Jangan Panik, Ketahui 7 Penyebab Keluarnya Ingus Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jangan Panik, Ketahui 7 Penyebab Keluarnya Ingus Berdarah

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami mimisan atau melihat seseorang mimisan? Mimisan atau ingus berdarah adalah pendarahan ringan atau berat dari hidung akibat adanya kerusakan pada bagian hidung seseorang. Mayoritas mimisan terjadi di septum hidung, terutama bagian bawah depan area ini. Septum adalah tempat hidung terpisah menjadi dua sisi yang berbeda.

Baca Juga: 10 Tanda Mimisan yang Perlu Diwaspadai

Perlu diketahui, hidung memiliki banyak pembuluh darah yang dapat rusak karena berbagai faktor. Ketika pembuluh darah ini rusak, seseorang mengalami pendarahan lebih sering ketika mencoba meniup hidung. Hal ini karena keropeng yang menutupi pembuluh darah yang pecah selama proses penyembuhan dapat terputus.

 

Berikut ini penyebab mengapa seseorang bisa mengeluarkan ingus berdarah, yaitu sebagai berikut:

  1. Cuaca Dingin dan Kering

Cuaca dingin dan kering bisa membuat seseorang mengeluarkan ingus darah saat meniup hidung. Udara dingin dan kering merusak pembuluh darah hidung karena kurangnya uap air di hidung. Hidung yang kering juga memperlambat penyembuhan pembuluh darah yang rusak dan mengakibatkan infeksi pada organ ini. Pada gilirannya, kondisi ini menyebabkan seseorang rentan mengalami pendarahan saat meniup hidung.

 

  1. Mengupil

Ada kepuasan yang diperoleh ketika kita mengupil. Namun, dibalik kepuasan itu, kebiasaan mengupil ternyata bisa bikin mimisan. Mengupil keras atau terlalu dalam berisiko merusak pembuluh darah. Jadi, usahakan jangan terlalu keras atau terlalu dalam saat mengupil, ya!

 

  1. Adanya Benda Asing

Masuknya benda asing ke dalam hidung bisa melukai pembuluh darah hidung. Kondisi ini rentan dialami oleh anak-anak karena mereka seringkali memasukan sesuatu ke mulut maupun hidung. Ujung aplikator semprot hidung yang tersangkut di hidung pun bisa menyebabkan ingus berdarah. Jadi, bagi kamu yang ingin menggunakan semprotan steroid untuk alergi dan non alergi, sebaiknya gunakan dengan baik dan benar.

Baca Juga: Sering Mimisan, Hati-Hati 4 Penyakit Ini

 

  1. Hidung Tersumbat atau Infeksi Saluran Pernapasan

Kamu berisiko mengalami pendarahan saat meniup hidung dalam kondisi hidung tersumbat atau mengidap infeksi pernapasan. Menghembuskan hidung terlalu sering berisiko membuat pembuluh darah pecah. Bersin, batuk, pilek, alergi, sinusitis, atau kondisi kesehatan lainnya sering menyebabkan kondisi tersumbat yang berisiko menghasilkan ingus berdarah ketika pengidap meniup hidung.

 

  1. Struktur Anatomi

Struktur anatomi hidung, seperti sepyum yang menyimpang, adanya lubang di septum, taji tulang atau patah hidung semuanya menyebabkan pendarahan saat meniup hidung. Alasannya, hidung mungkin tidak mendapatkan kelembapan yang cukup jika seseorang mengalami salah satu  kondisi ini. 

 

  1. Cedera atau Operasi

Kondisi cedera atau seseorang yang menjalankan operasi bedah pada hidung atau wajah menghasilkan ingus darah ketika mencoba untuk meniup hidung.

 

  1. Paparan Zat Kimia

Pembuluh darah di hidung bisa rusak oleh penggunaan obat-obatan seperti kokain atau paparan bahan kimia keras seperti amonia. Pastikan untuk menggunakan masker ketika sedang berada di lingkungan yang rentan terkena paparan bahan kimia. Hindari juga menggunakan obat-obatan terlarang karena selain menyebabkan ingus berdarah, penggunaan obat ini bisa menimbulkan berbagai efek kesehatan serius. 

Baca Juga: Mimisan Bisa Jadi Tanda Kena Kanker Darah?

 

Itulah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengeluarkan ingus berdarah. Kalau punya pertanyaan lain terkait kondisi ini, bicarakan saja dengan dokter Halodoc Hidung merupakan bagian tubuh yang seringkali diabaikan kondisinya. Padahal, hidung memiliki banyak pembuluh darah yang berisiko terluka, sehingga seseorang mengeluarkan ingus darah.



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Why Do I See Blood When I Blow My Nose?.
Medical News Today. Diakses pada 2019. Why do I bleed when I blow my nose?