Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Jasa Home Care?

jasa home care

Halodoc, Jakarta - Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa layanan home care, tentunya kamu harus mengetahui kapan waktu terbaik untuk menggunakan layanan ini. Setelah itu, kamu harus mencari tahu apa saja layanan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan home care. Home care akan memberikan solusi terbaik bagi peserta home care, tentunya sesuai dengan perjanjian kontrak yang berlaku antara kedua belah pihak.

Baca juga: Begini Prosedur Rawat Jalan dengan BPJS

Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Jasa Home Care?

Peserta home care yang akan menggunakan layanan ini harus mengetahui kapan waktu terbaik menggunakannya. Ini waktu yang tepat bagi peserta untuk menggunakan layanan home care:

  • Peserta sudah berusia lanjut. Peserta dengan kriteria ini biasanya tidak dirawat di rumah sakit, tetapi mereka membutuhkan pelayanan medis karena memiliki masalah kesehatan tertentu. Biasanya, orang yang berusia lanjut akan mempunyai banyak kebutuhan khusus terkait dengan demensia yang dialami. Dengan begitu, perawat dari layanan home care akan memonitor kesehatan peserta dan apa yang dilakukan peserta sehari-hari.

  • Peserta adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus dan memerlukan pelayanan khusus untuk tumbuh kembang mereka. Peserta dalam kategori ini adalah down syndrome, cerebral palsy, atau keterlambatan berbicara. Perawatan ini biasanya dilakukan oleh orangtua yang sibuk dalam mengatur waktu bekerja dan merawat anak. Alhasil, tumbuh kembang anak dan perawatannya dipercayakan kepada layanan home care. Selain pada perawat, ada baiknya anak dilatih oleh terapis khusus jika memang anak memiliki kebutuhan khusus.

  • Peserta yang menjalani rawat inap di rumah sakit dan memiliki kondisi kronis, seperti hepatitis kronis, stroke, atau penyakit berat lainnya. Biasanya, peserta dengan kondisi ini dibawa untuk dirawat di rumah agar lebih dekat dengan keluarga.

  • Peserta yang memiliki penyakit kritis secara medis. Biasanya, peserta dengan kondisi ini telah disarankan dokter untuk dirawat di rumah agar dekat dengan keluarga. Peserta dengan penyakit kronis ini biasanya juga sudah divonis oleh dokter dengan harapan hidup yang sudah sangat minim.

Nah, bagi peserta dengan luka yang masih bisa disembuhkan, layanan home care akan fokus pada masalah penanggulangan rasa nyeri dan merawat luka dengan mengganti peralatan medis guna membantu mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Rawat Inap di Rumah Sakit Bisa Pakai BPJS

Tergiur Menggunakan Layanan Home Care, Ini Tips Memilih Perawat

Layanan home care memang tidak dibandrol dengan harga fantastis seperti menginap di rumah sakit dengan segala macam pelayanannya. Namun, harga yang dipasarkan layanan home care akan setara dengan pelayanan yang dilakukan sesuai kontrak yang berlaku. Jadi, jangan tergiur dengan harga jasa yang lebih murah, karena bisa saja kamu telah mengorbankan hal yang paling penting dalam menggunakan jasa perawat. Nah, ketahui beberapa kriteria perawat yang dapat menangani layanan ini:

  1. Mempunyai reputasi yang baik.

  2. Terikat pada suatu perusahaan atau suatu badan jasa.

  3. Mempunyai jaringan perawat dari sekolah atau kampus.

  4. Pilih perawat sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Terapi Wicara Dilakukan?

Memilih perawat bukanlah seperti memilih asisten rumah tangga yang bisa seenaknya dijadikan perawat pendamping guna membantu proses penyembuhan. Jadi, hal ini tentu tidak bisa sembarangan pilih. Untuk layanan home care, kamu bisa memilih layanan tersebut di rumah sakit yang kamu inginkan di Halodoc. Semakin cepat kamu mendapatkan pelayanan, maka semakin cepat pula proses penyembuhan yang dapat kamu jalani. Jangan lupa untuk memilih perawat yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu, ya!