20 April 2018

Bengkak pada Kelenjar Getah Bening Anak, Hati-Hati Kanker Limfoma!

Bengkak pada Kelenjar Getah Bening Anak, Hati-Hati Kanker Limfoma!

Halodoc, Jakarta — Salah satu kanker yang sering menyerang anak-anak adalah kanker limfoma. Pembengkakan pada limfosit merupakan salah satu gejala kanker pada anak ini. Selain pada anak-anak, jenis kanker ini juga masuk dalam 10 besar kanker paling sering menyerang orang dewasa muda.

Sel darah putih, terutama limfosit, sangat penting membangun ketahanan tubuh terhadap penyakit. Sel-sel ini akan melawan berbagai gangguan yang terjadi pada tubuh dengan membangun kekebalan tubuh. Pada tempat-tempat tertentu, sel-sel ini berkumpul untuk menyaring substansi-substansi yang disebut kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening bisa ditemukan dalam tubuh, terutama di leher, ketiak, selangkangan, di atas jantung, dan di sekitar pembuluh darah besar dalam perut. Limfoma adalah jenis kanker yang berkembang dan menyerang limfosit pada daerah tersebut yang ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Gejala limfoma biasanya ditandai dengan munculnya benjolan tanpa nyeri yang permanen dan membesar di sekitar leher, ketiak, atau selangkangan tanpa demam atau dengan demam yang terus-menerus. Gejalanya juga ditandai dengan keringat terus bercucuran dan penurunan berat badan tanpa sebab.

Kanker limfoma terbagi menjadi limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Terdapat berbagai jenis limfoma non-Hodgkin. Ukuran dan bentuk sel-sel kanker dan susunan sel-sel kanker di kelenjar getah bening menentukan jenis limfoma non-Hodgkin. Limfoma non-Hodgkin selanjutnya dibagi lebih lanjut menjadi kelompok agresif (tingkat tinggi) dan tumbuh lambat (tingkat rendah). Limfoma Hodgkin didiagnosis ketika sel-sel kanker tertentu muncul.

Nah, jika kamu menemukan gejala kanker pada anak seperti gejala pada kanker limfoma, sebaiknya segera lakukan penanganan. Kamu juga bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Selain itu, di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan  lewat layanan Pharmachy Delivery, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Ayo,  download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.