19 July 2018

Bukan Karena Galau, Hujan Bisa Timbulkan Ombrophobia

hujan bisa timbulkan ombrophobia, ombrophobia, penyebab ombrophobia

Halodoc, Jakarta – Ombrophobia atau biasa dikenal dengan pluviophobia adalah rasa takut akan hujan yang meliputi gangguan kecemasan umum dan biasa terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Istilah ombrophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani, “ombros” yang berarti badai hujan dan “phobos” yang berarti ketakutan atau kebencian.

Walaupun kecenderungan ombrophobia bisa terjadi pada siapa saja, umumnya hujan yang bisa menimbulkan ombrophobia ini dialami oleh anak-anak. Di mana sebagian anak-anak mengalami ketakutan saat terjadi hujan lebat yang disertai kondisi seperti badai (angin kencang, guntur, dan kilat) dan sebagian lagi justru takut ketika terjadi hujan ringan atau gerimis.

Penyebab Ombrophobia

Ketika orang banyak terpesona dengan rintik hujan atau mengagumi tumpahan air dari langit yang dahsyat, pengidap ombrophobia justru sangat menghindari hujan. Ombrophobia sendiri juga berkaitan erat dengan astraphobia yaitu rasa takut akan guntur atau kilat, aquaphobia yaitu ketakutan tenggelam, homichlophobia yaitu ketakutan akan kabut, serta antlophobia yaitu rasa takut terhadap banjir. Baca juga: 7 Penyebab Rambut Beruban

Pengalaman yang sangat intens mengenai hal-hal yang terkait tadi, serta informasi mencekam mengenai hujan yang dapat menyebabkan kerusakan atau pun wabah penyakit menjadi pemicu ombrophobia. Ada dua penyebab utama yang memicu seseorang mengidap ombrophobia:

  • Ketakutan karena Terlalu Sering Mengonsumsi Berita Bencana Alam

Sebenarnya rasa takut adalah kondisi genetik dari setiap orang. Justru rasa takut semacam pertanda untuk kita lebih berhati-hati. Namun, ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi berita yang negatif dan ini berlangsung intens, serta lingkungan terdekat juga mengalami kecenderungan yang sama, rasa takut yang semula adalah naluri untuk bertahan hidup bisa jadi berkembang menjadi phobia dan dalam hal ini ombrophobia.

Terlalu sering menonton tayangan ilmiah di mana sering diceritakan ada bermacam-macam kejadian alam yang justru membuat penyebaran virus salah satunya melalui hujan juga bisa memberikan dampak negatif secara psikologi.

  • Insiden Traumatis 

Hujan bisa menimbulkan ombrophobia ketika seseorang mengalami kejadian traumatis terkait dengan hujan. Misalnya area tempat tinggalnya mengalami banjir atau tanah longsor sampai kehilangan harta benda bahkan keluarga. Peristiwa yang menyedihkan, kehilangan orang yang disayangi akibat peristiwa hujan besar dapat memicu ombrophobia.

Pada kondisi ombrophobia, rasa takut tidak hanya datang saat hujan mulai turun. Bahkan, ketika gejala hujan turun mulai muncul seperti awan gelap, kilat petir, dan angin besar, seseorang yang mengidap ombrophobia bakal langsung mengalami ketakutan yang kalau bagi orang biasa dianggap berlebihan.

Gejala Ombrophobia

Seperti halnya phobia lainnya, ombrophobia juga memiliki beberapa gejala dan biasanya pada anak-anak lebih tidak terkendali dibandingkan pada orang dewasa seperti berteriak, menangis terus-menerus, mengajukan pertanyaan mengenai kemungkinan akan banjir, melihat ke langit terus-menerus untuk memantau hujan, menolak pergi ke luar saat hujan, dan aksi-aksi penolakan lainnya yang sangat kentara. Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam

Sedangkan pada orang dewasa, gejala ombrophobia lebih kepada pertarungan psikis antara dirinya dengan ketakutannya, seperti detak jantung yang cepat, berusaha santai padahal dari mimik wajah tergambar kecemasan yang tidak biasa, gemetar, atau bahkan sampai melarikan diri untuk bersembunyi dari hujan.

Mengatasi Ombrophobia

Ombrophobia adalah istilah yang masih asing dan bagi orang awam akan memandang aneh mereka yang mengidap ombrophobia. Hal ini menjadikan pengidap ombrophobia mengalami tekanan sosial. Padahal, phobia ini memang nyata dan justru lebih serius diatasi karena melibatkan kondisi psikis.

Keterlibatan orang-orang terdekat untuk membantu menghilangkan kecemasan ini sedikit demi sedikit menjadi peranan yang penting. Mendiskusikan bagaimana perasaannya terhadap hujan dan peristiwa yang dialaminya sampai mengakibatkan trauma adalah salah satu cara menghilangkan ombrophobia.

Pada akhirnya, bila harus melibatkan sesi terapi, pengidap ombrophobia akan dipaparkan dengan hujan mulai dari skala kecil untuk menyembuhkan phobianya. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengatasi phobia selain berhadapan langsung dengan rasa takut itu sendiri.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai bagaimana hujan bisa menimbulkan ombrophobia atau pun phobia jenis lainnya serta cara mengatasinya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.