• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Buah-Buahan Terbaik untuk Menu MPASI

Inilah Buah-Buahan Terbaik untuk Menu MPASI

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Pada usia 6 bulan, ASI terus menjadi sumber nutrisi yang penting, tetapi itu saja tidak cukup. Sekarang Ibu perlu mengenalkan bayi pada makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI), untuk memenuhi kebutuhannya yang terus meningkat. Pastikan Ibu memberi bayi makanan pertamanya setelah dia menyusu, atau di antara sesi menyusui, sehingga bayi bisa terus menyusu sebanyak mungkin.

Saat Ibu mulai memberi bayi makanan padat, berhati-hatilah agar bayi tidak sakit. Ibu juga bisa mengenalkan berbagai menu seperti sayur dan buah. Supaya ia bisa mengenal banyak rasa, maka ibu bisa memberikan buah sehat untuknya. Selain tinggi nutrisi, buah juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatannya. 

Lantas, buah apa saja sih yang paling bagus dijadikan MPASI? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini! 

Baca juga: 6 Makanan Sehat bagi Anak yang Mulai MPASI

Buah untuk MPASI Bayi

Ibu perlu ingat, mulailah dengan buah-buahan yang mudah dicerna, tetapi nilai gizinya juga tinggi. Beberapa jenis buah yang bisa jadi MPASI terbaik untuk bayi antara lain:

Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah terbaik untuk dijadikan MPASI bayi. Buah dengan rasa yang lezat ini mengandung banyak lemak sehat yang sangat dibutuhkan bayi untuk meningkatkan perkembangan otaknya. Selain itu, kandungan dari alpukat juga nyatanya tak jauh berbeda lho dari ASi. Ibu bisa melumatkan alpukat dengan garpu atau memberikannya langsung pada bayi secara utuh dengan potongan yang kecil.

Pisang

Dikenal sebagai sumber kalium terbaik, buah pisang juga memiliki tekstur yang lunak sehingga memudahkan bayi untuk memakannya. Kalium yang sehat juga berguna untuk fungsi otot dan jantung yang normal. Pisang juga sangat baik untuk pertumbuhan bayi karena ia sangat kaya akan Vitamin B6, C, kalsium dan zat besi. Ibu bisa memberikannya langsung atau membuatnya sebagai puree dengan campuran mangga, buah persik dan yoghurt.

Bluberi

Blueberry penuh dengan antioksidan. Selain itu, warna biru yang dalam dan cemerlang dari buah beri ini berasal dari flavonoid yang bermanfaat bagi mata, otak, dan bahkan saluran kemih bayi. Ibu bisa menyajikan blueberry dengan cara diblender atau tumbuk blueberry dan tambahkan dengan yoghurt. 

Plum

Entah kamu menyebutnya "plum" atau "plum kering", buah-buahan sederhana ini tidak terdengar menarik memang. Namun, ia sangat lembut dan manis. Ibu bisa menjadikannya bubur buah plum saja atau dicampur dengan makanan lain, seperti oatmeal, sereal, atau saus apel, untuk camilan manis alami.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberi Buah untuk MPASI

Rasa makanan baru mungkin akan mengejutkan bayi. Beri dia waktu untuk terbiasa dengan makanan dan rasa baru ini. Bersabarlah dan jangan memaksa bayi untuk makan. Perhatikan tanda-tanda bahwa dia kenyang dan berhentilah memberinya makan. 

Ibu juga perlu menghindari buah-buahan yang sangat asam, seperti jeruk atau stroberi, sampai ia mendekati usia satu tahun. Mayo Clinic menyebutkan bahwa makanan yang sangat asam dapat menyebabkan ruam popok yang menyakitkan. 

Ibu juga harus menghindari buah-buahan dengan tingkat pestisida tinggi. Pestisida telah ditemukan dalam makanan bayi yang diproduksi secara komersial. Pir, persik, apel, dan plum bisa mengandung pestisida tingkat tinggi, tetapi bukan berarti bayi tidak bisa makan buah-buahan ini. Sajikan varietas organik untuk mengurangi paparannya terhadap bahan kimia berbahaya. Jangan sajikan buah kering, anggur utuh, atau potongan besar untuk bayi, pasalnya ini bisa menyebabkan bayi tersedak. 

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Ibu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai saran saat memberikan buah sebagai MPASI bayi. Dokter akan selalu siaga untuk memberikan saran kesehatan yang ibu butuhkan demi mendukung pertumbuhan bayi. Yuk manfaatkan fitur chat di Halodoc untuk bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. The 10 Best Foods for Babies.
SF Gate. Diakses pada 2020. Fruit Try First Babies.
UNICEF. Diakses pada 2020. Feeding Your Baby: 6-12 Months.