• Home
  • /
  • 4 Jenis Hernia yang Rentan Menyerang Wanita

4 Jenis Hernia yang Rentan Menyerang Wanita

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Jenis Hernia yang Rentan Menyerang Wanita

Halodoc, Jakarta - Hernia atau turun berok adalah gangguan yang umumnya dihubungkan dengan pria, tetapi juga dapat menyerang wanita. Hal ini disebabkan adanya pelemahan pada dinding otot (peritoneum). Bagian tersebut berguna untuk menjaga organ-organ di daerah perut berada pada tempatnya. Jika terganggu, maka tonjolan akan terbentuk sehingga terjadilah hernia.

Gangguan yang terjadi pada selangkangan ini umumnya tidak menyebabkan gangguan yang berbahaya, tetapi mungkin saja dilakukan operasi untuk menghindari komplikasi yang membahayakan. Selain itu, terdapat beberapa jenis hernia yang kerap menyerang wanita. Berikut adalah beberapa jenis hernia yang harus berisiko terjadi pada wanita!

Baca juga: Kenali Perbedaan Hernia pada Wanita dan Pria

Jenis Hernia yang Rentan pada Wanita

Hernia adalah gangguan yang terbilang sangat jarang terjadi pada wanita dengan angka kurang dari 10 persen dari semua total kasus. Sehingga, banyak wanita yang tidak pernah berpikir jika dirinya mengidap gangguan pada dinding otot ini. Gangguan ini dapat menimbulkan rasa sakit dan juga merasakan terdapat benjolan pada perut atau pangkal paha.

Namun, dari banyaknya jenis hernia yang terjadi, tidak semuanya dapat menyerang wanita. Disebutkan hanya empat jenis hernia yang dapat menyerang wanita. Berikut adalah beberapa jenis hernia pada wanita yang harus diketahui:

  1. Hernia Inguinal

Jenis hernia yang pertama dapat menyerang wanita adalah hernia inguinal. Memang pada umumnya gangguan ini lebih berisiko pada wanita, tetapi sekitar 2 persen dari wanita yang terserang hernia mengalami jenis ini. Gangguan ini terjadi ketika sebagian usus kecil pada tubuh terdorong melalui saluran inguinalis, yaitu celah yang berada di dinding perut dekat pangkal paha.

Seorang wanita yang terserang hernia inguinal tidak selalu membutuhkan pembedahan untuk pengobatannya. Hal tersebut hanya dilakukan jika usus cukup menonjol ke luar dan sulit untuk dimasukkan kembali. Akhirnya pembedahan dengan metode hernia mesh mungkin saja diperlukan.

Baca juga: Cari Tahu 4 Gejala Hernia Berdasarkan Jenisnya

  1. Hernia Insisional

Seseorang yang baru saja menjalani operasi terbuka, bekas luka dari area pembedahan tersebut dapat menjadi titik lemah, sehingga usus dan organ lain dapat menekan dinding perut terdorong ke luar. Pada akhirnya, orang tersebut mengidap hernia dan merasakan sakit pada perut hingga selangkangan.

Seorang wanita dan pria tercatat mengidap gangguan ini sekitar 10 persen dari seluruh kasus hernia yang terjadi. Selain itu, gangguan yang disebabkan pembentukan jaringan parut tidak dapat sembuh dengan sendiri. Agar dapat sembuh, wanita yang mengidap gangguan ini membutuhkan pembedahan.

  1. Hernia Umbilikalis

Gangguan hernia umbilikalis umumnya terjadi pada anak-anak yang dilahirkan dengan kelemahan pada dinding perutnya di sekitar pusar. Walau begitu, gangguan ini dapat terjadi pada orang dewasa, terutama pada wanita. Orang dewasa umumnya mengalami ini karena ekspansi lambung yang cepat, terutama saat kehamilan. Hal ini juga dapat terjadi karena penambahan berat badan yang cepat atau batuk yang parah.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hernia yang umum menyerang wanita, dokter tanyakan saja pada Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Hernia Femoralis

Jenis hernia terakhir yang terbilang paling tidak umum terjadi dan menyerang wanita adalah hernia femoralis. Gangguan ini terhitung hanya terjadi sekitar 3 persen dari total hernia yang ada. Namun, jenis hernia yang menyerang wanita ini sangat sulit untuk dideteksi hingga keadaan yang membahayakan terjadi. Maka dari itu, penting untuk mendiagnosis hernia secara dini, terutama jika mengalami nyeri pada pangkal paha yang persisten.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Hernia

Itulah beberapa jenis hernia yang sering menyerang wanita. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, diharapkan agar para wanita lebih “melek” terhadap kesehatan jika mengalami gejala nyeri pada perut. Sehingga, hernia yang menyerang dapat dengan mudah untuk diatasi.

Referensi:

PR News Wire. Diakses pada 2020. The 4 Most Common Types of Hernias in Women
WebMD. Diakses pada 2020. What Are the Types of Hernias?