Jerawat Batu Hanya Bisa Hilang dengan Laser, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Jerawat Batu Hanya Bisa Hilang dengan Laser, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Jerawat batu sering bikin nggak percaya diri. Pasalnya dibanding dengan jenis jerawat lain, jerawat batu lebih sulit dihilangkan. Jenis jerawat ini juga umumnya berukuran besar, berwarna kemerahan, dan tidak jarang disertai nanah. Lantas, benarkah jika jerawat batu hanya bisa hilang dengan perawatan laser? Ketahui faktanya di sini.

Baca Juga: Perlu Tahu, Jenis Jerawat Batu Genetis

Tidak Hanya Perawatan Laser, Jerawat Batu Bisa Hilang dengan Cara Ini

Perawatan laser sering dilakukan untuk mengatasi jerawat batu, karena hasil yang diperoleh lebih cepat ketimbang cara lain. Bagaimana tidak? Perawatan laser menggunakan sinar khusus yang mampu menembus lapisan kulit bagian dalam. Jika masih ragu untuk melakukan perawatan laser, kamu bisa bertanya terlebih dulu dengan dokter lewat aplikasi Halodoc di fitur Tanya Dokter.

Sebenarnya, bukan hanya perawatan laser yang mampu mengatasi jerawat batu. Terdapat beberapa cara lain untuk mengatasi jerawat batu, apa saja?

  • Gunakan obat sesuai anjuran dokter. Berbeda dengan jerawat ringan yang mudah diatasi dengan obat jerawat di pasaran, jerawat batu membutuhkan penanganan khusus dari dokter kulit atau ahli dermatologis. Biasanya, dokter menyarankan obat antibiotik, asam salisilat dan asam azelaic, dapsone, isotretinoin, pil kontrasepsi, spironolactone, serta obat oles yang mengandung steroid untuk mengatasi jerawat batu.

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia, seperti asam salisilat. Terapi perlu dilakukan beberapa kali agar hasilnya maksimal. Atau, kamu bisa mendapat suntikan kortikosteroid langsung ke jerawat untuk mengurangi peradangan dan rasa sakitnya. 

Baca Juga: Benarkah Jerawat Batu Disebabkan karena Genetik?

Selain cara di atas, jerawat batu bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

  • Tidur cukup, setidaknya 6-8 jam sehari. Pastikan luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran, karena stres memicu hormon yang bisa memperparah jerawat.

  • Rutin berolahraga, setidaknya 20-30 menit per hari. Aktivitas fisik seperti olahraga mampu melancarkan aliran darah kaya oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Jika dibiasakan, olahraga mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi masalah jerawat.

  • Jaga kebersihan tangan. Pastikan kamu mencuci tangan pakai sabun sebelum menyentuh wajah. Menyentuh wajah dengan tangan kotor hanya memperparah kondisi kulit, termasuk jerawat.

  • Cuci wajah dua kali sehari. Gunakan sabun yang sesuai jenis kulit, usap dengan lembut pada kulit wajah lalu bilas dengan air hangat. Sebaiknya pilih produk khusus kulit berjerawat, misalnya yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, asam glycolic, atau alpha hydroxy acid. Kandungan ini mampu mengurangi kelebihan minyak di permukaan kulit, yang menjadi penyebab kemunculan jerawat di kulit wajah.

  • Gunakan tabir surya minimal SPF 30 untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV matahari. Selain memicu penuaan dini, paparan sinar UV matahari berlebih juga bisa memperparah jerawat batu yang muncul.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

Jadi, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat batu. Kalau kamu punya jerawat batu dan susah dihilangkan, jangan ragu berbicara dengan dokter kulit dan kecantikan.