21 November 2017

Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

Halodoc, Jakarta - Bukan lagi rahasia bahwa ibu hamil membutuhkan sejumlah zat gizi untuk menjaga janin tetap sehat. Salah satu cara untuk mendapat gizi seimbang adalah dengan menjaga pola makan. Seperti banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran.

Kendati demikian, bukan berarti ibu harus memakan semua jenis makanan. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Daripada pusing, ketahui top lima gizi yang paling dibutuhkan saat hamil berikut ini:

  1. Kalsium

Saat ibu hamil, kalsium dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi. Sebab zat yang satu ini dibutuhkan bayi dalam kandungan dalam proses pembentukan dan pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kalsium yang cukup juga akan menjaga ibu dari penyakit tulang selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Jika ibu mengonsumsi cukup kalsium saat hamil, maka risiko penurunan kepadatan tulang akan menurun. Selain itu, kalsium juga akan membantu menjaga tekanan darah ibu hamil lebih stabil sehingga terhindar dari hipertensi.

Melihat pentingnya peran kalsium saat hamil, pastikan ibu selalu memenuhinya dengan memilih makanan sumber kalsium. Beberapa makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi adalah susu, yogurt, keju, bayam, salmon dan kacang almond. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi jus jeruk untuk mendapatkan asupan kalsium. Dalam satu gelas jus jeruk terdapat sekitar 300 mg kalsium.

  1. Zat besi

Zat besi ditubuhkan tubuh untuk  membuat sel darah merah. Dan saat ibu tengah mengandung, kebutuhan zat yang satu ini tentunya akan bertambah. Sebab janin juga membutuhkan pasokan darah. Hal ini membuat kebutuhan zat besi ibu meningkat hingga dua kali lipat.

Dengan memenuhi asupan zat besi, ibu akan terhindari dari penyakit anemia. Risiko melahirkan secara prematur pun akan menurun. Jika selama kehamilan ibu tidak mendapat cukup zat besi, kamu mungkin akan lebih sering dan mudah merasa lelah. Selain itu, virus dan infeksi pun akan lebih mudah menyerang.

Beberapa jenis  makanan yang banyak mengandung zat besi adalah ayam, ikan, kacang merah, daging merah tanpa lemak, bayam dan sayuran hijau lainnya.

  1. Asam folat

Zat gizi yang satu ini termasuk yang paling dibutuhkan ibu hamil. Asam folat pada ibu hamil dapat membantu mencegah bayi dari kecacatan, termasuk kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang. Kemungkinan keguguran, kelahiran prematur dan anemia selama masa hamil pun dapat ditekan jika ibu memiliki cukup asupan. Hal inilah yang menyebabkan asam folat sangat penting bahkan sebelum ibu merencanakan kehamilan.

Beberapa makanan yang merupakan sumber asam folat adalah sayuran hijau, mangga, jeruk, kiwi, tomat dan kacang-kacangan. Agar lebih sempurna, ibu bisa melengkapi asupan asam folat dengan suplemen khusus.

  1. Protein

Jika ibu memiliki asupan protein yang cukup, maka tak perlu khawatir lagi tentang perkembangan janin dalam perut. Sebab zat gizi yang satu ini dapat membantu dan menyempurnakan pertumbuhan janin, bahkan hingga ia terlahir. Dalam jangka panjang, protein yang sering dikonsumsi ibu saat hamil pun akan menjaga  pertumbuhan bayi.

Sumber protein terbaik untuk dikonsumsi selama hamil adalah daging, unggas, ikan dan telur. Selain itu, ibu juga bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan dan produk kedelai seperti tahu dan tempe.

  1. Vitamin

Mengutip Mayo Clinic, ibu hamil harus banyak mendapatkan vitamin D. Karena vitamin yang satu ini dapat menjamin pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang tengah dikandung. Salah satu sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Untuk itu, selalu  sempatkan diri untuk berjemur di pagi hari, sebelum ibu beraktivitas.

Selain vitamin D, ibu juga harus memperhatikan kecukupan vitamin C untuk tubuh. Vitamin C berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pembuluh darah serta menjaga sel darah merah. Penyerapan zat besi pun semakin sempurna berkat vitamin C.

Nah, jika ibu memiliki masalah khusus dengan makanan sumber zat gizi, ibu bisa menggantinya dengan suplemen khusus. Namun jangan sembarangan mengonsumsi suplemen. Agar lebih aman, bicarakan seputar kondisi kehamilan dan produk suplemen yang sebaiknya dikonsumsi. Jika ibu butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Bicara dengan dokter semakin mudah melalu Video/Voice Call dan Chat. Membeli suplemen di Halodoc pun sangat mudah, dan pesanan akan diantar ke rumah. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.