01 October 2018

Ini Prosedur Operasi Plastik pada Lipatan Mata

ini prosedur operasi plastik pada lipatan mata

Halodoc, Jakarta – Lipatan mata memang bisa membuat tampilan mata terlihat lebih indah, apalagi bila dipulaskan dengan eyeshadow. Itulah mengapa kebanyakan wanita yang tidak memiliki lipatan mata alias monolid biasanya menggunakan scot mata untuk membentuk lipatan di kelopak matanya. Namun sekarang, kamu pun bisa memiliki lipatan mata secara permanen dengan menjalani operasi plastik lipatan mata. Bila kamu tertarik ingin melakukan operasi plastik lipatan mata, ada baiknya kamu ketahui dulu bagaimana prosedur operasi ini.

Apa Itu Operasi Plastik Lipatan Mata?

Operasi plastik untuk mendapatkan lipatan mata sering disebut juga double eyelid surgery atau East Asian blepharoplasty. Kebanyakan orang yang tertarik menjalani jenis operasi plastik ini adalah orang-orang Asia, karena mereka cenderung memiliki bentuk mata yang kecil dan hanya ada satu lipatan mata alias monolid. Nah, operasi plastik lipatan mata dapat menghilangkan lemak berlebih di kelopak mata, sehingga terbentuklah double eyelid. Selain itu, operasi plastik ini juga dapat membuat bukaan yang lebih besar antara kelopak mata atas dan bawah untuk membuat penampilan mata terlihat lebih besar.

Lipatan di kelopak mata atas dapat membuat tampilan mata terlihat lebih besar dan ekspresif. Dengan adanya lipatan mata, kamu pun bisa mengaplikasikan make up seperti eyeshadow dan maskara lebih mudah dan hasilnya pun lebih bagus.

Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Plastik Lipatan Mata

Bagi kamu yang ingin melakukan operasi plastik lipatan mata, sebaiknya lakukan dulu persiapan berikut sebelum menjalani operasi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat operasi:

  • Sebelum operasi, kamu perlu menyampaikan riwayat penyakit yang pernah kamu miliki sebelumnya kepada dokter bedah dan dokter spesialis mata. Beri tahu bila kamu pernah atau sampai saat ini mengidap alergi, glaukoma, mata kering, masalah di tiroid atau diabetes. Kamu juga perlu memberitahu apa saja yang kamu konsumsi belakangan ini, seperti obat-obatan, suplemen, obat herbal, rokok, atau minuman beralkohol. Diskusikanlah dengan dokter, apakah dengan riwayat kesehatan yang dimiliki, kamu bisa melakukan operasi plastik lipatan mata.
  • Berhenti merokok dulu untuk sementara, minimal beberapa minggu sebelum operasi agar luka pascaoperasi bisa cepat sembuh.
  • Hentikan juga konsumsi obat-obatan tertentu untuk sementara, seperti ibuprofen, aspirin, atau obat herbal, minimal dua minggu sebelum dan sesudah operasi.
  • Melakukan pemeriksaan fisik mata, seperti tes penglihatan, pengukuran kelopak mata, dan tes produksi air mata. Selain itu, kelopak mata kamu juga akan difoto dari berbagai sisi.

Prosedur Operasi Plastik Lipatan Mata

Sesaat sebelum operasi plastik lipatan mata dilakukan, dokter bedah akan menyuntikkan anestesi atau bius lokal pada area sekitar mata. Namun, bila kamu melakukan operasi ini di rumah sakit, biasanya dokter akan menggunakan bius total. Kemudian, dokter bedah akan membuat sayatan mengikuti garis bulu mata. Melalui sayatan itu, sebagian kulit, otot, dan lemak pada kelopak mata akan dipotong dan diangkat. Dengan begitu, mata secara otomatis akan kelihatan lebih besar dan ada lipatan.

Kemudian, dokter akan merekatkan kembali area yang disayat dengan cara menjahitnya dengan benang jahit operasi. Jahitan di kelopak mata ini akan bertahan selama tiga hari sampai satu minggu. Sedangkan garis bekas sayatan, tidak akan kelihatan karena tertutup di balik lipatan kelopak mata barumu.

Tips Untuk Mempercepat Penyembuhan

Sama seperti operasi pada umumnya, operasi plastik lipatan mata juga akan memberikan sejumlah dampak yang tidak nyaman. Kamu mungkin merasa nyeri pada kelopak mata, bengkak, memar, atau mata berair. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan tips-tips mudah berikut untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan:

  • Untuk mengurangi pembengkakan di mata, kamu bisa mengompres mata dengan handuk dingin.
  • Bersihkan kelopak mata pelan-pelan, lalu gunakan obat mata atau salep yang sudah diresepkan dokter.
  • Saat ingin pergi ke luar rumah, gunakan kacamata hitam untuk melindungi kelopak mata dari sinar matahari dan debu.
  • Jangan minum obat-obatan sebelum mendiskusikannya dulu dengan dokter.

Nah, begitulah kira-kira prosedur yang akan kamu jalani bila memutuskan untuk melakukan operasi plastik lipatan mata. Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang operasi plastik lipatan mata atau minta saran kesehatan, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: