Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui 4 Manfaat Zumba bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Zumba adalah jenis olahraga dengan memadukan tarian salsa dan gerakan tari Latin. Olahraga ini memasukkan gerakan senam aerobik dan terkesan seperti olahraga sambil menari. Zumba dilakukan dengan iringan musik yang menjadikan olahraga ini digemari oleh berbagai kalangan, terutama wanita.

Zumba diciptakan tanpa sengaja oleh Alberto Perez, seorang instruktur olahraga yang menggunakan musik dansa untuk senam aerobik. Dikarenakan banyak yang menyukai perpaduan musik dansa dengan senam aerobik, Alberto menggandeng pengusaha untuk menjual DVD senam dengan musik Latin yang ia beri nama zumba.

Apa Saja Manfaat Zumba bagi Kesehatan?

Ada banyak manfaat zumba yang didapat dari senam ini untuk kesehatan. Di antaranya adalah:

1. Membakar Kalori

Satu kali latihan zumba bisa membakar 400 – 600 kalori per jam. Alasannya zumba dapat membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan. Perpaduan berbagai gerakan seperti hip-hop, cha-cha, salsa, dan tari perut membantu membentuk tubuh lebih ideal.

2. Meningkatkan Koordinasi Antar Gerakan Tubuh

Senam zumba memungkinkan gerakan tubuh secara menyeluruh dan bisa meningkatkan koordinasi antar gerakan tubuh. Manfaat zumba bagi kesehatan membantu meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Gerakan zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang belakang, seperti otot punggung, bokong, perut, dan paha.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Perpaduan antara gerakan yang riang dan iringan musik saat zumba bisa memperbaiki suasana hati, bahkan membantu mencegah stres dan depresi. Senam zumba bisa meningkatkan rasa percaya diri, membuat bahagia, dan merasa berenergi. Zumba dapat menjadi momen bersosialisasi dan bertemu teman baru karena dilakukan bersama-sama.

4. Mempertajam Daya Ingat

Zumba bisa membantu mempertajam daya ingat. Alasannya saat melakukan zumba, kamu perlu mengingat tahap demi tahap gerakan agar bisa melakukan zumba dengan baik dan benar.

5. Menurunkan Risiko Penyakit

Gerakan senam zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh, sehingga bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Bagaimana Panduan Zumba bagi Pemula?

Jika kamu berencana melakukan zumba, perhatikan beberapa hal ini untuk meminimalkan cedera. Berikut panduan zumba yang bisa diterapkan bagi pemula:

  • Mengikuti kelas zumba dengan instruktur yang telah berpengalaman dan memiliki sertifikasi. Pastikan memberitahu instruktur bahwa kamu baru memulai zumba, sehingga intensitas dan durasi zumba bisa disesuaikan.
  • Lakukan pemanasan sebelum zumba dan pendinginan setelah zumba.
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar kamu bisa bergerak bebas dan untuk meminimalkan cedera di kaki.
  • Sediakan air minum saat hendak zumba, sehingga kamu bisa meminumnya saat merasa haus di tengah-tengah kelas zumba.
  • Lepaskan semua perhiasan atau aksesori di tangan saat zumba. Ini untuk meminimalkan risiko terluka akibat aksesori yang digunakan.

Itulah empat manfaat zumba bagi kesehatan yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat zumba, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Untuk berbicara pada dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Video/Voice Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: