• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Ibu Bisa Mendengar Detak Jantung Janin?

Kapan Ibu Bisa Mendengar Detak Jantung Janin?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Bagi banyak pasangan, kehamilan adalah hal yang ditunggu-tunggu. Pada trimester pertama, ibu akan merasakan perubahan tubuh terkait hormon seperti morning sickness. Untuk mengecek kesehatan saat hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan.

Saat pemeriksaan dengan dokter kandungan, biasanya dokter menyarankan ibu melakukan pemeriksaan USG. Melalui tes pemeriksaan ini, dokter juga biasanya membiarkan ibu mendengar detak jantung janin, dan menjelaskan kondisi janin di dalam kandungan secara lebih detail. Namun, kapan ibu dapat mendengar detak jantung janin di dalam kandungan?

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

Mendengar Detak Jantung Janin

Mendengar detak jantung janin untuk pertama kalinya adalah hal yang ditunggu-tunggu dan bisa mendorong semangat bagi calon orangtua baru. Detak jantung janin pertama-tama dapat dideteksi dengan USG vagina pada usia 5 1/2 hingga 6 minggu setelah kehamilan. Saat itulah, tanda pertama dari embrio yang sedang berkembang terkadang dapat terlihat.

Di usia kehamilan sekitar 7 minggu, detak jantung dapat terdengar lebih baik. Saat itulah, dokter dapat menjadwalkan USG perut untuk memastikan juga bahwa kehamilan dalam kondisi yang sehat. 

Baca juga: 3 Cara Menghitung Usia Kehamilan

Pemeriksaan Ultrasonografi untuk Deteksi Detak Jantung Janin

Setelah tes kehamilan positif, dokter merekomendasikan untuk menjadwalkan pemindaian ultrasound awal kehamilan sekitar 7 hingga 8 minggu kehamilan. Namun, beberapa tenaga medis menjadwalkan USG pertama saat usia kehamilan mencapai usia antara 11 dan 14 minggu.

Namun, dokter dapat merekomendasikan pemindaian ini paling cepat 6 minggu jika kamu mengalami beberapa hal, seperti: 

  • Pernah memiliki kondisi medis sebelumnya;

  • Mengalami keguguran;

  • Pada kehamilan sebelumnya, mengalami kesulitan untuk mempertahankan kehamilan. 

Selama pemeriksaan ultrasonografi pertama, dokter atau teknisi ultrasonografi akan memeriksa hal-hal berikut:

  • Konfirmasi kehamilan yang layak, dan periksa kehamilan molar atau ektopik yang tidak dapat hidup;

  • Konfirmasi detak jantung janin, detak jantung janin harus berada di antara 90-110 denyut per menit (bpm) pada 6-7 minggu. Pada minggu kesembilan, detak jantung janin yang sehat adalah 140-170 bpm.

  • Mengukur panjang mahkota hingga bokong, yang membantu menentukan usia kehamilan;

  • Mendeteksi kehamilan abnormal.

Jika kamu sudah melakukan tes kehamilan di rumah, segera periksakan diri ke rumah sakit juga untuk memastikan kehamilan. Kini kamu bisa buat janji dengan dokter kandungan sebelumnya melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: 5 Tips Bagi Ibu Hamil yang Masih Bekerja

Bagaimana Jika Detak Jantung Janin Sulit Dideteksi? 

Sangat mungkin terjadi ketika dokter sulit memeriksa detak jantung janin, terutama saat pertama kali melakukan pemeriksaan USG. Umumnya, kondisi ini terjadi karena kamu terlalu dini memeriksakannya. Namun, ibu tidak perlu khawatir. Dokter dapat menjadwalkan USG kembali pada satu hingga dua minggu ke depan. 

Alasan lain yang mungkin menyebabkan detak jantung janin sulit didengar, yaitu ibu memiliki rahim berujung atau ibu memiliki perut yang besar. Jika tidak ada detak jantung yang terdeteksi, dokter akan memeriksa pengukuran janin.

Setelah minggu ke-6 dan tidak ada kantung kehamilan, dokter akan meminta kamu melakukan tes darah untuk mengkonfirmasi kehamilan, atau meminta kamu kembali beberapa hari kemudian untuk USG. 

Studi pada tahun 1999 yang dikutip Healthline melaporkan, jika detak jantung terdeteksi pada 6 minggu, ada kemungkinan 78 persen kehamilan berlanjut. Pada 8 minggu, ada peluang 98 persen, dan naik menjadi 99,4 persen setelah 10 minggu. Hal ini membuktikan bahwa pemeriksaan rutin ke dokter kandungan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. When Can I Hear My Baby's Heartbeat?
Healthline. Diakses pada 2020. How Early Can You Hear Baby’s Heartbeat on Ultrasound and By Ear?
Livescience. Diakses pada 2020. Is a 'Fetal Heartbeat' Really a Heartbeat at 6 Weeks?