Intensitas Lebih Tinggi, Ini Manfaat Strong By Zumba

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Intensitas Lebih Tinggi, Ini Manfaat Strong By Zumba

Halodoc, Jakarta - Berolahraga baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh tiap orang. Selain itu, kamu juga dapat menjaga berat badan kamu tetap terjaga. Terdapat banyak olahraga yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah Strong by Zumba. Kegiatan menyehatkan ini sedang banyak diperbincangkan di dunia maya.

Strong by Zumba adalah olahraga dengan intensitas tinggi yang berfungsi untuk membentuk otot dan menurunkan berat tubuh. Walau begitu, manfaat yang diterima oleh tubuh lebih dari sekedar dua hal tersebut. Berikut manfaat yang bisa dirasakan dari rutin melakukan Strong by Zumba.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Zumba untuk Kesehatan

Manfaat dari Strong by Zumba

Belakangan ini, banyak orang yang mengetahui tentang olahraga baru yang berasosiasi dengan zumba, yaitu Strong by Zumba. Olahraga ini adalah inovasi latihan yang menggabungkan antara latihan untuk menurunkan berat tubuh, kardio, dan plyometric yang dilakukan dengan musik pilihan.

Walau begitu, Zumba dan Strong by Zumba adalah dua hal yang berbeda. Pada zumba biasa, olahraga ini mengombinasikan tarian dengan gerakan aerobik yang diiringi musik. Gerakannya berupa campuran tarian salsa dan latin, sehingga tubuh kamu aktif bergerak. Pada latihan ini, kamu dapat membakar 600 kalori dalam satu jam.

Berbeda lagi dengan zumba, Strong by Zumba tidak ada unsur tarian sedikitpun ketika dilakukan. Jenis olahraga ini masuk dalam kategori high intensity interval training (HIIT). Ketika dilakukan, seseorang melakukan gerakan dalam 4 tahap dan intensitasnya akan semakin tinggi pada tiap tahap yang dilewati.

Olahraga dengan intensitas tinggi ini fokus pada gerakan kuat untuk melakukan kardio dan kondisi otot. Gerakan yang umum dilakukan adalah squat, lunges, knee lift, dan plank. Selain itu, kombinasi gerakan dari tinju, seperti menonjok dan menendang juga dapat dilakukan.

Strong by Zumba memiliki intensitas gerakan yang tinggi pada tiap tahapnya sehingga banyak manfaat yang dirasakan pada tubuh. Berikut ini manfaat dari Strong by Zumba, yaitu:

  1. Mengencangkan Otot Tubuh

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan dari Strong by Zumba adalah mengencangkan otot tubuh. Saat melakukan olahraga ini, kamu melakukan gerakan squat, plank, serta burpee untuk dilakukan. Manfaat dari gerakan tersebut adalah mengencangkan otot perut, kaki, otot pinggul, dan lengan.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

  1. Membakar Kalori Tubuh

Manfaat lainnya yang dirasakan dari olahraga intensitas tinggi ini adalah membakar kalori pada tubuh. Gerakan intensitas tinggi dan pengondisian pada otot menyebabkan kalori terbakar lebih banyak. Semakin tinggi intensitas olahraganya, semakin besar kalori yang dibakar. Maka dari itu, berat tubuh kamu akan berkurang drastis.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Selain pembakaran lemak dan kalori, kamu juga meningkatkan metabolisme pada tubuh dengan olahraga ini. Gerakan intensitas tinggi ini merangsang produksi hormon pertumbuhan sehari setelah melakukan latihan. Dampak lainnya adalah olahraga ini dapat memperlambat proses penuaan, sehingga kamu tampak lebih muda di dalam maupun di luar.

Baca juga: 6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

  1. Membentuk Otot

Kamu dapat menghasilkan otot yang maksimal dengan Strong by Zumba. Latihan beban maupun HIIT membuat tubuh untuk mempertahankan otot. Hal ini dapat menurunkan berat badan kamu yang berasal dari simpanan lemak pada tubuh.

Itulah manfaat dari Strong by Zumba yang bisa dirasakan saat melakukannya secara rutin. Imbangi pula olahraga yang dilakukan dengan pola makan yang sehat dan kualitas tidur yang cukup agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Referensi:
ihrsa.org .Diakses pada 2019.How STRONG by Zumba’s High-Intensity Workout Will Get Your Gym Members Moving
eafit.ca .Diakses pada 2019.Benefits of HIIT & STRONG by Zumba Launch