12 February 2019

Inilah Perawatan Rumahan untuk Atasi Sakit Lutut

Inilah Perawatan Rumahan untuk Atasi Sakit Lutut

Halodoc, Jakarta - Penyebab sakit lutut beragam, mulai dari keseleo, cedera, dan radang sendi (arthritis). Tingkat keparahannya bervariasi dari ringan, sedang, hingga berat. Sebelum gejala sakit lutut diatasi, kamu perlu mengidentifikasi penyebabnya. Jika tergolong parah, kamu perlu mencari bantuan medis. Sakit lutut parah bisa menjadi gejala arthritis ekstrim yang memerlukan pembedahan.

Jika sakit lutut tergolong ringan, ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba di rumah. Perawatan ini hanya memerlukan bahan yang mudah dicari atau aktivitas yang mudah dilakukan. Cara ini telah dianggap efektif untuk meredakan gejala sakit lutut ringan. Yuk, ketahui lebih lanjut di sini.

Baca Juga: 4 Olahraga yang Bisa Menyebabkan Nyeri Lutut

  1. Olahraga Ringan

Mengalami sakit lutut bukan berarti dilarang untuk berolahraga. Olahraga perlu dilakukan secara rutin (setidaknya 20-30 menit per hari) untuk menjaga gerakan sendi dan mengurangi nyeri lutut. Pasalnya, kurangnya aktivitas fisik (termasuk jarang berolahraga) membuat sendi kaku dan memperburuk sakit lutut yang diidap.

  1. Terapi Panas dan Dingin

Kamu bisa menggunakan bantalan pemanas untuk mengistirahatkan lutut saat berbaring. Hal ini berfungsi merilekskan sendi. Mengompres lutut yang sakit juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Aktivitas ini dilakukan secara bergantian, menggunakan kompres dingin (es) dan panas. Gunakan es lebih sering selama 24 jam pertama setelah cedera.

  1. Salep Herbal

Salep herbal dibuat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Untuk membuat salep ini, kamu perlu mencampurkan kayu manis, jahe, damar wangi, dan minyak wijen hingga menjadi pasta. Menurut para ahli, salep ini sama efektifnya dengan krim arthritis bebas yang mengandung salisilat. Penelitian juga membuktikan, salep ini ampuh meredakan nyeri sakit lutut.

Baca Juga: Inilah 6 Olahraga Ringan untuk Pengidap Sakit Lutut

  1. Ekstrak Jahe

Campurkan akar jahe dan teh untuk menghilangkan sakit perut dan mual. Ekstrak jahe juga bisa meredakan nyeri sakit lutut. Sebuah studi menemukan bahwa jahe membantu mengurangi rasa sakit jika dikombinasikan dengan pengobatan resep untuk arthritis.

  1. Glukosamin dan Kondroitin Sulfat

Glucosamine dan chondroitin sulfate adalah dua suplemen yang sangat populer dalam beberapa dekade terakhir. Banyak iklan komersial yang mempromosikan suplemen ini untuk kesehatan sendi. Meski sebuah studi menganggap kombinasi ini hanya memberikan efek minimal, kedua suplemen dianggap bermanfaat bagi pengidap sakit lutut atau nyeri sendi yang tergolong parah.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Sakit Lutut Parah yang Tak Tertahankan

Itulah beberapa cara meredakan sakit lutut yang bisa dilakukan di rumah. Namun sebelum kamu mencobanya, disarankan untuk berdiskusi dengan dokter Halodoc terlebih dahulu. Alasannya karena beberapa suplemen dapat berinteraksi dengan obat lain atau memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!