• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Cuddling Rutin Bersama Pasangan Bagi Kesehatan

Ini Manfaat Cuddling Rutin Bersama Pasangan Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat Cuddling Rutin Bersama Pasangan Bagi Kesehatan

“Meski terkesan sepele, tetapi manfaat cuddling untuk kesehatan cukup banyak. Saling berdekapan dengan pasangan setelah hari yang melelahkan misalnya, bisa memicu berbagai hormon sehingga ia akan menangkal stres dan membuat tubuh lebih rileks. Hal ini kemudian akan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.”

Halodoc, Jakarta – Tentunya aktivitas cuddling atau berdekapan bersama pasangan bisa menjadi cara yang menenangkan dan damai untuk mengakhiri hari yang panjang. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat cuddling atau berdekapan untuk kesehatan bisa lebih dari sekadar merasakan kehangatan dan rasa aman? 

Ini sebagian besar karena berdekapan merangsang produksi hormon tertentu, seperti oksitosin, dan neurotransmiter di otak yang berdampak positif pada tubuh. Saat diproduksi, oksitosin akan berkomunikasi ke seluruh tubuh dan meningkatkan empati dan hubungan manusia, yakni dasar keterikatan antar manusia. Oksitosin juga berperan dalam meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, yang mana keduanya dapat meningkatkan  kesejahteraan mental manusia.

Baca juga: 4 Kebiasaan Tidur ini Bisa Pengaruhi Hubungan Intim

Manfaat Cuddling untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat cuddling yang bisa kamu dapatkan jika kamu lakukan rutin dengan pasangan kamu:

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Jika kamu tengah membutuhkan istirahat malam yang lebih baik, cobalah berdekapan dengan pasangan sebelum tidur. Selama kedekatan fisik ini, otak melepaskan oksitosin dan melawan produksi hormon stres atau kortisol. Dengan begini, maka akan tercipta perasaan aman, damai, dan relaksasi, yang mana semuanya memfasilitasi tidur yang lebih baik. Selain itu,  dengan memiliki tingkat oksitosin yang lebih tinggi, maka ini juga dikaitkan dengan lebih sedikitnya mimpi buruk. 

  1. Menurunkan Stres

Oksitosin bukan satu-satunya hormon yang bertanggung jawab untuk menawarkan manfaat pengurang stres. Manfaat cuddling yang lainnya adalah terciptanya hormon serotonin atau hormon bahagia, yang meningkatkan perasaan bahagia dan senang.

Mengalami penurunan kualitas kesehatan akibat stres adalah hal nyata, dan ia bisa yang dapat dikurangi dengan berdekapan. Jadi, jika kamu merasa sangat stres, sedih, atau baru saja mengalami hari yang berat, berdekapan dengan pasangan dapat membantu membuat suasana hati kembali menjadi baik. 

Namun, jika kamu merasa bahwa stres yang kamu rasakan tidak kunjung hilang, maka kamu bisa coba hubungi psikolog di Halodoc untuk meminta bantuan. Psikolog mungkin punya tips khusus untuk membantu mengurangi stres yang kamu alami. Jadi tunggu apa lagi, segera download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan bicara dengan psikolog, kapan dan di mana saja!

Baca juga: Peran Hubungan Intim dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Semakin sering melakukan cuddling, maka akan semakin banyak serotonin yang diproduksi. Saat semakin banyak serotonin yang dihasilkan, semakin baik kemampuan tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan. Ketika dilepaskan ke aliran darah, serotonin menyampaikan pesan yang kuat ke seluruh tubuh, terutama di usus.

Saat serotonin disimpan di usus, ia secara signifikan akan memengaruhi fungsi pencernaan, rasa lapar, dan rasa kenyang. Inilah sebabnya mengapa kamu dapat menikmati makanan saat sedang merasa bahagia. Sementara saat merasa tertekan, kamu mungkin kehilangan nafsu makan. 

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Berpelukan terkadang juga dapat menghalangi sinyal rasa sakit untuk mencapai otak, sehingga membantu tubuh menoleransi rasa sakit dengan lebih baik. Ini diduga karena oksitosin juga mampu menangkal rasa sakit fisik dan emosional. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit ketika tubuh cukup istirahat dan lebih bahagia.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Oleh karena serotonin terkait dengan kesehatan usus, dan kesehatan usus terkait dengan kekebalan, maka cukup memungkinkan jika berpelukan akan memberi dampak pada sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh akan meningkat ketika serotonin dilepaskan, yang dapat membantu menurunkan stres, melawan penyakit, mengurangi peradangan, dan membuat kamu tetap sehat.

Baca juga: Trik Foreplay untuk Hubungan Intim BerkualitasItulah beberapa manfaat cuddling yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan dengan rutin. Jadi, sempatkanlah untuk melakukannya dengan pasangan ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Cuddle Like You Mean It (And Why You Should).
The Healthy. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Cuddling and How to Do It.
Well and Good. Diakses pada 2021. 5 Health Benefits of Cuddling That Can Improve Your Well-Being.