Badan Terlalu Lelah Dapat Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Badan Terlalu Lelah Dapat Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Halodoc, Jakarta - Nyeri otot (myalgia) terjadi karena banyak faktor, misalnya aktivitas fisik berlebih dan menstruasi. Kondisi ini dapat terjadi pada sebagian kecil atau seluruh otot tubuh. Rasa nyeri yang dialami bisa bervariasi, mulai dari ringan sampai nyeri hebat. Semua orang berisiko mengalami nyeri otot. Namun, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya nyeri otot:

Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

1. Olahraga Berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi dapat memicu nyeri otot bila dilakukan secara berlebihan. Olahraga berat memaksa otot bekerja terlalu keras sehingga menimbulkan rasa nyeri. Selama berolahraga, tubuh kekurangan oksigen sehingga produksi asam laktat meningkat. Akibatnya, peningkatan kadar asam laktat dalam tubuh menimbulkan nyeri otot.

2. Aktivitas Berlebih

Aktivitas berlebih berpotensi sebabkan nyeri otot. Sebaiknya atur aktivitas fisik harian agar tidak membuat otot tegang dan memicu nyeri otot.

3. Stres dan Depresi

Gangguan mental seperti stres dan depresi bisa menimbulkan nyeri otot. Stres dan depresi dapat terjadi akibat masalah di kantor, pekerjaan rumah, hubungan dengan pasangan, bahkan karena mengidap penyakit tertentu. Stres memicu rasa cemas yang membuat seseorang lebih ceroboh, sehingga rentan cedera dan timbul nyeri otot.

4. Menstruasi

Nyeri otot saat haid merupakan hal yang normal. Saat menstruasi, otot-otot rahim mengalami kontraksi untuk meluruhkan darah yang menempel di dinding rahim. Biasanya wanita mengalami nyeri otot di bagian perut, punggung, pinggang, dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Darah Haid Hitam? Ini Fakta yang Harus Diketahui

Pengidap nyeri otot sering mengeluh sakit karena otot tubuh terasa ditarik, berkedut, atau muncul sensasi terbakar. Gejalanya bervariasi pada tiap orang, tetapi gejala umumnya berupa nyeri pada tubuh, mudah lelah, dan gangguan tidur.

Perlu diketahui bahwa nyeri otot dapat diobati dengan perawatan mandiri di rumah, seperti:

  • Konsumsi vitamin B kompleks bisa membantu meredakan nyeri otot.

  • Terapi fisik dengan mengistirahatkan area tubuh yang mengalami rasa sakit dan nyeri, serta mengompres es batu di area nyeri.

  • Pijat lembut pada area otot yang tegang. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun saat memijat area nyeri tersebut.

Baca Juga: Nyeri Otot Habis Olahraga, Boleh Langsung Dipijat?

Itulah fakta nyeri otot yang perlu diketahui. Kalau saat ini kamu sedang mengalami nyeri otot, jangan ragu berdiskusi dengan dokter Halodoc agar mendapat rekomendasi penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!