Jalani Real Food, Dewi Hughes Sukses Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Jika kamu familiar dengan MC kawakan bernama Dewi Hughes, kini ia memiliki penampilan yang sangat berbeda. Dewi Hughes dulu memiliki tubuh lebih berisi, kini dia terlihat lebih sehat dan segar dengan bobot tubuh ideal. Ia sukses menurunkan berat badannya hingga 90 kilogram berkat diet yang dilakukannya bernama real food

Real food atau yang juga dikenal dengan clean eating adalah mengonsumsi makanan utuh dengan bahan tunggal. Sebagian besar bahan makanan tidak diproses, bebas dari bahan kimia tambahan, dan kaya nutrisi. Meskipun makanan olahan lebih enak, kebanyakan makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh. Karenanya, penting untuk memilih makanan dengan bijak.

Baca juga: Menu Diet Sehat Bebas Kalori

Dengan menjalani diet real food mungkin merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup tinggi. Kamu juga dapat berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai gizi dan nutrisi yang didapat saat menjalani diet real food.

Cara Mudah Menjalani Real Food

Tentu kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan yang ideal. Nah, cara menerapkan real food ini bisa kamu coba, lho!

1. Makan Lebih Banyak Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang membantu melawan peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Sayuran dan buah segar sangat ideal untuk real food dan clean eating, karena sebagian besar dapat dikonsumsi mentah setelah dipetik dan dicuci. Memiliki produk organik dapat mengurangi paparan pestisida yang berpotensi meningkatkan kesehatan kamu.

2. Batasi Makanan Olahan

Makanan olahan secara langsung bertentangan dengan gaya hidup real food, karena mereka telah dimodifikasi dari keadaan alami mereka. Sebagian besar makanan olahan telah kehilangan sebagian serat dan nutrisi, tetapi justru mengandung banyak gula, bahan kimia, atau bahan lainnya. Apalagi makanan olahan telah dikaitkan dengan peradangan dan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet

3. Berhenti Makan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan merupakan makanan yang mudah dikonsumsi tapi mengandung sedikit gizi dan nutrisi. Dibanding mengonsumsi karbohidrat olahan, lebih baik mengonsumsi biji-bijian utuh yang menyediakan lebih banyak nutrisi dan serat dan dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan usus. 

4. Hindari Gula Tambahan

Sangat penting untuk menghindari gula tambahan jika kamu mencoba diet real food. Terlebih lagi, sumber gula alami juga memiliki nilai gizi yang sedikit. Untuk makan makanan yang benar-benar real food, cobalah mengonsumsi makanan dalam keadaan alami tanpa pemanis. Belajarlah untuk menghargai manisnya buah dan rasa halus kacang dan makanan utuh lainnya. 

5. Jadikan Air Sebagai Minuman Utama

Air merupakan minuman paling sehat dan paling alami yang dapat kamu minum. Air tidak mengandung zat aditif, gula, pemanis buatan, atau bahan-bahan lainnya. Ini adalah minuman terbersih yang dapat kamu minum. Air juga dapat membuat kamu terhidrasi dan membantu kamu mencapai berat badan yang sehat. 

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Program DASH

6. Pilih Makanan dari Hewan yang Dipelihara Secara Etis

Selain makanan segar dan tidak diolah, makanan yang bersih melibatkan pemilihan makanan yang berasal dari hewan yang dipelihara secara etis. Ternak sering dipelihara di peternakan yang padat dan tidak bersih. Hewan-hewan tersebut biasanya diberi antibiotik untuk mencegah infeksi dan disuntikkan dengan hormon seperti estrogen dan testosteron untuk memaksimalkan pertumbuhan. Selain itu, sebagian besar ternak di pertanian industri diberi makan biji-bijian daripada makanan alami rumput. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. 11 Simple Ways to Start Clean Eating Today.