• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 3 Jenis Makanan yang Wajib Ada di Menu Sahur

Ini 3 Jenis Makanan yang Wajib Ada di Menu Sahur

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan saat sahur penting bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa selama satu hari penuh. Waktu sahur dapat dikatakan menjadi waktu pengganti sarapan. Konsumsi makanan sahur dapat memberikan energi bagi kamu yang menjalani ibadah puasa. Itulah yang menyebabkan waktu sahur penting untuk dijalani.

Baca juga: Ragam Menu Sahur Sehat yang Tak Digoreng

Tidak hanya penting untuk dijalani, kamu perlu memastikan nutrisi yang dikonsumsi ketika menjalani waktu sahur. Asupan yang tepat membuat ibadah puasa selama satu hari berjalan dengan lancar dan kamu terhindar dari gangguan kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya ketahui beberapa makanan yang wajib ada di menu sahur.

Penuhi Nutrisi saat Sahur

Ada manfaat yang dirasakan bagi kesehatan ketika kamu menjalani waktu sahur sebelum menjalankan ibadah puasa. Dengan menjalankan waktu sahur, kamu tidak berisiko mengalami dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Selain itu, waktu sahur penting dilakukan agar tubuh tetap berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas saat puasa.

Begitu pentingnya waktu sahur, jadi, jangan lupa untuk perhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi ketika sahur agar manfaat sahur dapat dirasakan secara optimal. Inilah jenis makanan yang wajib ada di menu sahur setiap harinya, yaitu:

1. Karbohidrat Kompleks

Saat sahur, jangan lupa sediakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Dilansir dari American Heart Association, kandungan karbohidrat kompleks pada makanan dapat dicerna lebih lambat oleh pencernaan.

Kondisi ini dapat menyebabkan merasakan kenyang lebih lama saat menjalani ibadah puasa sehingga kamu mendapatkan energi yang lebih banyak. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, seperti nasi putih, oatmeal, kentang, dan roti gandum.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat saat Puasa

2. Protein

Jangan lupa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Melansir Web MD, protein menjadi salah satu nutrisi untuk membangun dan juga memperbaiki jaringan tubuh. Memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh membuat tubuh lebih optimal saat melawan infeksi virus atau bakteri.

Hal ini disebabkan kandungan protein dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Ada berbagai makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi, seperti ikan, daging merah, daging ayam, telur, tahu, dan tempe.

3. Sayur dan Buah

Jangan lupakan sayur dan buah pada menu sahur. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan magnesium. Mengonsumsi 2-3 buah kurma saat sahur. Melansir Healthline, buah kurma memiliki kandungan serat dan antioksidan yang memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan hingga pengurangan berbagai risiko penyakit.

Itulah makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat makan sahur. Selain asupan makanan, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama menjalani ibadah puasa. Penuhi kebutuhan air putih dengan mengonsumsi dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan sekitar diatas jam 8 malam konsumsilah empat gelas air putih. 

Baca juga: Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Kondisi ini tentunya menghindari kamu dari dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc jika mengalami gangguan kesehatan selama menjalani ibadah puasa.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Proven Health Benefits of Dates
Web MD. Diakses pada 2020. Are High Protein Foods Good For The Immune System?
American Heart Association. Diakses pada 2020. Carbohydrates