• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tahapan Stadium Kanker Sarkoma Ewing

Inilah Tahapan Stadium Kanker Sarkoma Ewing

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Inilah Tahapan Stadium Kanker Sarkoma Ewing

Halodoc, Jakarta – Sarkoma Ewing merupakan jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini ditandai dengan munculnya tumor ganas di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Namun, Sarkoma Ewing pada dasarnya adalah jenis penyakit yang sangat jarang terjadi.

Jenis kanker ini bisa muncul dan berkembang di tulang pada bagian tubuh mana pun. Namun, jenis kanker ini cukup sering ditemukan pada tulang paha, tulang lengan atas, tulang kering, serta tulang panggul. Sama seperti jenis kanker lainnya, Sarkoma Ewing juga berkembang dalam beberapa tahapan stadium. 

Baca juga: Apakah Kanker Sarkoma Ewing Bisa Dicegah? 

Stadium Kanker Sarkoma Ewing yang Perlu Diketahui

Jenis kanker ini cukup sering ditemukan pada anak-anak. Kanker Sarkoma Ewing bisa berkembang di tulang bagian mana saja. Selain itu, tumor terkadang juga bisa muncul di jaringan sekitar tulang, seperti jaringan ikat, otot, atau jaringan lemak. Kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan, sehingga tidak menimbulkan komplikasi. 

Sebaliknya, Sarkoma Ewing yang ditangani dengan tepat dan cepat cenderung memiliki peluang sembuh yang lebih tinggi. Maka dari itu, pemeriksaan dan pengobatan perlu segera dilakukan jika muncul gejala penyakit kanker Sarkoma Ewing. 

Jika ragu, kamu bisa coba bertanya pada dokter seputar penyakit ini. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter tepercaya. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play. 

Sebenarnya, gejala penyakit ini bisa bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi tumor muncul. Namun secara umum, gejala utama dari penyakit ini adalah nyeri serta pembengkakan di area munculnya tumor. Sarkoma Ewing bisa menyebabkan tumor muncul di lengan, panggul, tungkai, atau dada. Gejala biasanya akan muncul saat tumor mulai membesar dan menekan jaringan di sekitarnya. 

Rasa nyeri yang muncul biasanya akan berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Biasanya, rasa sakit akan semakin memburuk pada malam hari atau saat berolahraga. Selain nyeri, kanker ini juga bisa menyebabkan muncul benjolan di permukaan kulit yang terasa hangat dan menimbulkan luka ketika disentuh.

Baca juga: Siapa Saja yang Berisiko Mengidap Kanker Sarkoma Ewing? 

Penyakit ini juga bisa ditandai dengan demam yang hilang timbul, tubuh mudah lelah, penurunan nafsu makan, berat badan turun, patah tulang tanpa sebab, serta kelumpuhan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan inkontinensia urine, jika tumor terletak di dekat tulang belakang. Kanker Sarkoma Ewing dibedakan menjadi beberapa stadium. 

Stadium Ewing's Sarkoma ditentukan tergantung pada tingkat penyebaran tumor. Secara sederhana, jenis kanker ini dibagi menjadi dua stadium, yaitu: 

  1. Sarkoma Ewing Lokal 

Sarkoma Ewing lokal (localized Ewing’s sarcoma) adalah stadium yang pertama. Pada tahap ini, tumor mulai menyebar ke jaringan tubuh terdekat. Tumor biasanya mulai ditemukan pada otot dan tendon, tetapi belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

  1. Sarkoma Ewing Metastasis 

Sarkoma Ewing metastasis adalah stadium yang lebih parah. Dalam tingkat ini, tumor sudah menyebar hingga ke bagian tubuh lain yang lebih jauh dari tempat awal tumor. Pada tahap ini, tumor mungkin sudah ditemukan di paru-paru, sumsum tulang, hingga ke organ hati atau kelenjar getah bening. 

Baca juga: Di Bagian Tubuh Mana Saja Kanker Sarkoma Ewing Dapat Muncul? 

Mau tahu lebih lanjut seputar stadium kanker sarkoma ewing? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ewing Sarcoma.
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Ewing’s Sarcoma?