Ini Tanda Kanker Tiroid yang Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Tanda Kanker Tiroid yang Diabaikan

Halodoc, Jakarta - Sebagai wanita, menjalani skrining untuk mendeteksi adanya sel kanker menjadi hal yang penting dilakukan. Pemeriksaan kanker payudara bisa dilakukan setiap tahun, begitu pula dengan pemeriksaan kanker kulit. Sayangnya, ada satu kanker yang ternyata mengalami peningkatan, tetapi kehadirannya tidak menjadi perhatian, yaitu kanker tiroid

Kanker tiroid mengacu pada pertumbuhan abnormal sel tiroid yang memiliki potensi untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kanker ini terjadi ketika sel tiroid yang membentuk kelenjar berbentuk kupu-kupu di bawah kotak suara mengalami mutasi genetik yang tidak terkendali. 

Tanda Kanker Tiroid yang Sering Diabaikan

Sayangnya, kanker tiroid berisiko terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, meski bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Risiko lebih mungkin terjadi pada wanita berusia 40 hingga 50 tahun. Belum diketahui mengapa kanker tiroid sering menyerang wanita, tetapi diyakini pubertas turut berperan terhadap terjadinya kanker ini. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Kanker Tiroid

Namun, ada lagi hal yang menjadi persoalan, bahwa kebanyakan orang dengan kanker tiroid benar-benar tidak menunjukkan gejala, yang membuat kanker ini sulit terdeteksi. Meski begitu, untuk kasus kanker tiroid yang lebih agresif, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan. Berikut gejala yang tidak boleh diabaikan, yaitu:

  • Perubahan suara

Salah satu cara kanker tiroid yang bersifat agresif bisa menunjukkan gejala dengan memperhatikan apakah terjadi perubahan suara. Apabila saraf pita suara diserang oleh kanker, maka bisa terjadi perubahan suara menjadi serak ketika kamu berbicara. 

  • Batuk Darah

Gejala kedua dari kanker tiroid yang sayangnya sering terabaikan adalah batuk darah. Pasalnya, tiroid tidak hanya berkaitan dengan pita suara yang membuat suara kamu menjadi serak bahkan menghilang, tetapi juga pada trakea dan kerongkongan. Pada kasus yang jarang, kanker tiroid bisa menunjukkan gejala batuk darah. 

Memang benar, gejala satu ini bisa menunjukkan adanya indikasi penyakit lain, jadi kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Kalau kamu memiliki dokter langganan, jangan ragu untuk membuat janji langsung di rumah sakit mana saja yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Tentu saja menggunakan aplikasi Halodoc

Baca juga: Apakah Pengidap Kanker Tiroid Dapat Sembuh Total?

  • Sulit Bernapas dan Menelan

Kanker tiroid stadium lanjut bisa membuat kamu menjadi sulit bernapas dan menelan. Kesulitan bernapas maupun menelan ini terjadi ketika sel kanker berkembang dan menekan struktur yang berada di dalam leher, termasuk batang tenggorokan dan saluran makan. 

  • Diare Ekstrem

Diare ekstrem menjadi gejala kanker tiroid meduler karena protein jenis tertentu yang dibuat dari sel kanker ini. Bagi pengidap kanker tiroid meduler, pengidap bisa buang air besar antara 10 hingga 20 kali setiap harinya. Kondisi ini harus ditangani karena diare kronis bisa memicu komplikasi.

  • Benjolan pada Pangkal Leher

Gejala ini sering teridentifikasi ketika dokter melakukan pemeriksaan fisik, biasanya tidak diikuti dengan rasa sakit. Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui apakah benjolan tersebut mengindikasi kanker atau bukan. 

Baca juga: Kenali 4 Jenis & Ciri dari Kanker Tiroid

  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ketika ukuran kanker tiroid membesar, akan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening pada bagian leher. Namun, perhatikan bahwa kelenjar getah bening bisa mengalami pembengkakan pada kondisi apa pun, termasuk pilek, sehingga dibutuhkan gejala lain untuk bisa mendiagnosis apakah pembengkakan ini adalah kanker atau tidak. 

Referensi: 
Prevention. Diakses pada 2019. 6 Signs of Thyroid Cancer You Should Never Ignore, According to Doctors.
Medscape. Diakses pada 2019. Thyroid Cancer.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Thyroid Cancer.