28 February 2018

Keriput Juga Bisa Terjadi di Usia Muda

Keriput Juga Bisa Terjadi di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Kulit keriput dan mulai mengendur sering dikaitkan dengan proses bertambahnya usia seseorang. Semakin bertambah usia, jaringan kolagen dan elastisitas kulit manusia pun kian melemah. Meski karena bertambah usia, keriput pun bisa datang kerena penuaan dini. Nah,  walau keriput bukan sesuatu yang bisa dihindari selamanya tapi bukan berarti tidak bisa diperlambat kedatangannya.

Agar terkena penuaan dini, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu terjadinya keriput di usia muda berikut ini:

  1. Merokok

Selain mengancam kesehatan jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok ternyata juga bisa memicu penuaan dini pada kulit. Pasalnya merokok bisa menyebabkan perubahan bahkan hambatan suplai darah di tubuh, terutama pada kulit.

Hal ini yang kemudian diyakini sebagai alasan kenapa merokok bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit terjadi lebih cepat. Jika tak ingin cepat tua, ada baiknya untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan yang satu ini.

  1. Kurang Konsumsi Sayur dan Buah

Kurang asupan sayuran dan buah juga bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Pasalnya, sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan radikal bebas, penyebab kerutan di wajah. Artinya, kurang mengonsumsi  jenis makanan ini bisa menyebabkan fungsi tersebut tak dimiliki oleh kulit.

Selain itu sayuran dan buah mengandung banyak vitamin C dan vitamin E. Kedua jenis zat gizi ini nyatanya berperan penting dalam menjaga kadar kolagen dan keelastisan kulit. Jadi jangan lagi malas mengonsumsi sayur dan buah, ya.  Apalagi kalau kamu memiliki aktivitas yang tinggi di luar ruangan.

  1. Kurang Tidur

Pada orang dewasa, durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-8 jam pada malam hari. Dan kurang tidur ternyata bisa menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat pada kulit. Karena kurang tidur bisa melemahkan kadar kolagen pada kulit dan memicu risiko keriput di usia berapa pun.

Kurang tidur bisa melemahkan hingga 70 persen tingkat kolagen kulit seseoranng. Bahkan, terlalu sering mengalami kurang tidur alias begadang bisa  membuat seseorang terlihat hingga 2,5 tahun lebih tua.

Cegah Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini, tentu ada hal-hal yang perlu dilakukan. Mulai dari rutin menjaga kelembaban kulit, dan memilih perawatan yang tepat. Bisa dimulai dengan menggunakan tabir surya setiap 30 menit sebelum melakukan aktivitas  di luar ruangan. Agar tetap  terlindungi, gunakan tabir surya minimal 30 SPF dan oleskan setiap 2-3 jam sekali. Namun penting untuk memerhatikan kebutuhan kulit, mungkin saja kamu membutuhkan jenis perawatan lain.

Selain itu, menghindari kebiasaan merokok dan menjauh dari asap rokok pun penting untuk menjaga kulit agar tetap  sehat. Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan pun dapat memicu penuaan lebih cepat.

Perbanyak makan buah dan sayur, serta menghindari makanan yang mengandung gula dan lemak tinggi. Sebab makanan jenis ini bisa memperburuk kondisi tubuh. Penuaan pada kulit  pun bisa  dicegah dengan cara menghindari dan mengelola stres, cobalah untuk lebih relaks. Serta hindari begadang dan banyak  mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam satu hari.

Meski tidak berbahaya, namun kerutan di kulit terutama wajah tentu bisa mengganggu penampilan. Selain cara-cara di atas, ada baiknya  kamu melakukan pemeriksaan kulit untuk mengetahui  jenis perawatan yang tepat dan dibutuhkan  tubuh.

Sekarang memeriksa kesehatan lebih mudah menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dan menerima saran dari dokter lewat Video/Voice Call dan Chat, lho. Ayo, download segera di App Store dan Google Play.