Inilah Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi ternyata tidak lagi menjadi penyakit orang dewasa karena ternyata pengidapnya bisa lebih muda. Ini dikatakan oleh Lauren Loeffler, MD, MHS, seorang ahli nefrologi di Johns Hopkins Children's Center.

Penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins Children's Center mencatat dari 6.036 anak muda, lebih dari 3 persen remaja memiliki tekanan darah tinggi, dan sepertiga kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, 6 persen dari anak laki-laki dan 9 persen dari anak perempuan dalam penelitian ini memiliki kadar asam urat yang sangat tinggi.

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, rata-rata memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi  dan tekanan darah meningkat ketika kadar asam urat naik. Selain itu, hubungan antara peningkatan tekanan darah dan asam urat tinggi sejak usia muda dipicu oleh faktor-faktor yang dapat memengaruhi tekanan darah, termasuk diabetes, kolesterol tinggi, indeks massa tubuh tinggi, dan kebiasaan merokok. Temuan ini menunjukkan bahwa asam urat dapat menjadi pendorong independen tekanan darah tinggi.

Asam urat adalah zat kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah makanan yang mengandung senyawa organik yang disebut purin. Makanan dan minuman dengan kadar purin tinggi, termasuk hati, teri, makerel, kacang kering, bir, dan anggur. Tingginya kadar asam urat memiliki potensi untuk menyebabkan asam urat, diabetes, dan penyakit ginjal kronis.

Mengalami tekanan darah tinggi pada masa anak-anak dan remaja adalah masalah kesehatan yang semakin penting. Tekanan darah tinggi di masa kanak-kanak dapat menyebabkan hipertensi di masa dewasa. Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak bukti yang mendukung peran asam urat pada hipertensi.

Asam urat sangat mungkin memainkan peran yang menyebabkan peningkatan tekanan darah di kemudian hari. Kelahiran prematur dan berat plasenta yang rendah secara signifikan terkait dengan peningkatan konsentrasi serum asam urat.

Dimulai Sejak Dalam Kandungan?

Paparan faktor risiko yang mengancam kesehatan seseorang dimulai selama periode pranatal. Namun, tingkat paparan dapat dimodifikasi saat hidup. Oleh karena itu, meskipun anak-anak dilahirkan dengan kondisi kelahiran yang buruk (seperti, prematur atau berat lahir rendah), tetapi manajemen yang tepat untuk mengontrol tekanan darah tinggi selama masa kanak-kanak dapat membantu dalam kehidupan selanjutnya.

Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertahankan kadar asam urat yang tepat sejak awal kehidupan. Pemantauan dan intervensi kadar asam urat yang tepat sejak dini, terutama buat anak-anak dengan riwayat keluarga hipertensi dapat mengurangi risiko peningkatan tekanan darah di masa depan.

Sehat Sejak Awal dengan Pola Makan Tepat

Iklan di televisi dan membiasakan hal-hal yang sebenarnya memberikan dampak tidak sehat dalam tubuh adalah penyebab kenapa penyakit-penyakit yang umumnya mengidap pada tubuh orang dewasa dimiliki oleh anak-anak sejak dini.

Menetapkan pola hidup dan makanan sehat sejak awal dapat berdampak besar bagi kesehatan anak-anak, membantu menstabilkan energi, menajamkan pikiran, dan bahkan suasana hati mereka.

Pola makan yang sehat juga dapat memiliki kaitan mendalam pada perkembangan mental dan emosional anak, membantu mencegah kondisi, seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, dan ADHD.

Sebagaimana anak-anak meniru yang di dekatnya, maka sudah semestinya orangtua ataupun orang dewasa memberikan contoh yang baik. Menciptakan suasana santap keluarga yang menyebabkan anak merasakan kenyamanan saat makan.

Mengetahui seluruh keluarga akan duduk saat makan dapat sangat menghibur bagi anak-anak dan meningkatkan nafsu makan. Santap bersama juga bisa menawarkan kesempatan keluarga menciptakan interaksi, sehingga menjadi sesuatu yang diharapkan anak untuk terjadi setiap harinya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyebab asam urat di usia muda serta serta manfaatnya untuk kesehatan jantung ataupun kesehatan tubuh lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: