• Home
  • /
  • Mempercantik Diri Lewat Operasi Kelopak Mata? Begini Prosedurnya

Mempercantik Diri Lewat Operasi Kelopak Mata? Begini Prosedurnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mempercantik Diri Lewat Operasi Kelopak Mata? Begini Prosedurnya

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar prosedur blepharoplasty? Bahasa awamnya operasi kelopak mata, tahu kan? Prosedur operasi ini untuk menghilangkan kulit atau mengurangi lemak pada bagian kelopak mata. Boleh dibilang operasi kelopak mata bertujuan untuk memperbaiki penampilan atau estetika. Lewat operasi ini, bisa membuat seseorang tampak lebih muda.

Namun dalam beberapa kasus, operasi plastik kelopak mata juga bertujuan untuk memperbaiki jarak pandang atau kondisi medis lainnya. Nah, penasaran seperti apa prosedur operasi kelopak mata? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Dari Mata Hingga Bibir, Tren Sulam untuk Kecantikan Zaman Now

Prosedurnya Bedah atau Laser

Prosduer operasi kelopak mata diawali dengan pemberian bius atau anastesi lokal di sekiar area mata. Dalam beberapa kondisi, dokter mungkin saja memberikan bius total pada pasiennya.

Selanjutnya, dokter bedah akan membuat sayatan mengikuti garis bulu mata untuk membuat mata terlihat lebih besar. Nah, lewat sayatan ini dokter akan melakukan pemotongan dan pengangkatan sebgian kulit, otot, atau lemak pada kelopak mata. Alhasil, mata akan terlihat lebih besar dan ada lipatan.

Setelah prose pengangkatan dan pemotongan usai, luka sayatan akan direkatkan dengan benang jahit operasi. Biasanya jahitan ini akan bertahan selama tiga sampai tujuh hari.

Lalu, bagaimana bila seseorang ingin menghilangkan bagian kulit kendur di kelopak mata bagian bawah atau kantung mata? Di sini dokter bedah akan membuat sayatan yang tidak terlihat di dalam kelopak mata bawah.

Tahap selanjutnya, dokter akan melakukan penyamaran garis-garis halus pada kelopak mata dengan laser CO2 laser erbium. Lantas berapa lama prosedur operasi kelopak mata ini? Bila kelopak mata bagian atas dan bawah yang dioperasi, kira-kira proses operasinya memakan waktu sekitar dua jam.

Kamu bisa kok bertanya pada dokter mengenai prosedur atau saran medis mengenai operasi kelopak mata melalui aplikasi Halodoc.

Dari Kulit Kendur sampai Kelopak Terkulai

Seperti penjelasan di atas, operasi kelopak mata bukan cuma menyoal estetika saja. Lalu, kondisi apa saja sih yang bisa diobati melalui operasi plastik kelopak mata? Nah, berikut beberapa kondisinya menurut American Society of Plastic Surgeon:

  • Kulit kelopak mata yang kendur atau kulit yang kendur dan menciptakan lipatan.

  • Mengganggu kontur alami kelopak mata atas, terkadang bisa mengganggu penglihatan.

  • Area berlemak yang tampak seperti bengkak di kelopak mata

  • Kantung mata di bawah mata.

  • Kelebihan kulit dan kerutan halus pada kelopak mata bawah.

  • Kelopak mata bawah terkulai yang memperlihatkan bagian putih di bawah iris.

Baca juga: Mengenal Metode Insisi untuk Kecantikan Wajah

Hal yang perlu digarisbawahi, tak semua orang bisa atau dianjurkan untuk melakukan operasi plastik kelopokak mata. Masih dalam penjelasan American Society of Plastic Surgeon, berikut kandidat yang baik untuk menjalani operasi kelopak mata:

  • Orang sehat tanpa kondisi medis yang dapat mengganggu penyembuhan.

  • Bukan perokok.

  • Individu dengan pandangan positif dan tujuan realistis.

  • Individu tanpa kondisi mata serius.

Ingat, kelopak mata merupakan bagian dari wajah. Munculnya kelopak mata yang terkulai mungkin juga disebabkan oleh relaksasi kulit dahi dan alis. Dalam beberapa kasus, meregangkan otot kelopak mata atas dapat mengakibatkan kelopak mata terkulai.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut ptosis kelopak mata. Kondisi yang satu ini lain lagi ceritanya. Ptosis memerukan perawatan bedah yang berbeda. Lalu, seperti apa operasi plastik kelopak mata pada kasus Ptosis?

Operasi Ptosis pada Orang Dewasa

Ptosis merupakan kondisi ketika kelopak mata atas terkulai di atas mata. Kelopak mata ini bisa terkulai sedikit atau terlalu banyak, sehingga menutupi pupil. Awas, ptosis dapat membatasi, bahkan sepenuhnya menghalangi penglihatan normal. Lalu, bagaimana sih prosedur operasi kelopak mata pada kasus ini?

Menurut American Academy of Ophthalmology, pertama-tama dokter bedah plastik akan mengevaluasi anatomi wajah pasien secara menyeluruh. Selanjutnya, dokter akan membahas prosedur apa yang paling baik untuk mengatasi masalah ptosis. Operasi kelopak mata ptosis biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan. Artinya, pasien dapat pulang pada hari yang sama dengan operasi.

Baca juga: 6 Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Selanjutnya, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk “mematikan” mata dan area disekitarnya. Nah, barulah dokter akan melakukan prosedur operasinya. Terkadang, dokter bedah hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian pada otot kelopak mata.

Akan tetapi, untuk kasus ptosis yang lebih parah lain lagi ceritanya. Otot levator mungkin perlu diperkuat dan disambungkan kembali ke kelopak mata.

Hal yang perlu diingat, seperti halnya semua jenis operasi, ada kemungkinan risiko dan komplikasi pada prosedur operasi plastik kelopak mata ptosis. Jangan ragu bertanya pada dokter mengenai dampak atau efek samping dari prosedur tersebut.

Terakhir, sebelum operasi kelopak mata pastikan untuk memberi tahu dokter mata mengenai semua obat yang sedang dikonsumsi. Bila perlu, sertakan semua resep, obat-obatan, vitamin, dan suplemen yang dijual bebas. Sebab, amat penting bagi ahli bedah mata untuk mengetahui obat yang tengah dikonsumsi. Contohnya, aspirin atau obat yang mengandung pengencer darah.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
American Society of Plastic Surgeons. Diakses pada 2020. Cosmetic Procedures. Eyelid Surgery.
American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. What Is Ptosis?
WebMD. Diakses pada 2020. Eyelid Surgery.