Perkembangan Bayi 5 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Perkembangan Bayi 5 Bulan

Halodoc, Jakarta - Banyak orangtua yang sangat senang melihat pertumbuhan anaknya dari waktu ke waktu. Dari awal dilahirkan yang hanya bisa tidur dan menangis, akhirnya dapat memakan tangan hingga memiringkan badan, serta tengkurap. Dengan hal tersebut, perasaan bahagia yang dirasakan sangat terasa.

Salah satu hal yang sangat terlihat pertumbuhannya adalah ketika bayi sudah mencapai usia 5 bulan. Bayi sudah mengalami banyak pertumbuhan dan menjadi sangat aktif. Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu indikator yang harus dilalui bayi saat usia 5 bulan. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Begini Perkembangan Janin dalam Kandungan di Usia 5 Bulan

Perkembangan Bayi pada Usia 5 Bulan

Perkembangan bayi ketika mencapai usia 5 bulan adalah masa transisi yang penting untuknya. Kamu dapat mengharapkan dirinya untuk melihat usaha untuk ucapan pertamanya dalam rentang usia ini. Selain itu, tubuhnya juga sudah siap untuk merangkak, ada baiknya untuk bersiap agar dirinya mempunyai ruang yang cukup.

Walau begitu, setiap bayi berbeda dan mempunyai kecepatan untuk berkembang sendiri-sendiri. Namun, indikator bayi ketika mencapai usia 5 bulan adalah berat tubuh yang telah mencapai dua kali lipat dari melahirkan. Rata-rata pertumbuhan bayi setelah lahir adalah sekitar 0,5 kilogram untuk berat dan 2 sentimeter untuk panjangnya.

Apa saja hal yang terlihat meningkat dengan jelas pada bayi dengan usia 5 bulan? Berikut bahasan lengkapnya:

  1. Keterampilan Motorik

Salah satu perkembangan bayi yang dapat terjadi saat usia 5 bulan adalah meningkatnya keterampilan motorik. Bayi yang telah mencapai usia ini telah dapat duduk tegak untuk waktu yang lama. Walau begitu, mungkin saja bayi ibu masih perlu ditopang dengan bantal. Namun, tanpa alat penopang juga dapat duduk untuk beberapa detik.

Beberapa anak dengan usia 5 bulan sudah dapat berguling dari punggung dan kembali ke posisi telentang. Begitu bayi tersebut berguling, kamu mungkin melihat gerakan kakinya dan mengayun. Tidak berapa lama lagi dirinya sudah siap untuk merangkak. Kamu harus terus menjaga keselamatan bayi agar tidak terluka.

Bayi juga telah memiliki genggaman tangan yang lebih kuat. Anak ibu sudah dapat menarik benda yang berada dekat dengan tangannya dan memindahkannya dari satu tangan ke tangan lainnya. Bahkan, botol minum yang biasanya harus dipegangi sudah mulai dipegang oleh diri sendiri.

Baca juga: Tahapan Penting Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

  1. Peningkatan Indra

Saat usia 5 bulan, perkembangan anak yang berhubungan dengan visi sudah semakin baik. Walaupun bayi belum memiliki penglihatan yang sempurna, tetapi dirinya telah dapat melihat dengan baik dari jarak tertentu. Selain itu, penggambaran warna telah terjadi antara dua warna yang berbeda. Namun, warna primer masih menjadi kesukaannya, yaitu merah, biru, dan kuning.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait perkembangan anak di usia 5 bulan, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi ini.

  1. Membaiknya Komunikasi

Perkembangan bayi ketika sudah berusia 5 bulan adalah dirinya sudah mulai mengoceh dan ucapannya sudah mendekati kata-kata asli. Anak ibu mungkin sudah mulai menyatukan suara konsonan dan vokal. Walau begitu, bayi belum mempunyai makna tertentu terkait ucapan yang keluar dari mulutnya.

Bayi juga sudah mulai memahami suara yang didengarnya, seperti suara motor atau televisi ketika dinyalakan. Meski belum memahami kata-kata, anak tersebut akan mencari sumber suara apabila namanya dipanggil oleh seseorang atau mendengar suara yang familiar untuknya.

Baca juga: Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

  1. Cara Tidur

Sebagian besar bayi juga akan tidur sepanjang malam ketika telah berusia 5 bulan, walaupun tidak semuanya. Agar bayi dapat tidur sepanjang malam, cobalah untuk membuatkan ritme tidur yang teratur. Kamu dapat memandikannya dengan air hangat, lalu nyanyikan lagu atau bercerita, yang akhirnya matanya akan mulai mengantuk.

Pada siang hari, bayi masih membutuhkan dua kali tidur siang, yaitu satu di pagi hari dan satu setelah makan siang. Cobalah untuk tidak menunda hal tersebut hingga bayi ibu rewel dan menangis. Atur posisi untuk tidur apabila sudah ada tanda-tanda mengantuk.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Baby Development: Your 5-Month-Old
Parents. Diakses pada 2019. 20 Week Old Baby Development