• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, serta sensasi rasa terbakar di area persendian. Penyakit ini umum menyerang persendian area jari tangan, pergelangan kaki, jari kaki, serta lutut. Bahayanya, penyakit ini tidak hanya dialami oleh orang tua saja, asam urat juga menyerang di usia muda. Apa penyebabnya?

Baca juga: Perbedaan Rematik dan Asam Urat

Apa Penyebab Asam Urat di Usia Muda?

Belakangan ini penyakit asam urat kerap dialami oleh usia muda. Asam urat sendiri sebenarnya adalah hasil akhir metabolisme makanan yang akan diolah menjadi urine. Ketika kadarnya terlalu tinggi, hal tersebut menandakan kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang menyebabkan terhambatnya pembuangan. Akibatnya, tubuh terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi batas normal.

Asam urat di usia remaja menandakan jika pengidap terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Saat zat tersebut dicerna oleh tubuh, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi, ketika kamu mengonsumsi makanan dengan purin tinggi, maka otomatis kadar asam urat dalam tubuh akan menyeimbangi.

Baca juga: Catat 5 Penyebab Asam Urat Ini

Pola Makan yang Buruk Jadi Penyebab Utama

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula orang-orang yang acuh tak acuh dengan kandungan makanan yang dikonsumsi. Jika mereka menyadarinya, hal tersebutlah yang bisa memicu terbentuknya asam urat dalam tubuh.

Bukan hanya pola makan, faktor genetik pun memengaruhi. Ketika salah satu dari anggota keluarga memiliki riwayat penyakit yang sama, maka besar kemungkinan asam urat diturunkan pada anak cucu kelak. 

Jadi, ketika kamu memiliki riwayat penyakit asam urat dan kamu gemar mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kamu wajib berhati-hati dengan melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit terdekat guna mencegah terjadinya penyakit asam urat.

Bukan hanya itu, penyakit asam urat akan dengan mudah menyerang pada orang-orang yang mengidap obesitas, diabetes, hipertensi, serta penyakit ginjal. Bagi kamu yang telah memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya hindari sejumlah makanan berikut, ya!

  • Soda dan Minuman Beralkohol

Kedua jenis minuman ini memicu naiknya asam urat dalam tubuh. Ditambah dengan pemanis buatan di dalamnya, minuman ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi banyak purin. 

  • Beberapa Jenis Sayuran Hijau

Sayuran hijau tentu sangat baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh, tapi beberapa jenis sayuran hijau juga dapat memicu meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Pengidap asam urat, beberapa jenis sayuran hijau yang harus dihindari, yaitu asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur.

  • Daging-Dagingan

Tahukah kamu jika protein dalam makanan dapat menyebabkan kambuhnya asam urat dalam tubuh? Protein yang dimaksud terkandung dalam daging sapi, ayam, serta makanan laut. Daging-dagingan tersebut diketahui mengandung 150 miligram purin di setiap 100 gram berat daging.

Baca juga: Ketahui Tanda-Tanda Kolesterol dan Asam Urat

Selain menghindari berbagai jenis makanan tersebut, asam urat di usia muda dapat dihindari dengan selalu menjaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, banyak konsumsi air putih, kelola stres dengan baik, serta rutin berolahraga. Ketika pola hidup sehat telah dilakukan, kamu tidak hanya terhindar dari penyakit asam urat saja, tapi juga penyakit lainnya yang berpotensi untuk membahayakan kesehatanmu.

 

Referensi: 

NCBI. Diakses pada 2020. Clinical Characteristics of Early- and Late-Onset Gout.

Healthline. Diakses pada 2020. Gout Causes.

Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Gout.