Film Gundala Rilis, Ini yang Terjadi Jika Tubuh Tersambar Petir 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Film Gundala Rilis, Ini yang Terjadi Jika Tubuh Tersambar Petir 

Halodoc, Jakarta – Film karya sutradara Joko Anwar berjudul Gundala tengah meramaikan layar lebar tanah air. Tak lama setelah dirilis, film bergenre action superhero ini menyedot perhatian banyak orang. Gundala adalah film yang diangkat dari komik berjudul Gundala Putera Petir, yang menceritakan tentang sosok manusia yang tiba-tiba memiliki kekuatan super setelah tersambar petir. 

Manusia tersambar petir kemudian menjadi superhero hanya ada di film. Di dunia nyata, hal ini malah bisa memberi dampak berbahaya hingga mengubah kehidupan seseorang. Tersambar petir hanya terjadi dalam waktu singkat, tetapi perubahan yang terjadi bisa sangat signifikan dan bertahan sepanjang hidup. Lantas, apa yang terjadi pada tubuh saat tersambar petir? 

Baca juga: Efek Gundala Putra Petir, Bukti Manusia Suka Superhero Sejak Bayi

Efek Tersambar Petir 

Meski hanya terjadi dalam waktu singkat, tetapi sambaran petir nyatanya bisa menghantarkan temperatur panas mencapai 50.000 derajat Celsius atau setara dengan panasnya permukaan matahari. Kabar buruknya, banyak dari orang yang tersambar petir harus kehilangan nyawa. Kalaupun ada yang selamat, orang yang disambar petir sangat rentan mengalami berbagai gangguan, baik secara fisik maupun psikis.

Ada banyak dampak yang bisa terjadi akibat tersambar petir, biasanya dibedakan oleh jenis sambaran dan jumlah arus yang mengalir. Sambaran petir bisa saja mengandung arus yang kecil, sedang, hingga sangat besar. Secara umum, ada berbagai dampak yang bisa terjadi akibat tersambar petir, di antaranya: 

  • Luka Bakar

Tersambar petir sangat mungkin menyebabkan seseorang mengalami luka bakar pada kulit. Kejadian ini bisa menyebabkan seseorang mengalami luka bakar, luka dalam, serta kerusakan jaringan. Luka pada kulit terjadi akibat kerusakan pembuluh darah akibat arus petir bergerak melalui tubuh. 

Baca juga: Takut Petir Secara Berlebihan, Mungkin Saja Terkena Astrafobia

  • Gangguan Jantung 

Sambaran petir yang terjadi tiba-tiba bisa memicu gangguan pada organ jantung. Pada tingkat yang sangat parah, hal ini bisa menyebabkan henti jantung dan berujung pada kematian. Tersambar petir juga bisa menyebabkan seseorang mengalami aritmia dan edema paru. 

  • Kerusakan Otak 

Kilat dari petir yang menghantam tubuh juga bisa menyebabkan terjadi kerusakan pada otak dan sejumlah kondisi neurologis. Tersambar petir juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami mati rasa, kelemahan pada anggota tubuh, cedera tulang belakang, hingga mengalami koma. 

  • Masalah Tidur

Orang yang bertahan setelah tersambar petir disebut rentan mengalami gangguan tidur alias insomnia di sepanjang hidupnya. Selain itu, orang yang pernah disambar petir juga bisa mengalami gangguan ingatan atau kehilangan sebagian memori. 

  • Gangguan Telinga

Selain gangguan pada organ otak, sambaran kilat dari petir nyatanya juga akan memengaruhi kondisi telinga seseorang. Pernah tersambar petir bisa menyebabkan kerusakan pada telinga dan berujung pada gangguan pendengaran. Dalam kondisi tertentu, gangguan pada telinga bisa memicu terjadinya vertigo, kerusakan kornea, hingga gangguan pada penglihatan alias kebutaan. 

Baca juga: Bukan Karena Galau, Hujan Bisa Timbulkan Ombrophobia

  • Trauma 

Orang yang pernah tersambar petir sangat rentan mengalami trauma setelah kejadian tersebut. Hal ini bisa membuat seseorang merasa takut, panik, bahkan seketika menjadi lemas saat melihat atau mendengar petir bersambaran. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menghindari atau berlindung saat merasa adanya risiko tersambar petir. 

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Men’s Health. Diakses pada 2019. What It's Like to be Struck By Lightning.
AER. Diakses pada 2019. Cardiac Effects Of Lightning Strikes.
Thought. Diakses pada 2019. What a Lightning Strike Does to Your Body.