Adakah Makanan yang Bisa Membantu Pemulihan Kaki yang Patah?

Adakah Makanan yang Bisa Membantu Pemulihan Kaki yang Patah?

Halodoc, Jakarta - Bagi atlet, cedera otot dan patah tulang menjadi hal yang biasa mereka alami. Meski memakan waktu yang lama dalam proses penyembuhan, dengan melakukan pengobatan seperti operasi, maka kondisi patah kaki bisa sembuh. Selain pengobatan yang dilakukan tim medis, kamu bisa melakukan hal lain untuk mempercepat penyembuhan patah kaki. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang tepat.

Semua jenis makanan yang sehat dan bergizi mampu membuat kondisi patah kaki yang kamu alami menjadi cepat pulih. Namun, ada beberapa zat gizi yang diperlukan dalam jumlah lebih agar kondisi tulang cepat membaik dan luka cepat kering. Zat gizi tersebut adalah protein, kalsium, Vitamin D, Vitamin K, dan Vitamin C. Nah, nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dari makanan-makanan berikut:

Baca Juga: Serba-Serbi Penanganan Patah Pergelangan Kaki yang Tepat

Susu dan Produk Olahannya

Makanan seperti susu, keju, dan yoghurt mengandung kalsium sehingga mampu memperkuat dan meningkatkan kemampuan tulang untuk memulihkan diri. Selain itu, hampir semua kalsium disimpan di dalam tulang dan membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat.

Biji Labu

Jika kebutuhan kalsium sudah terpenuhi melalui susu, maka mereka yang mengalami masalah seperti patah kaki bisa mencoba konsumsi biji labu. Bahan makanan ini dinilai menjadi sumber mineral yang baik sehingga penyerapan kalsium menjadi lebih efektif. Kamu bisa memasukkannya ke dalam salad atau smoothie bowl.

Telur

Telur ayam sudah tidak diragukan lagi memiliki nutrisi yang tepat untuk membantu penyembuhan patah tulang. Di dalam telur ayam terkandung nutrisi seperti  vitamin D, kalsium, protein, dan vitamin B. Semua nutrisi ini memperkuat tulang dan membantu penyembuhan patah kaki.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Penanganan Patah Pergelangan Kaki

Buah Sitrus

Buah sitrus adalah sumber vitamin C yang cukup baik. Meski vitamin C lebih dikenal dapat meningkatkan daya tubuh dan menjaga kesehatan kulit, nyatanya, vitamin C juga diperlukan untuk penyembuhan patah tulang. Vitamin ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang penting dalam proses pembentukan tulang baru. Sumber vitamin C salah satunya bisa kamu dapatkan melalui jeruk. Selain itu, sumber vitamin C yang baik lainnya adalah kiwi, berry, tomat, paprika, kentang, dan sayuran hijau.

Daging

Semua jenis daging adalah sumber protein yang baik, dan para peneliti dari Tufts University mengungkapkan bila diet tinggi protein dapat mempercepat penyembuhan tulang yang rapuh dan patah. Selain itu, di dalam daging terkandung zat besi yang membantu tubuh memproduksi kolagen dan oksigen guna membangun tulang baru. Oleh sebab itu, orang yang anemia atau tidak memiliki cukup sel darah merah sehat mengalami proses pemulihan patah tulang yang lebih lama.

Baca Juga: Cek 4 Makanan Sumber Kalsium Terbaik untuk Vegetarian

Selain itu, penting untuk menghindari beberapa makanan tertentu selama menjalani pengobatan patah kaki. Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi antara lain alkohol, makanan tinggi garam, dan kafein.

Alkohol dapat memperlambat proses pembentukan tulang baru sekaligus mengganggu keseimbangan tulang kaki, sehingga membuat kamu cenderung mudah terjatuh. Sementara asupan makanan tinggi garam dan kafein yang berlebihan bisa menghilangkan kalsium dalam tubuh melalui urine.

Untuk membantu penyembuhan patah tulang, kamu bisa bertanya seputar gizi dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jika kamu membutuhkan vitamin atau suplemen tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.