Ini Waktu yang Tepat Kembali Beraktivitas setelah Patah Pergelangan Kaki

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Waktu yang Tepat Kembali Beraktivitas setelah Patah Pergelangan Kaki

Halodoc, Jakarta – Pergelangan kaki yang patah adalah cedera yang relatif umum, sering disebabkan oleh memutar pergelangan kaki, jatuh atau cedera olahraga. Ini dapat diobati dengan gips atau operasi dan pemulihan penuh biasanya memakan waktu antara 8 dan 12 minggu.

Dokter menyebut patah atau patah tulang sebagai patah tulang. Jika pergelangan kaki cedera, berikut ini mungkin menunjukkan patah tulang:

  • Rasa sakit, khususnya di tulang sekitar pergelangan kaki

  • Tidak bisa berjalan

  • Pergelangan kaki bengkak

  • Suara “retak”

  • Pergelangan kaki mengalami dislokasi

  • Ada tulang yang menyembul dari kulit (fraktur terbuka atau gabungan)

Jika cedera tidak parah, mungkin sulit untuk mengetahui apakah pergelangan kakimu patah atau hanya terkilir (lihat keseleo dan regangan). X-ray diperlukan untuk mengonfirmasi pergelangan kaki yang patah dan membantu memutuskan perawatan yang tepat. Jika syok dan rasa sakit karena mematahkan pergelangan kaki, kamu mungkin merasa pingsan, pusing, atau sakit.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Patah dan Keseleo Pergelangan Kaki

Usahakan untuk tidak membebani pergelangan kaki. Minta teman atau saudara untuk mengantar ke rumah sakit dan menopang berat badan saat berjalan dengan kaki lainnya. Mengangkat kaki dan mengoleskan es (cobalah sekantong kacang polong beku yang dibungkus dengan handuk teh) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Kamu dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas untuk membantu meringankan rasa sakit. Ibuprofen atau parasetamol adalah pilihan yang baik. Jika pergelangan kaki terkilir, atau kamu dapat melihat tulang di luar kulit, rasa sakitnya akan sangat parah dan kamu harus memanggil ambulans.

Perawatan Patah Kaki

Para dokter pertama-tama akan memastikan rasa sakitmu dikendalikan dengan tablet atau obat yang lebih kuat melalui infus. Terkadang gas dan udara digunakan. X-ray diperlukan untuk mengonfirmasi fraktur dan untuk membantu memutuskan perawatan yang tepat.

Baca juga: Ini Langkah Tepat Menyembuhkan Patah Pergelangan Kaki

Jika pergelangan kaki terkilir atau tulang-tulangnya tidak sejajar (tergeser), dokter mungkin memutuskan untuk mendorongnya kembali ke tempatnya (reduksi). Kamu akan diberikan obat penghilang rasa sakit atau sedasi yang kuat untuk memastikan kenyamanan selama prosedur. Patah tulang sederhana di mana tulang belum bergerak tidak membutuhkan reduksi.

Menyelaraskan kembali tulang membantu dengan rasa sakit dan pembengkakan pergelangan kaki dan mengurangi risiko komplikasi dari fraktur. Patah tulang pergelangan kaki sederhana dapat diobati dengan gips.

Kamu tidak akan diizinkan untuk menambah berat pada pergelangan kaki yang patah, sehingga kruk diperlukan untuk berjalan bersama. Obat penghilang rasa sakit akan diberikan dan janji temu harus dibuat dengan klinik fraktur. Dokter ortopedi kemudian akan mengambil alih pengelolaan pergelangan kaki yang patah.

Baca juga: Ini Penyebab Pemain Bola Sering Kena Cedera Patah Pergelangan Kaki

Di klinik fraktur, plester yang lebih ringan akan dipasang, yang bertahan selama enam hingga delapan minggu. Setelah empat minggu, kamu mungkin bisa menambah berat pergelangan kaki atau mengganti plester untuk boot yang dapat dilepas.

Proses Penyembuhan

Dibutuhkan sekitar enam hingga dua belas minggu untuk pergelangan kaki yang patah pulih, tapi butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan kembali gerakan penuh dari tungkai bawah dan kaki.

Seberapa cepat kamu dapat kembali bekerja tergantung pada seberapa parah pergelangan kaki retak dan jenis pekerjaan yang kamu lakukan, tapi kamu mungkin akan istirahat setidaknya selama empat hingga enam minggu. Ikuti saran dokter tentang menggerakkan dan mengistirahatkan pergelangan kaki. Kamu mungkin dirujuk ke ahli fisioterapi yang akan menunjukkan latihan yang dapat mempercepat pemulihan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai waktu yang tepat untuk kembali beraktivitas setelah patah pergelangan kaki, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.