlihat sampai Si Kecil diberikan seperangkat drum kecil. Jadi, sangat penting untuk memberikan berbagai kesempatan pada anak, sehingga bakatnya yang tersembunyi dapat muncul dan berkembang. Ibu dapat menggali bakat anak dengan memperkenalkannya pada berbagai topik, permainan, keterampilan dan kegiatan untuk membantu Si Kecil mengejar bakatnya.

3. Memupuk Bakat yang Sudah Teridentifikasi

Pujian dan dorongan akan sangat membantu mengembangkan bakat yang dimiliki anak. Biarkan Si Kecil tahu betapa bangganya ibu dengan kemampuannya dan tunjukkan juga minat pada subjek yang menjadi kesukaan Si Kecil. Carilah juga peluang bagi Si Kecil untuk menunjukkan keahliannya pada teman dan kerabat. 

Guru-guru di sekolahnya mungkin juga bisa memberikan kesempatan bagi bakat anak untuk muncul. Namun untuk pengembangan bakat yang lebih serius, ibu mungkin perlu berinvestasi dalam biaya lainnya, seperti kursus, kompetisi, dan peralatan.

Baca juga: Manfaat Memberi Anak Latihan Musik

4. Berikan Pemahaman yang Kaya

Saat mengembangkan bakat anak, ambil setiap kesempatan untuk memperluas dan memperkaya pemahamannya tentang bakat tersebut, karena hal ini akan menuntun dan menginspirasi Si Kecil akan passion-nya. Perkenalkan ia pada pencapaian dan teknik dari para ahli dan biarkan ia menyaksikannya sendiri. Bila anak suka bermain piano misalnya, bawalah ia ke beberapa konser piano untuk menunjukkan permainan piano dari yang ahli. Bila anak adalah calon aktor, ajaklah ia menonton teater. Bila berenang adalah bakat Si Kecil, bawa ia menonton kontes renang nasional.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Anak

Nah, itulah cara yang bisa ibu lakukan untuk mengetahui bakat anak sejak kecil. Bila ibu ingin bertanya lebih lanjut mengenai pola asuh anak, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya-tanya seputar kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2020. Characteristics of a Gifted Baby.
Child Development Institute. Diakses pada 2020. 4 Ways to Spot and Nurture Talent In Your Child.