• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Makanan yang Cocok untuk Anjing Mini Pom

Jenis Makanan yang Cocok untuk Anjing Mini Pom

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jenis Makanan yang Cocok untuk Anjing Mini Pom

“Mungil dan lucu, siapa yang tidak jatuh hati pada anjing mini pom? Memelihara anjing ini sebenarnya tidaklah sulit dan butuh perawatan yang rumit. Namun, penting untuk mengetahui jenis makanan yang cocok untuk anjing ini.” 

Halodoc, Jakarta – Anjing mini pom, atau dikenal juga dengan sebutan teacup pomeranian, bisa disebut primadona bagi penyuka anjing berukuran mungil. Dengan tubuhnya yang kecil, kamu bisa dengan mudah memeluk, menggendong, dan membawa hewan ini jalan-jalan ke mana pun.

Namun, hal terpenting yang perlu dipahami setiap pemilik anjing adalah perawatan, terutama pemilihan makanan. Seperti apa makanan yang cocok untuk diberikan pada anjing mini pom? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Begini 6 Cara Melatih Anjing Mini Pom agar Lebih Disiplin

Makanan untuk Anjing Mini Pom

Melansir laman The Bark Space, menjaga kadar gula darah anjing mini pom pada tingkat normal adalah yang terpenting. Sebab, anjing ini rentan terhadap kejang dan masalah kesehatan lainnya, ketika kadar gula darah turun terlalu rendah. Oleh karena itu, pemilihan jenis makanan sangat penting.

Makanan yang umum direkomendasikan oleh dokter hewan untuk anjing jenis ini terdiri dari:

  • Protein, dengan minimal 22 persen protein untuk anak anjing dan 18 persen protein untuk anjing dewasa.
  • Lemak yang sehat, harus menjadi sumber energi utama. Makanan harus mengandung setidaknya 8 persen lemak dari makanan untuk anak anjing, dan 5 persen untuk anjing dewasa.
  • Makanan berkualitas baik. Pomeranians, yang cenderung berenergi tinggi, cenderung kehilangan berat badan dengan cepat ketika diberi makanan berkualitas buruk yang memberikan mereka masalah pencernaan dan menghambat penyerapan.

Makanan kaleng dapat dijadikan pilihan, untuk membuat anjing mendapat nutrisi tambahan. Mulailah dengan menambahkan secukupnya untuk memicu selera makan anjing. Makanan kaleng yang berkualitas biasanya memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi.

Jadi, jika kamu melihat anjing bertambah berat atau menjadi terlalu energik, tambahkan lebih sedikit makanan basah ke dalam campurannya. Jika anjing kehilangan berat badan atau menjadi terlalu lesu, tambahkan lebih banyak.

Baca juga: Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Cara terbaik untuk melengkapi menu makan anjing mini pom adalah dengan makanan berprotein tinggi. Kamu bisa menambahkan hati atau ayam rebus yang dicincang halus sebagai asupan protein ekstra. 

Anjing yang tidak mendapatkan cukup protein dapat menjadi kurus dan kekurangan gizi. Jika kamu membeli makanan kaleng komersial, pastikan itu memiliki sedikit atau tanpa bahan campuran yang tidak perlu. Bila ingin membuat makanan anjing sendiri, pastikan untuk memasaknya hingga matang, ya.

Strategi Pemberian Makan Juga Penting

Cara untuk memungkinkan anjing memutuskan sendiri kapan ia lapar dan kenyang, tempatkanlah sejumlah makanan untuk beberapa kali makan di wadah. Ini adalah metode terbaik agar anjing makan pada waktunya sendiri, sekaligus mencegah kadar gula darah turun terlalu rendah. Namun, cara ini mungkin tidak bisa diterapkan jika anjing cenderung makan berlebihan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anjing?

Satu hal yang harus diperhatikan saat memilih makanan anjing yang kering adalah, pastikan makanan terdiri dari potongan-potongan yang sangat kecil. Hal ini memungkinkan anjing untuk dengan mudah mengunyah dan menelannya. Potongan makanan yang terlalu besar dapat berisiko menyebabkan tersedak.

Terkadang anjing mini pom bisa terlihat pilih-pilih makanan, padahal bisa jadi ia alergi terhadap sesuatu dalam makanannya. Jika anjing muntah, menjilati cakarnya atau menggosok hidungnya di karpet, ia mungkin mengalami reaksi alergi. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai pemilihan jenis makanan untuk anjing mini pom dan strategi pemberiannya. Jika kamu membutuhkan makanan anjing berkualitas, kamu bisa beli dengan mudah lewat aplikasi Halodoc.

Referensi:
The Bark Space. Diakses pada 2021. How to Take Care of a Teacup Pomeranian.
The Nest. Diakses pada 2021. Teacup Pomeranian Nutrition.