Inilah 5 Buah Kaya Air Penangkal Dehidrasi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah 5 Buah Kaya Air Penangkal Dehidrasi

Halodoc, Jakarta - Sering mendengar anjuran untuk minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari? Anjuran tersebut dibuat untuk memastikan kita minum air yang cukup, mengingat sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas air. Kurangnya konsumsi air akan menimbulkan berbagai dampak bagi tubuh, salah satunya adalah dehidrasi. Namun, selain dari air putih, kebutuhan cairan tubuh juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan kaya air, lho.

Berikut beberapa buah yang mengandung banyak air, yang bisa kamu konsumsi jika ingin terhindar dari risiko dehidrasi:

1. Semangka

Buah berbentuk bulat ini memang nikmat sekali disantap ketika cuaca sedang panas. Tak heran memang, jika semangka dinobatkan sebagai salah satu buah penangkal dehidrasi. Sebab, 91 persen dari daging buah semangka terdiri atas air. Kandungan air dalam buah semangka pun tak hanya mampu menyegarkan tubuh, tetapi juga dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat sinar matahari, serta menjaga kelembapan kulit.

Baca juga: Kupas Tuntas, Manfaat Buah Semangka Bagi Tubuh

2. Ketimun

Buah satu ini kerap dikira sayuran, lantaran sering dijajarkan bersama sayuran segar lainnya ketika bersantap di rumah makan yang menyediakan lalapan. Padahal, jika dilihat dari historisnya, ketimun diklasifikasikan sebagai Cucurbita pepo L, sejenis berry dengan kulit luar yang keras, dan tidak ada perpecahan internal seperti tomat dan labu. Ketimun pun terbentuk dari hasil penyerbukan, seperti tanaman berbuah lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa ketimun adalah buah, bukanlah sayuran.

Sebagai buah, ketimun juga merupakan buah yang kaya air, dengan kandungan air sebesar 95 persen. Selain itu, ketimun juga kaya akan Senyawa antiinflamasi yang membantu menghilangkan limbah dalam tubuh, dan mengurangi iritasi kulit. Ketimun juga kerap digadang-gadang sebagai salah satu buah yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput.

Baca juga: Awas, Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Dehidrasi

3. Stroberi

Rasanya yang asam nan segar membuat stroberi sangat nikmat dijadikan sebagai pencuci mulut, atau juga diolah menjadi berbagai kreasi kudapan. Di balik rasanya yang nikmat dan segar, stroberi juga ternyata masuk ke dalam daftar buah kaya air yang mampu mencegah dehidrasi, lho. Tak tanggung-tanggung, kandungan air dalam buah stroberi adalah sebesar 91 persen.

4. Persik

Mungkin belum banyak yang tahu, tapi kandungan air dalam buah persik juga tergolong tinggi, yaitu sekitar 90 persen. Selain kaya air, buah persik juga padat nutrisi lain, seperti vitamin A, C, B, dan potasium, yang penting bagi tubuh. Kandungan air dan serat yang tinggi membuat buah persik menjadi salah satu buah yang mengenyangkan, tetapi rendah kalori. Jadi, selain menangkal dehidrasi, buah ini juga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani diet rendah kalori, lho.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

5. Jeruk

Buah berwarna kuning-oranye ini dikenal sebagai ikon dari sumber vitamin C. Padahal, selain kaya vitamin C, jeruk juga merupakan buah yang kaya air. Dalam satu buah jeruk, ada hampir setengah cangkir air. Jeruk juga mengandung potasium, yang mampu membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Kandungan serat dalam buah jeruk juga cukup tinggi, sehingga membuat buah ini cukup mengenyangkan dan kerap dijadikan kudapan bagi mereka yang sedang menjalani diet.

Itulah sedikit penjelasan tentang buah-buahan kaya air yang dapat mencegah dehidrasi. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!