31 January 2018

Jangan Disepelekan! Ini Pentingnya Fase Merangkak pada Bayi

Jangan Disepelekan! Ini Pentingnya Fase Merangkak pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Menyaksikan pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati adalah hal yang paling ditunggu oleh para orang tua. Karena seiring berjalannya waktu, si kecil akan melewati berbagai proses menuju kedewasaan.

Sebagai orang tua, sah-sah saja jika ibu merasa bersemangat dalam menjalani proses ini. Namun jangan terlalu buru-buru. Apalagi kalau sampai “memaksa” si kecil untuk melewatkan beberapa fase. Seperti merangkak.

Nyatanya fase merangkak adalah satu hal yang sering terabaikan, padahal ada banyak manfaat dan banyak hal yang bisa dipelajari jika bayi tidak melewatkan proses apapun dalam tumbuh kembangnya. Meski terlihat sepele, ibu sebaiknya mengurungkan niat untuk melewatkan fase merangkak pada anak. Ini manfaat yang bisa didapatkan bayi selama belajar merangkak!

  1. Kekuatan fisik

Peningkatan kekuatan fisik si kecil menjadi satu manfaat yang bisa didapat dari merangkak. Sebab saat merangkak, anak akan banyak melakukan gerakan yang melibatkan bagian tubuh. Terutama otot di seputar tangan dan kaki yang menjadi tumpuan bayi saat merangkak.

Merangkak terutama akan bermanfaat untuk melatih otot-otot di sekitar tangan dan jari si kecil. Saat bayi mulai merangkak, ia akan lebih banyak menumpukan beban pada bagian tangan sehingga akan terbentuk jari-jari dan tulang yang lebih kuat.

Dalam jangka panjang, hal ini juga berguna agar anak memiliki kemampuan untuk mengontrol diri dan mulai mengenali fungsi dari kedua tangan. Hal tersebut pun berlaku pada kedua kaki bayi. Karena kedua kaki si kecil pun ikut aktif selama merangkak.

  1. Melatih keseimbangan

Merangkak juga berguna untuk melatih keseimbangan si kecil. Saat merangkak, bayi mungkin akan sesekali terlihat “beristirahat” dengan cara mengambil sikap duduk. Namun biasanya hal itu tidak berlangsung lama karena ia akan kembali dan mencoba merangkak.

Hal tersebut menunjukkan bahwa si kecil mulai memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Nyatanya merangkak juga merangsang anak untuk mengenali batas dan mengetahui kapan dirinya cukup lemah dan harus berhenti melakukan sesuatu.

  1. Melatih penglihatan

Kemampuan visual dan kemampuan melihat sekaligus mengenali benda pada anak akan semakin terasah saat ia merangkak.  Pasalnya saat melakukan hal ini, pandangan si kecil akan lurus ke depan sehingga dapat menjadikan mata bayi memiliki pandangan yang tajam dan jauh ke depan.

Hal ini juga bisa membantu bayi dalam mengatur kemampuan fokus dalam melihat. Sebab biasanya si kecil memiliki “tujuan” dan saat suatu benda atau titik itu terlalu jauh, bayi akan membuat penglihatannya lebih fokus dan berusaha untuk meraih apa yang dia inginkan. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu keterampilan anak dalam menangkap, mengemudi atau menulis di papan tulis.

  1. Mengasah otak

Otak bagian kanan dan otak bagian kiri akan terlatih untuk memiliki koordinasi yang baik saat merangkak. Gerakan dan ritme tubuh yang dibutuhkan saat merangkak akan membuat kedua sisi otak anak saling berinteraksi.

Lalu pada gilirannya, kerjasama  sel-sel ini akan meningkatkan koordinasi  dan dapat membangun kecerdasan anak. Selain itu, interaksi sel otak ini juga berguna untuk membangun kepercayaan diri pada anak serta kekuatan mental.

  1. Meningkatkan kemampuan bahasa anak

Sebuah penelitian menemukan bahwa saat merangkak bayi akan mengalami peningkatan dalam pembendaharaan kata. Hal ini mungkin karena selama merangkak ia akan menemukan hal-hal baru serta pengalaman baru. Jika ibu perhatikan, biasanya bayi akan lebih banyak mengoceh saat berada pada fase ini. Hal itu yang kemudian diyakini menjadi alasan dari berkembangnya kemampuan bahasa pada anak.

Nah, ada baiknya  bagi orang tua untuk mendampingi sang buah hati melewati segala proses yang ada. Pastikan juga kesehatan si kecil dan segera hubungi dokter jika ada masalah atau keluhan yang ditemukan. Download aplikasi Halodoc untuk mulai chat dengan dokter. Selain chat, dokter di Halodoc juga bisa dihubungi lewat Video atau Voice Call. Membeli obat juga semakin mudah dan pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam!