Ini Dampak Negatif Kecanduan Alkohol pada Tubuh

Ini Dampak Negatif Kecanduan Alkohol pada Tubuh

Halodoc, Jakarta – Terlalu banyak konsumsi alkohol bisa memicu kecanduan. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian, karena konsumsi alkohol berlebih bisa membahayakan kesehatan. Seseorang yang mengalami kecanduan alkohol sulit untuk menahan keinginan minum alkohol. Jika keinginan tidak terpenuhi, ia merasakan gejala tertentu yang mengganggu aktivitas, seperti merasa lelah, nafsu makan berkurang, emosi tidak terkontrol, gelisah, sulit tidur, hingga stres.

Baca Juga: Ini 13 Tanda Orang Kecanduan Alkohol

Ragam Dampak Negatif Kecanduan Alkohol Bagi Tubuh

1. Kerusakan Jantung

Konsumsi alkohol secara berlebih melemahkan otot-otot jantung. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Dampak kerusakan jantung yang rentan dialami pencandu alkohol adalah sesak napas, detak jantung tidak teratur (aritmia), kelelahan, dan batuk berkepanjangan. Bahkan, konsumsi alkohol berlebih meningkatkan risiko hipertensi, stroke, dan serangan jantung.

2. Peradangan Pankreas

Disebut dengan pankreatitis. Terlalu banyak konsumsi alkohol memicu penumpukan enzim di dalam pankreas. Kondisi ini berpotensi menyebabkan peradangan yang ditandai dengan sakit perut, mual, muntah, detak jantung meningkat, demam, dan diare.

3. Merusak Otak

Alkohol merusak otak dengan cara memperlambat penyaluran informasi antar saraf. Kandungan etanol di dalam minuman beralkohol bisa memicu kerusakan spesifik pada beberapa area otak. Akibatnya, pecandu alkohol rentan mengalami gejala perubahan perilaku, suasana hati berubah ekstrem (mood swings), halusinasi, hilang ingatan, hingga kejang.

Baca Juga: Benarkah Wanita Rentan Kecanduan Alkohol?

4. Infeksi Paru-Paru

Konsumsi alkohol berlebih membuat daya tahan tubuh melemah. Alhasil, beberapa organ tubuh (termasuk paru-paru) kesulitan untuk melawan serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Maka itu, tak heran jika pecandu alkohol rentan mengalami infeksi penyakit pernapasan, seperti tuberkulosis dan pneumonia.

5. Kerusakan Hati

Fungsi hati menjadi tidak optimal ketika seseorang kecanduan alkohol. Alhasil, racun dan limbah yang tidak terpakai tetap berada di dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan hati, seperti sirosis hati.

6. Kerusakan Ginjal

Alkohol memiliki efek diuretik yang bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin banyak jumlah urine yang diproduksi. Kondisi ini membuat ginjal kesulitan untuk mengatur aliran urine dan cairan tubuh (termasuk distribusi ion natrium, kalium, dan klorida) ke seluruh tubuh. Keseimbangan elektrolit dalam tubuh menjadi terganggu dan memicu dehidrasi.

Selain dampak negatif di atas, pecandu alkohol rentan mengalami komplikasi penyakit yang bisa berakibat fatal. Di antaranya adalah gangguan pencernaan, penurunan fungsi otak dan saraf, disfungsi seksual, kanker, serangan jantung, diabetes, gangguan kehamilan, kerusakan tulang, gangguan fungsi mata, dan penyakit hati.

Baca Juga: 3 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Alkohol

Itulah dampak negatif akibat kecanduan alkohol yang perlu diketahui. Untuk mencegah kecanduan alkohol, mulai dengan menerapkan pola hidup sehat dan hindari pergaulan membuat kamu sering terpapar alkohol. Jika telanjur kecanduan alkohol, kamu bisa mencoba detoksifikasi atau terapi obat-obatan khusus untuk menghilangkan zat candu alkohol di dalam tubuh.

Kalau kamu kesulitan menahan keinginan untuk minum alkohol, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!