Perlu Tahu, Jenis Jerawat Batu Genetis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Jenis Jerawat Batu Genetis

Halodoc, Jakarta – Jerawat batu adalah bentuk peradangan jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang menyumbat pori-pori. Jerawat ini biasanya berukuran besar, keras dan sakit bila disentuh. Warnanya biasanya kemerahan dan terkadang ada nanah di tengah yang membuat jenis jerawat batu ini lebih parah dari biasanya.

Perlu untuk kamu ketahui, biasanya jerawat batu terjadi karena faktor genetis. Kalau kamu lahir di keluarga yang sebagian besar atau mungkin orangtua yang punya masalah jerawat batu bisa jadi kondisi ini menurun. Meskipun begitu bukan berarti jenis jerawat batu ini tidak bisa dihilangkan, hanya saja perlu perawatan yang lebih spesifik dan khusus untuk menyembuhkannya, termasuk menjaga pola makan. Untuk kamu yang mengalami situasi seperti ini, ada beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi peradangan jerawat batu.

  1. Mengompres dengan Handuk Hangat

Jerawat batu terjadi ketika bakteri ataupun kuman mengendap jauh ke dalam pori-pori kulit. Untuk mengeluarkannya kamu perlu mengompres dengan handuk hangat supaya pori-pori terbuka dan kuman serta bakteri keluar. Setelah proses pembersihan dengan handuk hangat dilakukan, sebaiknya kamu mencuci wajah kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka tadi.

  1. Lidah Buaya untuk Mendinginkan

Untuk meringankan peradangan pada jerawat batu, kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya pada jerawat. Caranya adalah cuci dulu wajah terlebih dahulu, baru kemudian kupas lidah buaya dan oleskan pada jerawat batu yang meradang tersebut. Kandungan aloe vera memberikan manfaat penting untuk menyembuhkan peradangan jerawat, antibakteri, anti-inflamasi alias peradangan yang disebabkan oleh bakteri serta mengurangi rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel untuk mengobati jerawat.

  1. Oatmeal

Selain baik dimakan untuk kesehatan terutama jantung, oatmeal juga berkhasiat untuk meringankan peradangan pada jerawat batu. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menggosokkan oatmeal yang sudah bercampur dengan air ke wajah untuk mengikis kulit mati dan menjaga kadar asam dan ph kulit wajah tetap seimbang.

  1. Menjaga Pola Makan

Peradangan pada jerawat batu tidak akan hilang serta-merta tanpa kamu menjaga pola makan. Hindari makanan gorengan ataupun yang mengandung kadar lemak tinggi supaya lemak tidak menumpuk di kulit wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat. Lakukan detoks dengan rutin minum air putih hangat yang sudah diberi perasan dan irisan melon. Penyebab jerawat batu bisa saja karena penumpukan darah kotor, untuk membersihkannya kamu perlu melakukan detoksifikasi dengan minum air lemon di pagi hari.

  1. Menjaga Rambut Tidak Menutupi Wajah

Memang jerawat batu seringnya bikin tidak percaya diri sehingga kamu sebisa mungkin untuk menutupi wajah dengan rambut. Padahal justru dengan kamu melakukan ini dapat membuat perpindahan debu ataupun kuman yang ada di rambut ke wajah. Kalau kamu wanita, kenakan bando atau ikat rambut supaya wajah”terbuka” dan tidak terpapar dengan rambut. Untuk kamu pria, potong rambut supaya tidak jatuh ke kening atau pipi yang mengakibatkan mudahnya perpindahan bakteri. (Baca juga: 5 Cara Merawat Kerontokan Rambut Bagi Pria)

Kalau kamu punya masalah kesehatan kulit wajah atau punya masalah jerawat batu yang mengganggu dan ingin tahu lebih banyak bagaimana cara mengatasinya. Tanyakan saja langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.