Ketahui Jenis Sarkoma Jaringan Lunak dari Mutasi Genetik dan Penanganannya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Jenis Sarkoma Jaringan Lunak dari Mutasi Genetik dan Penanganannya

Halodoc, Jakarta - Sarkoma jaringan lunak adalah jenis kanker langka yang berasal dari jaringan yang berfungsi menghubungkan, mendukung, dan mengelilingi struktur tubuh lainnya. Ini termasuk otot, lemak, pembuluh darah, saraf, tendon, juga lapisan sendi tubuh.

Setidaknya, ada lebih dari 50 jenis sarkoma jaringan lunak, beberapa di antaranya cenderung menyerang anak, sisanya sering menyerang orang dewasa. Sarkoma jaringan lunak dapat terjadi di bagian tubuh manapun, tetapi kanker ini lebih sering menyerang kaki, lengan, dan perut. Pengobatan dengan pembedahan paling umum dilakukan, beberapa ahli juga menyarankan radiasi dan kemoterapi.

Jenis Sarkoma Jaringan Lunak dari Mutasi Genetik

Dalam banyak kasus, belum ada kepastian mengenai penyebab seseorang mengalami sarkoma jaringan lunak. Umumnya, kanker terjadi ketika sel bermutasi dalam DNA yang menyebabkan pertumbuhan tak terkendali. Akumulasi ini membentuk tumor dan menyerang struktur di dekatnya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Jenis sel yang mengembangkan mutasi genetik menentukan jenis sarkoma jaringan lunak yang terjadi pada tubuh. Beberapa jenisnya antara lain:

  • Angiosarcoma, jenis kanker langka ini terjadi pada lapisan pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Kanker ini lebih sering menyerang kulit kepala dan leher, meski bisa juga terjadi pada kulit bagian tubuh lainnya, seperti misalnya payudara. Bisa juga terbentuk pada jaringan yang lebih dalam, seperti hati dan jantung.

  • Liposarcoma, jenis kanker ini menyerang jaringan lemak, termasuk dalam kanker langka. Kebanyakan terjadi pada otot anggota tubuh atau perut, dan sering menyerang orang berusia lanjut, meski tidak menutup kemungkinan juga bisa pada usia berapa saja.

  • Gastrointestinal stromal tumor (GIST), jenis sarkoma jaringan lunak yang menyerang sistem pencernaan. Kanker ini lebih sering terjadi pada perut dan usus kecil. Pertumbuhannya lambat membuat gejala kanker GIST lebih sulit dideteksi.

  • Leiomyosarcoma, jenis kanker langka yang menyerang jaringan otot polos. Paling sering terjadi di perut, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menyerang bagian tubuh lainnya, termasuk rahim, pembuluh darah, dan kulit.

Penanganan Sarkoma Jaringan Lunak

Pilihan pengobatan untuk sarkoma jaringan lunak bergantung pada ukuran, jenis, dan lokasi dari kanker ini.

Pembedahan menjadi metode pengobatan paling umum untuk jenis sarkoma jaringan lunak. Pembedahan ini umumnya melibatkan pengangkatan kanker dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya. Ketika sarkoma jaringan lunak memengaruhi lengan dan kaki radiasi dan kemoterapi membantu mengecilkan ukuran tumor untuk menghindari amputasi.

Terapi radiasi bisa dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor, saat operasi, dan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tidak bisa diangkat melalui pembedahan. Selain itu, bisa juga melalui metode kemoterapi dan perawatan dengan obat yang ditargetkan.

Itu tadi beberapa jenis sarkoma jaringan lunak berikut bagaimana cara mengobatinya yang perlu kamu ketahui. Kenali gejalanya lebih dini untuk penanganan yang lebih awal, sehingga komplikasi dapat dicegah. Tanyakan gejala aneh yang kamu rasakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Segera download dan pasang aplikasi Halodoc di ponsel kamu!

Baca juga: