13 May 2019

Ini Kandungan dalam Kurma yang Cocok Bagi Ibu Hamil

Ini Kandungan dalam Kurma yang Cocok Bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Semua ibu hamil pastinya menginginkan persalinan yang mudah dan sehat. Meskipun terdapat banyak hal dapat membantu jalannya persalinan, tapi ternyata ada sesuatu yang menarik tentang kurma bagi ibu hamil. Terdapat penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kurma di trimester akhir kehamilan efektif untuk mempersingkat proses persalinan. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak fakta manfaat kurma untuk ibu hamil berikut ini.

Baca Juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

Manfaat Kandungan Kurma

Kandungan gula fruktosa pada kurma bekerja untuk menghasilkan energi tanpa mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Kurma juga memiliki sifat pencahar yang dapat merangsang kontraksi di dalam rahim untuk mempersingkat persalinan. Gizi lain yang terkandung di dalam kurma, yakni, protein, serat, folat, lemak, besi, vitamin K, magnesium, dan kalium. Semua kandungan gizi ini membuat kurma memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, diantaranya:

1. Sumber Energi

Selama kehamilan, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Mengonsumsi beberapa buah kurma setiap hari akan memasok gula yang dibutuhkan tanpa menambah kalori tambahan.

2. Mencegah Sembelit

Karena kurma merupakan kaya akan serat, buah ini berguna untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mengobati sembelit yang berhubungan dengan kehamilan. Kurma dapat membuat perut kenyang, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

3. Memproduksi Asam Amino

Kurma menyediakan sejumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun asam amino, yang penting untuk pertumbuhan bayi.

4. Mencegah Cacat Lahir

Kurma merupakan sumber folat yang baik. Folat mencegah cacat lahir yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

5. Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk mencegah anemia. Zat besi berfungsi untuk mempertahankan hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh ibu dan bayi.

Baca Juga: Cari Tahu Masalah Kulit Pada Masa Kehamilan

6. Mempertahankan Keseimbangan Air dan Garam

Kurma mengandung kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan masalah terkait ginjal.

7. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

Magnesium dan vitamin K adalah mineral penting lainnya karena membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Ini juga mengatur kadar gula dan tekanan darah ibu hamil. Kurma juga membantu mencegah defisiensi magnesium yang dapat menyebabkan kelainan hati dan ginjal.

Bagaimana Kurma dapat Membantu Persalinan?

Kurma meningkatkan efek oksitosin (kontraksi rahim) yang meningkatkan sensitivitas rahim. Asam lemak jenuh dan tak jenuh dalam energi yang dihasilkan kurma juga menghasilkan prostaglandin yang diperlukan untuk persalinan. Serotonin, kalsium, dan tanin juga diproduksi oleh kurma yang membantu  kontraksi otot-otot rahim.

Kapan Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi 

Kurma dapat dimakan di setiap tahap kehamilan. Namun, ibu hamil juga perlu memperhatikan jumlah kurma yang dimakan. Sembelit adalah masalah yang umum di trimester pertama, sehingga mengonsumsi kurma efektif untuk mencegah kondisi ini. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah sedang di awal kehamilan, terutama jika memiliki masalah gula darah.

Pada trimester kedua, ibu hamil berisiko tinggi terkena diabetes gestasional. Maka dari itu, sebaiknya ibu berdiskusi dengan dokter seputar jumlah kurma yang bisa dikonsumsi. Pada trimester ketiga, makan kurma dapat membuat persalinan lebih pendek dan lebih mudah. Ibu hamil dapat mengonsumsinya enam kurma per hari mulai dari minggu ke-36.

Baca Juga: 6 Makanan yang Perlu Diperhatikan untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Kalau ibu punya pertanyaan seputar kehamilan, bicara saja dengan dokter Halodoc saja. Gunakan fitur  Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!