• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Inilah Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Halodoc, Jakarta - Kelenjar getah bening memiliki fungsi penting bagi tubuh, yaitu membantu sistem kekebalan tubuh memerangi infeksi. Namun, kelenjar ini juga bisa mengalami gangguan. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah kanker kelenjar getah bening atau limfoma. 

Kanker kelenjar getah bening terjadi ketika sel-sel limfosit (sel darah putih) di dalamnya berkembang secara tidak normal. Kondisi ini menimbulkan berbagai gejala mengganggu. Seperti apa gejala kanker kelenjar getah bening yang perlu diwaspadai?

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Sebenarnya, kanker kelenjar getah bening punya banyak jenis, yang dikelompokkan menjadi dua kategori besar, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Setiap jenis kanker kelenjar getah bening bisa menimbulkan gejala yang berbeda. Bahkan, beberapa di antaranya bisa saja tidak menimbulkan gejala yang signifikan, terutama pada stadium awal.

Secara umum, berikut gejala kanker kelenjar getah bening yang perlu diwaspadai:

1.Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Ketika terjadi kanker kelenjar getah bening, sel limfosit yang abnormal akan berkembang dan menumpuk di kelenjar getah bening. Kemudian, hal ini menimbulkan pembengkakan pada kelenjar getah bening, terutama yang berada di leher, bawah ketiak, dan selangkangan. Kelenjar getah bening yang bengkak ini biasanya berbentuk bulat, lunak, bisa bergerak ketika disentuh, dan tidak terasa sakit. 

2.Demam dan Berkeringat Di Malam Hari

Demam adalah gejala dari banyak sekali penyakit, salah satunya adalah kanker kelenjar getah bening. Demam akibat kanker kelenjar getah bening terjadi karena sel limfosit menghasilkan zat kimia tertentu yang meningkatkan suhu tubuh. 

Mengutip dari laman Lymphoma Action, kanker kelenjar getah bening menyebabkan kenaikan suhu tubuh hingga 38 derajat Celcius. Umumnya, demam akibat kanker kelenjar getah bening akan datang dan pergi secara terus-menerus, serta menyebabkan tubuh banyak berkeringat di malam hari.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

3.Mudah lelah

Kelelahan setelah seharian beraktivitas itu wajar. Namun, pada kondisi kanker kelenjar getah bening, tubuh akan mudah lelah, dan tidak kunjung merasa membaik. 

4.Penurunan Berat Badan Tanpa Sebab yang Jelas

Gejala kanker kelenjar getah bening lainnya yang perlu diwaspadai adalah penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Tak main-main, penurunan berat badan bisa terjadi secara cepat dalam jangka waktu yang sangat pendek, padahal tidak sedang melakukan diet. Gejala ini umumnya terjadi pada jenis limfoma yang agresif, atau dengan sel kanker yang berkembang secara cepat.

Gejala ini terjadi karena sel kanker menghabiskan sumber energi di dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga jadi banyak menggunakan energi untuk menyingkirkan sel-sel kanker. Berat badan pengidap kanker kelenjar getah bening turun lebih dari 10 persen dari total berat badannya, dalam waktu 6 bulan.

5.Gatal-Gatal

Gatal-gatal pada kulit bisa jadi gejala kanker kelenjar getah bening. Area kulit yang terasa gatal biasanya adalah di sekitar kelenjar getah bening yang terkena sel kanker, di kaki bagian bawah, atau di seluruh tubuh. Kondisi ini terjadi karena zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh, sebagai reaksi terhadap sel kanker. 

Baca juga: Bengkak pada Kelenjar Getah Bening Anak, Hati-Hati Kanker Limfoma!

6.Rasa Begah di Perut

Kanker kelenjar getah bening juga bisa berkembang di kelenjar getah bening di perut atau sistem limfatik di hati atau limpa. Kondisi ini menyebabkan pembengkakan pada limpa, sehingga menimbulkan rasa sakit di bagian tulang rusuk sisi kiri, kembung, atau terasa seperti kenyang meski hanya mengonsumsi sedikit makanan.

Perut pun akan terasa begah, seperti kenyang atau kembung jika sel kanker telah memengaruhi hati dan membuat perut membengkak. Gejala kanker kelenjar getah bening lainnya juga bisa terjadi bila kanker kelenjar getah bening memengaruhi bagian perut, seperti sakit perut, diare, muntah, atau sembelit.

Itulah gejala umum kanker kelenjar getah bening. Selain gejala-gejala tersebut, masih banyak gejala lain yang juga bisa terjadi. Misalnya, sakit kepala, pusing, kejang, serta kaki dan lengan yang terasa lemah. Gejala tersebut umumnya terjadi jika kanker kelenjar getah bening mulai menyebar ke otak atau sistem saraf. 

Meski gejala-gejala yang dijelaskan tadi serupa dengan gejala penyakit lainnya, jangan anggap sepele, ya. Segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, agar gejala kanker kelenjar getah bening bisa cepat didiagnosis dan diobati. 

Referensi:
American Society of Hematology. Diakses pada 2020. Lymphoma.
Lymphoma Action. Diakses pada 2020. Symptoms of lymphoma.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Lymphoma.