• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Bagaimana Cara Akurat untuk Menentukan Usia Anjing?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak yang mengatakan bahwa 1 tahun usia anjing sama dengan 7 tahun usia manusia. Namun, cara penghitungan usia anjing ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Padahal, mengetahui usia anjing menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam memantau kondisi kesehatan fisik maupun psikis seekor anjing. 

Baca juga: Ketahui 7 Penyakit yang Rentan Dialami oleh Anak Anjing

Tentunya, penanganan tiap gangguan kesehatan yang dialami anjing juga akan berbeda dan ditentukan oleh usia anjing. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui cara akurat yang bisa kamu lakukan dalam menentukan usia anjing kesayangan kamu, di sini. Dengan begitu, kamu akan bisa memerhatikan kondisi kesehatan anjing dengan lebih baik.

Inilah Cara Akurat dalam Menentukan Usia Anjing

Banyak mitos yang berkembang bahwa cara menentukan usia setiap anjing adalah sama. Biasanya, kebanyakan orang akan menghitung usia anjing dengan membandingkan 1 tahun pada usia manusia artinya sama dengan 7 tahun usia anjing. Padahal, ini bukanlah cara tepat dalam menentukan usia anjing.

Menentukan usia anjing tidak dapat disamakan pada tiap jenis anjing. Apalagi jika kamu memiliki anjing ras kecil dengan anjing ras besar secara bersamaan. Keduanya memiliki cara penghitungan yang berbeda dalam menentukan usia anjing. 

Namun sebagai pedoman umum, American Veterinary Medical Association merangkum beberapa metode, seperti:

1.1 Tahun pertama pada kehidupan anjing sama dengan 15 tahun umur manusia.

2.Ketika anjing berumur 2 tahun, umurnya akan bertambah lagi 9 tahun manusia.

Contohnya saat anjing berusia 2 tahun: (15) + (9) = 24, jadi ketika anjing berumur 2 tahun, umurnya sama dengan 24 tahun umur manusia.

3.Setelah umur 2 tahun, setiap penambahan usia anjing dikalikan dengan 5 tahun umur manusia.

Contohnya menghitung usia anjing 7 tahun: 1 tahun umur anjing = 15 tahun umu manusia. Ditambahkan 9 usia manusia saat anjing menginjak usia 2 tahun, lalu penambahan 4 tahun berarti 4 x 5 = 20 tahun. Jadi jika umur anjing 7 tahun adalah 15 + 9 +20 = 44 tahun umur manusia.

Dalam hal ini, anjing dengan berat badan 0–20 kilogram masuk ke dalam anjing kecil, 21–50 kilogram masuk ke dalam anjing sedang, 51–90 kilogram masuk ke dalam anjing besar, dan 90 kilogram ke atas masuk ke dalam ukuran sangat besar.

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Dialami oleh Anjing Ras

Melansir dari American Kennel Club, anjing ras kecil memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan anjing ras. Seorang ahli biologi, Cornelia Kraus, pada Universitas Gottingen Jerman, mengatakan bahwa anjing dengan ras besar akan menua lebih cepat dibandingkan anjing ras kecil. 

Para ilmuwan mengatakan setiap 4,4 pon massa tubuh anjing besar dapat mengurangi harapan hidung seekor anjing selama satu bulan. Meskipun belum diketahui alasannya secara jelas, tetapi risiko gangguan kesehatan pada anjing ras besar dinilai menjadi pemicu alasan ini. 

Pada tahun 2019, peneliti dari University of California pun menemukan metode baru dalam penghitungan usia anjing. Dari penelitian yang dilakukan, mereka menemukan rumus ilmiah dengan menyesuaikan tahun kelahiran anjing dengan mengalikan algoritma usia alami anjing dengan 16 dan menambahkan 31. Rumus yang bisa digunakan adalah: usia dalam tahun manusia = 16 x logaritma natural (usia kronologis anjing) + 31.

Cara Lain Menentukan Usia Anjing

Selain melalui penghitungan rumus, kamu juga dapat menentukan usia anjing melalui pertumbuhan gigi pada anjing:

  1. Usia 6-8 minggu biasanya puppy sudah memiliki hampir semua gigi susu.
  2. Memasuki usia 7 bulan semua gigi sudah berganti menjadi gigi permanen yang berwarna putih dan bersih.
  3. Usia 1–2 tahun gigi akan menjadi lebih kusam dan bagian belakang mulai menguning.
  4. Pada usia 3–5 tahun terkadang gigi sudah mulai memiliki karang gigi. Saat usia ini, sebaiknya rutin periksakan kondisi kesehatan anjing, termasuk bagian gigi pada dokter hewan. Sekarang kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter hewan mengenai cara untuk menjaga kesehatan gigi anjing di pertambahan usianya.
  5. Usia 5–10 tahun gigi dapat menunjukkan berbagai gangguan jika kamu tidak rutin lakukan pemeriksaan kesehatan gigi anjing.
  6. Usia 10–15 tahun ditandai dengan hilangnya beberapa gigi.

Baca juga: Ini Pentingnya Mengajak Anjing untuk Berolahraga

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan usia anjing kesayangan. Jangan lupa untuk selalu lakukan pemeriksaan rutin agar kondisi kesehatan anjing tetap terjaga dengan baik di usianya yang semakin menua.

Referensi:
Fetch by Web MD. Diakses pada 2020. How to Figure Out Your Dog’s Age.
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Calculate Dog Years to Human Years.
American Veterinary Medical Association. Diakses pada 2020. Senior Pets.
BBC. Diakses pada 2020. How to Calculate Your Dog’s Real Age.