Ini Tren Suntik Botox untuk Atasi Resting Bitch Face

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Tren Suntik Botox untuk Atasi Resting Bitch Face

Halodoc, Jakarta – Sering dibilang “jutek” kadang membuat pemilik wajah resting bitch face merasa tak nyaman. Untuk mengatasinya, para wanita di Amerika Serikat sedang menggandrungi metode suntik botox, untuk mengubah wajah galak mereka menjadi lebih menyenangkan. 

Suntik botox untuk mengatasi resting bitch face merupakan tren baru dalam dunia kecantikan. Tren ini digemari pemilik resting bitch face karena raut wajah yang menyenangkan dianggap dapat membuat seseorang lebih mudah bergaul di lingkungan sosial. Mereka akan jadi lebih mudah didekati dan orang lain tidak akan takut untuk menyapa duluan.  

Prosedur suntik botox yang dilakukan pun dapat bervariasi. Namun umumnya, para ahli bedah kecantikan menggunakan botox dan filler untuk membentuk wajah. Secara harfiah, penerapan prosedur ini dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan, dengan menyasar sisi mulut dan garis marionette (garis yang membentang dari sisi bibir ke bagian bawah dagu, bawah bibir, dan area di antara kedua alis. Cara ini dipercaya dapat membuat pasien terlihat memiliki ekspresi yang lebih bahagia.

uga:  Benarkah Suntikan Botoks Bisa Mengurangi Sakit Pengidap Trigeminal NeuralgIa?

Pahami Manfaat dan Risiko Suntik Botox

Sebelum mencoba prosedur suntik botox untuk mengatasi resting bitch face, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu manfaat dan risiko yang bisa ditimbulkan oleh prosedur ini, ya. Suntik botox saat ini banyak dimanfaatkan untuk menghaluskan keriput atau menyingkirkannya sama sekali, sehingga tampilan wajah tampak lebih kencang dan awet muda. 

Prosedur suntik botox dilakukan dengan menggunakan larutan hasil penyulingan murni dari botulinum toxic A, yang terbuat dari bakteri Botulinum penyebab botulisme. Ada banyak gejala serius yang ditimbulkan botulisme, tetapi salah satu gejala yang membuat obat ini digunakan untuk pengurangan keriput adalah kelumpuhan otot. 

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk menjalani suntik botox, sebaiknya pertimbangkan segala manfaat dan risikonya. Konsultasikan dengan dokter sebelum benar-benar memutuskan. Diskusi dengan dokter  bisa dilakukan kapan dan di mana saja di aplikasi Halodoc, lewat fitur Chat atau Voice/Video Call. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasinya di ponselmu, ya.

Baca Juga: Awas, 5 Makanan Ini Mempercepat Penuaan Dini

Secara umum, manfaat yang bisa didapatkan dari prosedur suntik botox untuk kecantikan adalah:

  • Hasilnya cepat. Hasil suntik botox sudah bisa dilihat dalam hitungan jam atau hari dan kualitasnya akan bergantung dari dosis yang diinjeksikan.
  • Menghaluskan garis-garis halus akibat gerakan wajah, seperti smile lines, kerutan dahi atau alis saat cemberut.
  • Prosedurnya cepat. Satu sesi suntik botox hanya berlangsung sekitar 5–10 menit.
  • Minim risiko kesehatan. Saat diinjeksikan ke dalam jaringan otot wajah, cairan botox tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Sementara itu, risiko yang mungkin timbul akibat suntik botox adalah:

  • Efek suntik botox hanya bersifat sementara. Kamu akan harus menjalankan sesi perawatan rutin jika ingin memiliki tampilan wajah yang tetap mulus dan kencang.
  • Reaksi alergi terhadap bahan pengawet dan komposisi botox lainnya. Beberapa reaksi alergi yang umumnya muncul adalah ruam merah, gatal, bilur, gejala asma, atau merasa ingin pingsan. Kamu juga lebih mungkin untuk mengalami memar pada area suntikan jika mengonsumsi aspirin atau ibuprofen. Sebab, obat-obatan ini mengencerkan darah dan meningkatkan perdarahan yang menyebabkan timbulnya memar. Jadi, beri tahu dokter sebelum memulai suntik botox mengenai obat-obatan dan suplemen yang sedang digunakan, termasuk beberapa suplemen herbal yang bisa mengencerkan darah, seperti minyak ikan, gingko biloba, atau vitamin E.
  • Otot wajah mati rasa. Botox bisa menghambat gerakan wajah untuk berekspresi, karena menyebabkan otot wajah mati rasa. 
  • Biaya yang relatif mahal. 
  • Hasil tidak tahan lama. Hasil suntik botox hanya akan bertahan paling lama empat bulan. Selain itu, hasilnya pun bisa bervariasi, tergantung dari kedalaman kerutan.

Baca Juga: Enggak Hanya Wajah, Kenali Botoks Ketiak untuk Atasi Bau Badan

Manfaat dan risiko suntik botox tersebut hanyalah gambaran umum. Lebih jelasnya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter. Penting juga untuk memastikan klinik kecantikan yang akan kamu datangi untuk suntik botox memiliki lisensi dan berpengalaman di bidangnya. 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2019. How Botox Prevents Wrinkles.

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Botox Injections.