Ini Langkah Tepat Menyembuhkan Patah Pergelangan Kaki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Langkah Tepat Menyembuhkan Patah Pergelangan Kaki

Halodoc, Jakarta – Patah pergelangan kaki terjadi saat satu atau beberapa tulang pergelangan kaki patah. Patah pergelangan kaki bisa bersifat ringan ataupun berat. Patah pergelangan kaki yang bersifat ringan terjadi saat tulang pergelangan kaki mengalami keretakan. Sedangkan pada kasus berat, tulang pergelangan kaki mengalami patah sepenuhnya hingga menembus kulit. Munculnya suara gertak saat kecelakaan bisa jadi salah satu tanda patahnya pergelangan kaki. Gejala lainnya termasuk:

  • Sakit yang amat parah di area pergelangan kaki.

  • Pergelangan kaki mengalami pembengkakan.

  • Nyeri saat disentuh.

  • Terdapat memar di area pergelangan kaki.

  • Sulit berjalan atau menggerakkan kaki.

  • Kesulitan untuk menopang badan.

  • Kaki tampak bengkok (terkilir).

  • Pusing akibat rasa sakit.

  • Tulang mencuat dari kulit.

  • Perdarahan akibat tulang menembus kulit.

Baca Juga : Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Penyebab Patah Pergelangan Kaki

Patahnya pergelangan kaki terjadi ketika terlalu banyak kekuatan yang ditempatkan pada pergelangan kaki. Berikut penyebab umum patah pergelangan kaki yang perlu diwaspadai.

1. Jatuh

Ketika berjalan di permukaan yang tidak rata, mengenakan sepatu yang tidak pas, atau berjalan-jalan di tempat gelap, kamu berpotensi kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Saat terjatuh, pergelangan kaki mendapatkan beban yang berlebih sehingga rentan patah. Pijakan yang tidak pas setelah melompat tinggi juga dapat menyebabkan patahnya pergelangan kaki.

2. Olahraga

Olahraga melibatkan gerakan intens yang memberikan tekanan pada sendi, termasuk pergelangan kaki. Contoh olahraga memberi tekanan pada pergelangan kaki adalah sepak bola, futsal, dan bola basket.

3. Kecelakaan Mobil

Dampak dari kecelakaan mobil bisa menyebabkan pergelangan kaki patah. Ini karena kecelakaan bersifat spontan dan rentan menimbulkan luka berat.

Langkah Penyembuhan Patah Pergelangan Kaki

Jika kamu mengalami pergelangan kaki patah, sebaiknya kunjungi dokter sesegera mungkin. Berikut penanganan pertama yang dapat dilakukan :

  • Hindari memberikan tekanan atau beban untuk pergelangan kaki.

  • Tinggikan pergelangan kaki dan posisikan di atas bantal.

  • Oleskan es untuk meminimalkan rasa sakit dan bengkak.

  • Jika terdapat perdarahan, balut luka dengan balutan bersih.

  • Jika pergelangan kaki patah sampai mencuat dari kulit, segera minta bantuan medis.

Baca Juga : Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu

Perawatan patah pergelangan kaki tergantung pada jenis dan tingkat kerusakan pergelangan kaki. Berikut perawatan pergelangan kaki yang bisa diaplikasikan pada kasus ringan hingga berat.

1. Kompres Es

Pada kasus patah pergelangan kaki ringan, mengompres es berguna untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat cedera. Bungkus es dengan handuk sebelum meletakkannya di kulit.

2. Mengenakan Gips

Patah pergelangan kaki ringan juga dapat diobati dengan mengenakan sepatu boot, gips, atau belat. Perawatan ini berfungsi untuk menjaga tulang agar tetap di tempatnya. Untuk cedera yang lebih serius, pengidap perlu menjalani operasi terlebih dahulu sebelum menggunakan boot, gips, atau belat.

3. Memakai Kruk

Kruk berguna membantu pengidap patah pergelangan kaki untuk berjalan tanpa memberikan beban di area luka. Kruk dapat digunakan saat memakai sepatu boot, gips, atau belat.

4. Reduksi Tertutup

Jika tulang yang patah sampai bergeser dari tempatnya, dokter mungkin perlu memindahkannya kembali ke posisi semula. Perawatan non-bedah ini disebut reduksi tertutup. Sebelum prosedur, pengidap menerima pelemas otot, obat penenang, atau anestesi umum untuk mengendalikan rasa sakit.

5. Reduksi Terbuka

Pembedahan dianjurkan untuk kasus patah pergelangan kaki parah yang tidak bisa sembuh dengan boot, gips, atau belat. Dokter bedah menggunakan batang logam, sekrup, atau pelat untuk meluruskan kembali tulang. Prosedur tersebut berfungsi menjaga tulang agar tetap di tempatnya saat sembuh. Prosedur ini disebut reduksi terbuka dan fiksasi internal.

Baca Juga : Ini yang Dimaksud dengan Fraktur Tulang

Pergelangan kaki umumnya sembuh dalam 6-12 minggu. Cedera yang tidak perlu dioperasi bisa sembuh dalam enam minggu. Selama masa perawatan, dokter akan memantau kondisi tulang menggunakan sinar-X. Cedera yang perlu dioperasi bisa memakan waktu 12 minggu atau lebih lama untuk sembuh.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar patah pergelangan kaki, tanya saja ke dokter Halodoc. Melalui fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!