5 Tips Mengatasi Mimisan di Rumah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Mei 2021
5 Tips Mengatasi Mimisan di Rumah5 Tips Mengatasi Mimisan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Mimisan adalah gejala umum yang mungkin pernah dialami oleh sebagian orang. Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu atau kedua lubang hidung. Mimisan ini bisa terjadi selama hitungan detik hingga hitungan menit.

Jika kamu mengalami mimisan di rumah, jangan panik. Melansir dari Medical News Today, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan di rumah.

Baca juga: 3 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Si Kecil Mimisan

  1. Kompres Dingin

Letakkan kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat perdarahan. Suhu dingin dapat memperkecil pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

  1. Pencet Hidung

Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung selama 10 menit. Saat memencet hidung, kamu bisa bernapas lewat mulut. Langkah ini bisa memberikan penekanan pada pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

  1. Keluarkan Darah yang Mengalir ke Mulut

Darah yang masuk ke mulut dan kerongkongan bisa menyebabkan reflek muntah. Jadi, kamu perlu segera mengeluarkan darah yang mengalir dari hidung ke mulut. Namun, agar darah dari hidung tidak mengalir ke kerongkongan, kamu bisa mencondongkan tubuh ke depan.

  1. Duduk Tegak

Duduk tegak akan mengurangi penekanan pada pembuluh darah hidung sehingga bisa mengurangi mimisan.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak Mimisan 

  1. Hindari Bersin

Selama darah masih mengalir, usahakan untuk tidak bersin atau mengeluarkan darah dari hidung dengan sengaja. Sebab, hal ini justru akan membuat mimisan sulit berhenti dan terus mengalir. 

Jika mimisan terjadi secara terus-menerus, sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa membuat janji lebih dulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, tidak perlu mengantre lagi sesampainya di rumah sakit, ya!

Penyebab Hidung Mimisan

Ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami mimisan. Di antaranya adalah anak-anak (usia 2-10 tahun), ibu hamil, lansia, pengidap hemofilia (kelainan darah), dan orang yang rutin mengonsumsi obat pengencer darah. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya mimisan:

  • Lingkungan, misalnya udara terlalu dingin dan kering, serta iritasi zat kimia (seperti amonia).

  • Penyakit tertentu, misalnya tumor pada hidung, sinusitis, atau hemofilia.

  • Cedera hidung, misalnya akibat terjatuh, kecelakaan, ingus terlalu kencang, atau mengorek hidung terlalu keras.

  • Penyebab lain, misalnya bentuk hidung bengkok, operasi hidung, atau menggunakan narkoba dan alkohol.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 6 Tindakan Mudah Mengatasi Anak Mimisan

Jika tips di atas belum berhasil mengatasi mimisan, hubungi dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Kalau kamu masih punya pertanyaan lain seputar mimisan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja!

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why nosebleeds start and how to stop them.
WebMD. Diakses pada 2020. Nosebleeds Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan