• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara yang Dilakukan untuk Mengobati Sariawan Tropis

Ini Cara yang Dilakukan untuk Mengobati Sariawan Tropis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Cara yang Dilakukan untuk Mengobati Sariawan Tropis

“Bukan jenis lesi yang muncul di mulut, sariawan tropis adalah penyakit langka yang disebabkan oleh peradangan usus. Penyakit ini membuat usus tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik dari makanan yang dikonsumsi (malabsorpsi). Pengidap bisa mengalami defisiensi nutrisi dan masalah kesehatan lainnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan tropis.”

Halodoc, Jakarta – Bila mendengar tentang penyakit ‘sariawan tropis’, hal yang mungkin langsung terbayang di pikiran adalah sariawan yang muncul di mulut yang umum terjadi. Namun, sariawan tropis bukanlah sariawan mulut, melainkan penyakit langka yang disebabkan oleh peradangan usus.

Penyakit ini membuat tubuh kamu sulit menyerap asam folat dan vitamin B12. Ketika kamu mengalami malabsorpsi, kamu tidak bisa mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Akibatnya, kamu berisiko mengalami defisiensi nutrisi dan masalah kesehatan lainnya. Namun, jangan khawatir. Untungnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sariawan tropis.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kurang Nutrisi

Apa Penyebab Sariawan Tropis?

Penyebab pasti sariawan tropis belum diketahui. Namun, kelainan ini diduga terkait dengan faktor lingkungan dan nutrisi. Selain itu, sariawan tropis mungkin juga bisa terkait dengan organisme menular (baik virus atau bakteri), toksin makanan, infestasi parasit, atau kekurangan nutrisi seperti asam folat.

Namun, penyakit ini jarang terjadi, kecuali kamu tinggal atau mengunjungi daerah tropis. Sariawan tropis umumnya terjadi di daerah tropis, seperti Karibia, India, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara.

Gejala yang Harus Diwaspadai

Gejala sariawan tropis, antara lain kelelahan dan diare dengan tinja yang banyak, berwarna pucat dan berbau busuk. Orang dengan gangguan ini mungkin juga mengalami kehilangan nafsu makan, nyeri lidah, rabun senja, penurunan berat badan, kehilangan kekuatan dan energi, dan kelemahan.

Sariawan tropis bisa muncul secara tiba-tiba. Pengidap mungkin mengalami demam tinggi yang tidak normal, radang mulut dan lidah, mengalami kulit kering, dan kulit yang bersisik di bibir dan di sudut mulut. Terkadang depresi juga bisa terjadi.

Pada beberapa orang, gejala sariawan tropis bisa berhenti secara tiba-tiba seperti kemunculannya. Bila diobati sedini mungkin, pengidap bisa pulih sepenuhnya dengan cepat. Namun, bila pengobatan terlambat dilakukan, struktur dan fungsi usus mungkin akan lebih lambat kembali normal. Pada beberapa kasus, sariawan tropis bisa menjadi kronis dan sering kambuh.

Pengidap penyakit ini juga bisa mengalami anemia yang ditandai dengan adanya sel darah yang membesar secara tidak normal (megaloblastik) di sumsum tulang.

Bila kamu mengalami gejala-gejala sariawan tropis di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis. Kamu juga bisa menanyakan gejala kesehatan yang kamu alami pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Diare Berair

Cara Mengobati Sariawan Tropis

Cara mengobati sariawan tropis dengan menggunakan antibiotik. Obat ini bisa membunuh pertumbuhan berlebih bakteri yang menjadi penyebab kondisi ini. Antibiotik bisa diberikan untuk jangka waktu dua minggu atau satu tahun.

Tetrasiklin adalah antibiotik yang paling umum digunakan untuk mengobati sariawan tropis. Obat ini bisa ditemukan di apotek mana saja, murah dan sudah terbukti efektif. Namun, tetrasiklin biasanya tidak diresepkan untuk anak-anak sampai mereka memiliki semua gigi permanen. Obat ini bisa menghitamkan gigi yang masih bertumbuh. Sebagai gantinya, anak-anak akan menerima antibiotik yang lain.

Selain itu, antibiotik lainnya yang juga bisa diresepkan, antara lain:

  • Sulfametoksazol dan trimetoprim (Bactrim)
  • Oksitetrasiklin
  • Ampisilin

Baca juga: Begini Cara Kerja Antibiotik untuk Atasi Infeksi

Selain membunuh bakteri penyebab sariawan tropis, kondisi malabsorpsi akibat penyakit tersebut juga mesti diobati. Dokter akan meresepkan terapi untuk menggantikan vitamin, nutrisi, dan elektrolit yang kurang dalam tubuh. Suplemen tersebut harus segera diminum setelah didiagnosis. Kamu mungkin akan diberikan:

  • Cairan dan elektrolit.
  • Suplemen zat besi.
  • Suplemen asam folat.
  • Vitamin B12.

Asam folat harus diminum setidaknya selama tiga bulan. Kadar asam folat dalam tubuhmu mungkin bisa meningkat dengan cepat dan drastis setelah dosis besar pertama. Asam folat sudah cukup untuk memperbaiki gejalanya sendiri. 

Sedangkan vitamin B12 direkomendasikan bila kamu kekurangan nutrisi tersebut atau gejala berlangsung lebih dari empat bulan. Dokter mungkin juga meresepkan obat antidiare untuk mengendalikan gejala.

Itulah cara mengobati sariawan tropis. Jangan lupa download aplikasi Halodoc untuk membantu kamu mendapatkan solusi kesehatan dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Tropical Sprue.
National Organization for Rare Disorders. Diakses pada 2021. Tropical Sprue.