Ini Cara Mudah Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
tips bangun sahur

Halodoc, Jakarta - Makan sahur merupakan kesempatan yang enggak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, makan saat sahur inilah yang akan membuat kamu jadi lebih bertenaga selama menjalani ibadah puasa. Sayangnya, tidak sedikit orang yang sering melewatkan makan sahur karena bangun kesiangan. Nah, agar hal itu enggak terjadi lagi, ini tips agar bangun sahur jadi lebih mudah dan tepat waktu.

Baca juga: Bangun Sahur Saat Puasa, Apa Manfaatnya?

  • Niat untuk Sahur

Sahur adalah sunnah yang bisa membuat pahala puasa jadi berlipat ganda. Tentunya akan sayang sekali jika kamu melewatkan ini. Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah niat untuk bangun sahur. Nah, saat kamu sudah berniat untuk bangun sahur, secara refleks badan dan pikiranmu akan tersadar untuk segera beranjak. Dengan niat ini, bisa jadi kemalasan kamu hilang dalam sekejap. Karena niat adalah faktor terbesar yang bisa membuatmu segera bangun sahur. Jadi, pastikan hal ini sudah kamu tanamkan dalam dirimu sendiri, ya!

  • Siapkan Makan Sebelum Tidur

Bangun tengah malam untuk makan sahur memang banyak godaan, apalagi jika kamu tinggal sendirian. Namun, kamu bisa melakukan tips sederhana agar bisa segera terjaga. Salah satunya adalah menyiapkan menu sahur sejak malam. Usahakan kamu sudah menyiapkan makan sahur sebelum kamu terlelap. Jadi, saat waktu sahur tiba, kamu tinggal menyantap atau memanaskan makanan yang kamu sudah siapkan. Secara tidak langsung cara ini bisa memperbesar motivasimu untuk bangun sahur. Karena makanan yang sudah kamu siapkan akan basi dan dibuang begitu saja kalau tidak segera kamu makan.

Baca juga: Anak Rewel Saat Bangun Sahur? Ini Kiat Mengatasinya

  • Makan Secukupnya saat Berbuka Puasa

Ajang balas dendam yang biasa dilakukan orang saat waktu berbuka puasa adalah hal yang kurang baik. Terlalu banyak makan tanpa perhitungan bukan hanya membuat pundi-pundi lemak kamu makin banyak, tapi juga akan membuat kamu malas bangun sahur karena kekenyangan. Lambung yang penuh dengan makanan sering kali bikin perutmu jadi begah dan malas bergerak. Jadi, pastikan kamu makan enggak berlebihan, ya! Dengan porsi yang seimbang, pencernaanmu bisa lebih rileks dan lancar. Hal ini  juga bikin metabolisme tubuh kamu lancar dan enggak malas untuk bangun sahur.

  • Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur siang yang kamu lakukan saat berpuasa ternyata ampuh membuat badan kamu tetap bugar sepanjang waktu, lho. Tidur siang akan membuat badan enggak terasa lemas selama menahan lapar. Selain itu, tidur siang selama satu jam bisa mengurangi ketegangan dan stres. Dengan tidur siang badan kamu jadi fit, karena tidak kekurangan waktu tidur. Hal ini juga bisa memudahkan kamu bangun saat sahur nanti. Namun, pastikan kamu enggak tidur siang terlalu lama ya.

Baca juga: Malas Bangun Sahur, Atasi dengan 5 Tips Ini

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus batasi aktivitas saat sedang berpuasa. Jangan melakukan aktivitas berat saat berpuasa, karena bisa buat badan kamu jadi capek. Pastinya hal tersebut akan membuat kamu jadi malas bangun sahur. Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!