• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-Paru

Inilah Makanan Terbaik untuk Kesehatan Paru-Paru

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Paru-paru adalah salah satu organ penting di dalam tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya karena fungsinya yang vital. Organ yang berhubungan dengan sistem pernapasan ini perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatannya. Maka dari itu, kamu harus tahu makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Berikut ulasan lengkapnya!

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Semua orang tahu paru-paru memiliki peranan penting bagi tubuh untuk bernapas, tetapi terkadang udara yang terhirup juga bersamaan dengan polusi dan asap rokok. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah yang berhubungan dengan pernapasan, seperti asma, bronkitis, fibrosis kistik, hingga pneumonia. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Baca juga: Inilah 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Pola makan dan gaya hidup yang sehat dapat menjauhkan kamu dari berbagai dampak buruk yang berhubungan dengan paru-paru. Dengan melakukan hal tersebut, risiko dari penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan menjadi lebih kecil. Nah, berikut ini beberapa makanan yang wajib dikonsumsi secara teratur agar paru-paru kamu terjaga kesehatannya:

1. Ikan Berlemak

Makanan pertama yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah ikan berlemak. Ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang disebut sangat baik untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Kandungan ini sangat bermanfaat terutama pada seseorang yang mengidap penyakit paru-paru kronis. Asam lemak omega-3 dapat membantu peradangan dan mengurangi risiko infeksi yang dapat terjadi.

2. Apel

Apel juga termasuk salah satu makanan yang dapat menyehatkan paru-paru jika dikonsumsi secara teratur. Ini karena apel kaya akan kandungan vitamin C, E, dan beta-karoten. Asupan apel secara rutin dapat menurunkan risiko penurunan fungsi paru-paru, terutama pada mantan perokok, yang berhubungan dengan COPD. Selain itu, apel dihubungkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru.

Baca juga: Mau Paru-Paru Selalu Sehat? Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

3. Brokoli

Kamu juga dapat mengonsumsi brokoli secara rutin untuk menjaga kesehatan paru-paru. Brokoli dapat bermanfaat sebagai pencegahan penyakit yang dapat mengganggu paru-paru. Ini karena kandungan Sulforaphane dalam sayur tersebut dapat menghasilkan enzim pelindung untuk mengurangi risiko terjadinya asma, penyakit paru obstruktif, hingga penyakit pernapasan lainnya. Beberapa sayur lainnya yang memiliki manfaat sama adalah kubis dan kangkung.

Selain itu, apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara yang efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang paling jitu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait kesehatan cukup menggunakan smartphone kamu!

4. Kacang Brazil

Untuk mencegah penyakit paru-paru kronis, kamu dapat lebih banyak mengonsumsi kacang-kacangan agar organ tersebut lebih sehat. Beberapa jenis kacang ini mengandung lebih rendah lemak sehat dan tinggi akan karbohidrat. Namun, diet tinggi karbohidrat dari makanan ini dapat meningkatkan tingkat peradangan jaringan paru-paru. Meski begitu, beberapa jenis kacang dapat membantu untuk mengurangi peradangan tersebut, seperti kacang Brazil, hazelnut, dan almond.

Baca juga: 4 Makanan Sehat yang Baik untuk Kinerja Paru-Paru

5. Berry

Segala jenis berry kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi paru-paru dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di dalam tubuh. Beberapa jenis berry tersebut adalah blueberry, cranberry, anggur, dan stroberi, sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi jenis buah ini agar tubuh, terutama paru-paru, tetap terjaga kesehatannya.

Setelah mengetahui beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru, diharapkan segala risiko dari penyakit pada organ tersebut dapat dihindari. Hal ini lebih efektif untuk dilakukan para mantan perokok yang ingin memiliki paru-paru bersih dari segala kandungan yang masuk ke tubuh dari kebiasaan buruk tersebut. Selalu ingat, kesehatan adalah hal yang paling utama dalam kehidupan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 20 Best Foods for Lung Health.
Power Breathe. Diakses pada 2020. Foods for Keeping Your Lungs Healthy.