• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Alami untuk Obati Mata Ikan

Inilah Cara Alami untuk Obati Mata Ikan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Mata ikan adalah kondisi umum yang sering terjadi pada banyak orang. Mata ikan sendiri terbentuk sebagai upaya tubuh untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang. Akibatnya, permukaan kulit akan menebal dan mengeras. Mata ikan biasanya muncul di bagian atas telapak kaki, tetapi bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya, seperti telapak tangan, jari, bahkan wajah. 

Meskipun tidak berbahaya, tetapi kehadiran mata ikan bisa membuat kamu jadi tidak nyaman saat berjalan. Kabar baiknya, mata ikan bisa diobati dengan mudah secara alami. Yuk, cari tahu di bawah ini.

Perlu diketahui, mata ikan di telapak kaki berbeda dengan kapalan. Sebutan mata ikan disebabkan karena penumpukan kulit yang terjadi memiliki pusat inti yang terlihat seperti mata. Sementara kapalan tidak. 

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda Kapalan dan Mata Ikan?

Mata ikan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu mata ikan keras, mata ikan lunak, dan mata ikan kecil. Mata ikan keras terjadi akibat penumpukan kulit mati yang membentuk permukaan kulit yang keras dan tebal serta memiliki inti di tengah. Sedangkan mata ikan lunak, biasanya muncul di antara jari manis dan kelingking pada kaki. Untuk mata ikan kecil, para ahli berpendapat kondisi tersebut disebabkan oleh penyumbatan pada saluran keringat.

Berikut ini langkah-langkah mengobati mata ikan secara alami:

1. Rendam Kaki di Dalam Air Hangat

Pertama-tama, kamu perlu merendam kaki terlebih dahulu di dalam air hangat agar kulit mata ikan menjadi lebih lunak. 

2. Kikis dengan Menggunakan Batu Apung

Kemudian, gosok mata ikan di telapak kaki dengan menggunakan batu apung secara perlahan untuk mengikis penumpukan kulitnya.

3. Oleskan Pelembap

Setelah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang dikikis agar kulit tetap lembap dan halus. 

4. Gunakan Ganjalan untuk Mata Ikan

Untuk mencegah area yang terkena mata ikan bergesekkan dengan sepatu, kamu bisa menggunakan bantalan atau pads di telapak kaki.

Lakukan perawatan di atas secara rutin sampai mata ikan benar-benar hilang. Ingat, jangan mencoba memotong sendiri mata ikan di telapak kakimu, karena hal ini bisa menyebabkan infeksi yang berpotensi membahayakan jaringan di sekitarnya. Memotong mata ikan hanya boleh dilakukan oleh dokter.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Salah Pilih Obat Mata Ikan

Cara Mencegah Mata Ikan Balik Lagi

Untuk memastikan mata ikan tidak berkembang atau kembali lagi setelah perawatan, kamu harus mengatasi kondisi yang menjadi penyebabnya. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kamu menghindari gesekan dan mencegah pembentukan mata ikan:

  • Kenakan sepatu dan kaus kaki yang pas atau pilihlah sepatu yang tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Tips mendapatkan sepatu dengan ukuran yang tepat adalah belilah sepatu di sore hari, karena kaki mencapai ukuran terbesar saat itu.

  • Potong kuku kaki secara rutin. Jangan biarkan kuku kaki terlalu panjang, karena mereka bisa menekan jari-jari kaki kamu. Hal ini bisa menambah tekanan yang lama-kelamaan bisa menyebabkan mata ikan.

  • Gunakan bantalan kaki. Bantalan kaki sangat membantu melindungi area di sekitar mata ikan kamu kaki dari tekanan berlebih atau gesekan. Biasanya bantalan ini berbentuk seperti donat dengan lapisan perekat. Bantalan tersebut harus diposisikan, sehingga mata ikan berada di tengah-tengah.

  • Jaga kebersihan kaki. Cucilah kaki setiap hari dengan menggunakan sabun, air, dan sikat gosok yang sesuai.

  • Jaga kelembapan kaki. Gunakan krim kaki secara teratur untuk mencegah kekeringan dan gesekan.

Baca juga: Mata Ikan Menyerang, Perlukah Operasi?

Nah, itulah cara alami untuk mengobati mata ikan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bila kamu ingin membeli losion atau obat salep untuk mata ikan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Get Rid of Corns at Home.