• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 3 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Trigeminal Neuralgia

Inilah 3 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Trigeminal Neuralgia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Trigeminal neuralgia adalah penyakit yang terjadi karena ada gangguan pada saraf trigeminal. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya mengalami nyeri kronis. Saraf trigeminal adalah saraf kelima dari 12 pasang saraf yang berasal dari otak. Saraf ini terletak di sisi wajah, maka dari itu pengidap trigeminal neuralgia mungkin merasakan berbagai sensasi pada wajah. 

Nyeri yang muncul akibat penyakit ini biasanya akan terasa pada satu sisi wajah, terutama wajah bagian bawah. Umumnya, rasa nyeri akibat penyakit ini akan muncul secara tiba-tiba dan terasa seperti tertusuk sengatan listrik. Nyeri kemudian akan bertahan hingga beberapa detik atau menit. Pada kondisi yang parah, nyeri bisa bertahan hingga beberapa hari atau bulan tanpa henti. Lantas, apa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi trigeminal neuralgia? 

Baca juga: Cara Pencegahan Trigeminal Neuralgia yang Perlu Dipahami

Gejala dan Cara Mengobati Trigeminal Neuralgia

Nyeri yang muncul sebagai tanda penyakit ini biasanya terasa pada seputar pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Nyeri akibat penyakit ini biasanya muncul pada salah satu bagian wajah, tapi tidak menutup kemungkinan nyeri muncul pada kedua sisi wajah. Kondisi ini terjadi karena ada gangguan fungsi pada saraf trigeminal, yaitu saraf tertekan pembuluh darah sekitar. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan ini. Trigeminal neuralgia bisa terjadi karena ada kelainan pada otak akibat luka atau cedera, stroke, efek samping pembedahan, serta tumor dan trauma yang dialami wajah. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kelainan yang menyebabkan kerusakan selaput pelindung saraf. 

Ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi trigeminal neuralgia, di antaranya: 

1.Konsumsi Obat 

Sebenarnya, penyakit ini cukup bisa ditangani dengan pemberian obat khusus segera setelah trigeminal neuralgia dideteksi. Konsumsi obat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala yang muncul. Obat bekerja dengan menghalangi sinyal rasa nyeri yang dikirim ke otak. Selama mengonsumsi obat, disarankan untuk menjauhi hal yang bisa memicu gejala trigeminal neuralgia. 

2.Suntik Botox 

Selain konsumsi obat, suntik botox atau botulinum toxin juga disebut ampuh untuk mengatasi gejala trigeminal neuralgia. Pengobatan ini bisa membantu mengatasi rasa sakit yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk metode pengobatan ini. 

Baca juga: Benarkah Suntikan Botox Bisa Mengurangi Sakit Pengidap Trigeminal NeuralgIia?

3.Operasi 

Operasi juga bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit trigeminal neuralgia. Metode ini dilakukan untuk mengatasi nyeri trigeminal neuralgia yang parah dan tidak kunjung reda, bahkan setelah pemberian obat-obatan. Selain sebagai pengobatan, prosedur operasi juga bisa dilakukan untuk mengatasi efek samping yang muncul akibat pengobatan neuralgia trigeminal. 

Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele dan pengobatannya perlu segera dilakukan. Hal ini bisa membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat trigeminal neuralgia. Jika dibiarkan begitu saja, gejala penyakit ini mungkin akan terasa semakin menyakitkan dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau sudah begitu, pengidap penyakit ini berisiko mengalami gangguan kesehatan mental, misalnya depresi. 

Baca juga: Ini 3 Beda Letak Sakit Kepala

Cari tahu lebih lengkap seputar trigeminal neuralgia dan apa saja cara pengobatan yang bisa dilakukan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2020. Trigeminal Neuralgia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Trigeminal Neuralgia.